Tutorial Mengatasi Xiaomi Redmi 4 Prime [MARKW] Terkunci Akun Mi

Setelah beberapa lama Saya tidak update artikel karena suatu kesibukan, maka pada hari ini Saya mencoba memberikan tutorial bagaimana mengatasi Xiaomi Redmi 4 Prime/Pro yang terkunci akun Mi.

Cara yang akan Saya bahas tentu saja dengan melakukan flashing dengan file khusus menggunakan Mi Flash Tool dengan metode EDL Mode (Test Point).

 

 

Seperti pada artikel-artikel yang terkait pembahasan ini sebelumnya, kondisi HP seperti ini biasanya atau kebanyakan disebabkan oleh kelalaian yang dilakukan oleh si pemilik HP itu sendiri.

 

Misalnya ketika awal membeli si pemilik ini asal-asalan melakukan pendaftaran mi cloud tanpa mengingat password atau username karena mungkin berpikir tidak begitu penting. Namun, seiringnya waktu ketika ponsel melakukan update atau sipemilik me-reset HP, tanpa diduga ketika HP menyala langsung terkunci dan apesnya Ia lupa dengan detail akun yang dibuat nya dulu.

 

Atau di kemungkinan lain adalah, HP dibeli melalui tangan kedua (Second), tanpa diketahui sebelumnya, ketika ponsel di reset maka yang terjadi adalah HP tersebut akan terkunci di akun mi.

 

Tentu saja sipemilik baru ini tidak mengetahui detail akun yang ada di HP tersebut, sehingga jalan satu-satunya adalah dengan melakukan bypass mi cloud yang akan Saya bahas pada artikel ini.

 

Pendahuluan dan Disclaimer

Sebelum Saya mulai ke tutorial ini, Saya rekomendasikan sebaiknya versi MIUI pada hp kalian adalah versi MIUI 8 Global, karena file ini sangat work untuk versi MIUI tersebut. Jadi untuk yang versi MIUI sudah di naikan, lebih baik downgrade terlebih dahulu ke MIUI 8 Global. Caranya tentu saja flashing melalui test point.

 

Selain itu, untuk Kamu yang belum pernah melakukan unlock mi cloud sama sekali, sebaik nya cari tahu dulu apa itu EDL Mode (Test Point) dan bagaimana caranya, karena pada artikel ini Saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai Test Point melainkan akan langsung kepada intinya.

 

Sedangkan untuk Kamu yang sudah terbiasa, Saya juga tidak bosan untuk memberikan disclaimer jika pada proses ini tentu Kamu sudah mengetahui risiko yang mungkin terjadi. Jadi, jika sudah paham dan menerima segala risikonya, maka ikuti terus tutorial ini.

 

Bahan-bahan Hapus akun Mi

Untuk bahan-bahan dibawah ini merupakan mutlak harus Kamu miliki, karena jika kurang satupun, maka cara ini tidak akan berjalan sama sekali. Jadi silahkan persiapkan bahan-bahan berikut ini:

 

  1. PC/Laptop
  2. Kabel Data
  3. Obeng Plus dan Obeng bintang kecil
  4. Pinset/Kabel tembaga
  5. File Mi Cloud Redmi 4 Prime (Unduh dan Ekstrak)
  6. Qualcomm Driver (Unduh dan Install)
  7. MiFlash-2017 (Unduh dan Install)
  8. MIUI 8.5.3.0 Global ROM (Unduh dan Ekstrak)

 

Cara Unlock Mi Cloud Xiaomi Redmi 4 Prime (MARKW)

Sekarang mari kita mulai bagaimana menghapus akun mi pada HP Xiaomi Redmi 4 Prime ini. Silahkan ikuti caranya secara bertahap dan jangan sampai ada yang terlewat untuk meminimalisir kesalahan.

 

Langkah 1. Downgrade Versi MIUI Redmi 4 Prime

Seperti yang Saya tulis diatas, untuk melakukan unlock mi cloud pada hp ini, sebaiknya downgrade dulu versi MIUI nya. Untuk ROM nya telah disediakan diatas, jadi tinggal download dan ekstrak di PC/Laptopnya Kamu.

 

Pertama, silahkan lakukan penginstalan bahan-bahan yang diperlukan seperti MiFlashtool dan Driver nya. Untuk cara menginstall nya, tidak akan Saya bahas di artikel karena nantinya artikel akan terlalu panjang.

 

Atau Kamu bisa lihat di artikel-artikel sebelumnya yang sering Saya bahas, salah satunya artikel ini.

 

Kedua, Bongkar bagian belakang HP termasuk penutup mesin/PCB nya. Jangan lupa untuk membuka baut bagian bawah disamping lobang speaker terlebih dahulu. Jika semua sudah selesai, maka hasil akhir pembongkaran menjadi seperti ini:

 

 

Jika sudah seperti itu, maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan Kabel data dan pinset/kabel tembaga.

