Tutorial Lengkap Hapus Akun Mi Cloud Xiaomi Mi 6x via Test Point

Diposting pada

Ketika keadaan hp Xiaomi Mi 6x terkunci Akun Mi, maka ada dua beberapa metode untuk membuka nya. Diantara nya adalah dengan unlock mi cloud melalui test point yang akan Saya bahas di artikel ini.

Selain itu, Kamu juga bisa unlock menggunakan fastboot mode namun dengan syarat hp sudah keadaan unlock bootloader.

 

Yang paling aman, tentu saja dengan membuka akun Mi tersebut melalui server nya langsung atau yang sering kita kenal dengan unlock micloud by server.

 

Meskipun biaya yang dikeluarkan cukup mahal, namun dengan remove by server maka keadaan hp benar-benar clean sehingga tidak meninggalkan bug sedikitpun.

 

Oke, kembali ke pembahasan. Hp ini datang dari salah seorang pembaca yang meminta Saya untuk membuka akun mi nya, Saya menyetujui nya dengan syarat mengirimkan kelengkapan seperti dus yang tertera imei nya.

 

Sekarang untuk syarat tersebut umum diminta oleh seorang teknisi hp dengan maksud untuk memverifikasi jika hp tersebut benar-benar milik nya.

 

Karena hp Xiaomi Mi 6x ini masih belum terunlock bootloader nya, maka Saya memutuskan untuk melakukan bypass melalui test point dengan bantuan MRT Tool.

 

 

Untuk proses nya sendiri sebenarnya bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun, namun harus di ingat, jika Kamu baru pertama kali melakukan tutorial ini, maka harus siap dengan risiko yang lebih besar.

 

Dan ketika risiko tersebut dihadapi, maka bukan tidak mungkin justru bisa dua kali lipat biaya yang harus Kamu keluarkan dibandingkan ketika Kamu mempercayakan pekerjaan ini ke ahlinya.

 

Jadi Saya tetap menyarankan untuk menyerahkan masalah seperti ini ke ahli nya saja, dalam hal ini teknisi hp.

 

Jadi maksud Saya menulis panduan ini, sebetulnya Saya tujukan untuk Kamu yang sudah terbiasa dengan pekerjaan seperti ini. Namun jika Kamu yang baru pertama melakukan nya dan siap untuk menanggug semua risiko, maka silahkan ikuti terus tutorial ini.

 

Kelebihan dan kekurangan Unlock Mi Cloud via Test Point

Untuk kelebihan menggunakan cara ini sudah jelas, yaitu lebih simple, tidak membutuhkan keluar banyak biaya dan tidak memerlukan unlock bootloader.

 

Sedangkan kekurangan nya yaitu status pada mi cloud menjadi disable alias tidak bisa ditambahkan akun mi yang baru, hal ini terjadi karena Xiaomi Mi 6x ini sudah masuk ke kategori New Security. Dengan cara ini juga tidak bisa dilakukan reset, karena ketika Kamu melakukan reset, maka hp akan kembali terkunci.

 

Syarat dan Bahan Unlock Mi Cloud Xiaomi Mi 6x

Untuk melakukan cara ini ada beberapa syarat yang harus Kamu penuhi. Syarat nya adalah Kamu mampu dan berani untuk membuka penutup belakang hp.

 

Karena meskipun terlihat sederhana, namun tidak semua orang berani melakukan ini mengingat terdapat risiko yang cukup besar.

 

Untuk bahan-bahan yang harus Kamu persiapkan adalah sebagai berikut:

  1. PC/Laptop
  2. Pinset/Kabel tembaga
  3. Obeng plus dan bintang
  4. MRT Tool 2.60 + Key
  5. Qualcomm Driver
  6. Mi Adb Bypass Tool

 

Silahkan persiapkan bahan-bahan diatas, lakukan pemasangan pada Qualcomm driver dan MRT Tool nya di PC/Laptop Kamu. Untuk cara install MRT Tool nya, silahkan lihat panduan berikut ini.

 

Cara Bypass Akun Mi di Xiaomi Mi 6x

Setelah semua bahan dipersiapkan, termasuk install bahan dan tool diatas, maka yang akan kita lanjutkan adalah ke tahap pertama yaitu test point.

 

Tujuan test point sendiri yaitu merupakan cara untuk supaya hp bisa masuk ke Emergency Download Mode (EDL) melalui dua buah titik yang terdapat pada mesin hp.

 

Proses Test Point

Untuk memulai, silahkan buka sim tray dan dan baut pengunci antara tutup belakang dan lcd hp menggunakan obeng bintang.

 

Xiaomi Mi 6x ini agak berbeda dari seri lainnya, dimana mesin menempel pada cover belakang, bukan pada frame lcd seperti biasanya.

 

Kemudian lepas penutup/cover belakang menggunakan kuku atau alat apapun yang bisa mencongkel cover tersebut. Hindari menggunakan alat yang berbahan besi karena akan merusak sisi penutup atau frame hp nya.

 

Jika sudah terbuka jangan langsung main cabut, karena disitu terdapat flexible LCD yang menempel ke mesin, jadi hati-hati.

 

 

Lepas ketiga baut yang Saya kasih tanda pada gambar diatas menggunakan obeng plus, kemudian jika sudah terbuka, lepas juga socket lcd dan socket baterai nya. Sedangkan untuk kedua titik point nya ada di antara socket baterai seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

 

 

Oke, jika sudah terbuka seperti itu dan titik untuk test point sudah ditemukan, maka tahap berikut nya kita lakukan test point nya.

 

Pertama, sambungkan kabel data ke hp nya, tanpa disambungkan ke PC terlebih dahulu. Kemudian lakukan short contact pada kedua titik pada mesin tersebut menggunakan pinset atau kabel tembaga.

 

Jika tidak ada, Kamu bisa menggunakan apapun seperti kawat maupun peniti, yang penting bisa dimanfaatkan untuk menyambungkan kedua titik tersebut.

 

Jika sudah, silahkan tekan dan tahan, upayakan supaya posisi tahanan dikedua titik tidak goyah. Jika sudah yakin, selanjutnya sambungkan ujung kabel data yang satunya ke PC/Laptop. Jika test point berjalan lancar, maka untuk pertama kalinya secara otomatis Laptop akan menginstall driver Qualcomm nya.

 

Kemudian jika Kamu cek melalui Device manager akan terlihat seperti ini:

 

 

Perhatikan pada bagian yang Saya kasih tanda, itu berarti laptop sudah membaca hp ke Emergency Mode (EDL). Untuk bagian (COM30) nilai nya tidak harus sama, tergantung port usb yang digunakan, bisa COM1, COM9, COM15 dan sebagainya.

 

Jika sudah, maka tahap berikutnya kita akan melakukan bypass di akun Mi nya pada hp ini, silahkan simak panduan nya berikut ini.

 

Proses bypass Micloud Melalui MRT Tool