 

Ketiga, Lakukan test point pada Xiaomi Redmi 4 Prime dengan cara menyatukan kedua titik yang ada di mesin. Untuk caranya adalah:

    1. Siapkan laptop dan kabel data
    2. Kemudian masukan/koneksikan terlebih dahulu kabel data ke bagian port usb di HP nya. Jangan koneksikan dulu ke Laptop.
    3. Lakukan short contact pada bagian mesin hp melalui kedua titik yang Saya tandai dibawah menggunakan pinset atau kabel tembaga.Tahan kedua titik tersebut dan kemudian sambungkan kabel data ke port USB yang di laptop. Jika berhasil, maka pada laptop akan menginstall driver baru bernama Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COM10).

       

      Catatan: untuk teks yang diwarnai merah itu nilainya tidak selalu sama, bisa COM12, COM1 dll. Intinya, jika di laptop nya sudah menginstall dan membaca driver tersebut, maka kita tinggal lakukan flashing saja.Atau jika Kamu penasaran, Kamu dapat cek melalui device manager di laptop yang kemudian akan melihat driver seperti ini:

     

    Keempat, Buka MiFlash2017 kemudian arahkan bagian “select” ke folder ROM/FIRMWARE yang sudah Kamu download dan ekstrak tadi, sehingga hasilnya akan seperti ini:

     

     

    Setelah itu klik tombol “refresh” sehingga jika pada test point nya berjalan dengan benar maka akan terdeteksi driver di MiFlash nya seperti ini:

     

     

    Untuk pengaturan yang dibawah, silahkan pilih dengan centang bagian “clean all” kemudian klik tombol “flash” sehingga proses flashing akan dimulai, silahkan tunggu sampai selesai.

     

     

    Jika sudah selesai seperti itu, Kamu boleh menyalakan terlebih dahulu ponsel nya sampai benar-benar menyala tanpa ada kendala. Namun untuk proses ini tentu saja hp akan kembali terkunci karena kita hanya mengupgrade versi ROM saja.

     

    Atau jika Kamu yakin jika proses flashing berjalan tanpa kendala, Kamu boleh langsung ke tahap berikut nya yaitu remove mi cloud pada Xiaomi Redmi 4 Prime ini.

     

    Langkah 2. Bypass Mi Cloud

    Pada langkah sebelumnya kita telah menyelesaikan bagaimana cara downgrade versi MIUI pada Redmi 4 Prime ini. Sedangkan pada langkah ini, maka kita akan langsung praktek ke masalah inti yaitu menghapus atau bypass mi cloud pada hp Xiaomi Redmi 4 Prime.

     

    Sehingga nantinya diharapkan hp akan kembali bisa digunakan secara normal tanpa nyangkut di mi cloud seperti sebelumnya. Pada langkah ini, Saya akan bagi ke beberapa tahap.

     

    Pertama, Silahkan kembali buka MiFlash nya. Kemudian klik tombol “select” dan arahkan ke folder file mi cloud yang sebelumnya sudah Kamu download dan ekstrak tadi sehingga pada MiFlash menjadi seperti ini:

     

     

    Kedua, Lakukan test point kembali seperti ketika Kamu mendowngrade versi ROM sebelumnya. Kemudian klik tombol “refresh” untuk menampilkan driver yang terbaca di software MiFlash nya.

     

    Jika pada proses test point tidak terjadi kesalahan, maka seperti yang pertama tadi pada MiFlash akan terdeteksi seperti ini:

     

     

    Kemudian untuk bagian bawahnya seperti yang pertama tadi yaitu pilih “clean all“, setelah itu klik tombol “flash” sampai progress nya berjalan seperti biasa. Untuk prosesnya tidak lama, sekitar 5-10 detik.

     

    Itu karena file yang dimasukan terbilang kecil ukuran nya dibanding ketika Kamu mendowngrade versi MIUI tadi. Jika sudah sukses dengan tanda seperti ini:

     

     

    Silahkan cabut kabel datanya dan nyalakan HP seperti biasa dan tunggu sampai selesai proses loading nya sehingga HP kembali menyala masuk ke menu.

     

    Namun jika masih terdapat notifikasi ponsel masih terkunci seperti semula, Kamu cukup tunggu saja sebentar dan biasanya ponsel akan masuk ke menu secara normal.

     

    Perlu diketahui, jika kita menghapus akun mi dengan cara bypass, biasanya akan selalu meninggalkan bug. Misalnya, sensor banyak yang tidak berfungsi atau tidak bisa melakukan upgrade versi MIUI karena ketika Kamu mengupgrade versi MIUI nya, maka kondisi HP akan kembali terkunci seperti saat pertama kali.

     

    Cara yang terbaik adalah dengan melakukan clean by server, karena dengan metode ini Kamu akan mendapatkan kondisi ponsel tetap sehat dari segi fungsi nya karena akun mi di hapus langsung melalui server nya langsung.

     

    Satu-satunya kelemahan dari clean by server mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua orang dan harga yang sedikit lebih mahal jika dibanding dengan bypass saja, namun tentu saja hasil yang didapat juga sangat minim risiko dan tidak meninggalkan bug sama sekali.

     

    Jika Kamu mencari jasa hapus akun mi by server yang terpercaya, Kamu bisa klik disini.

     

    Mungkin sampai disini artikel Cara mengatasi Xiaomi Redmi 4 Prime terkunci akun Mi ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman maupun saudara Kamu.

    Tinggalkan komentar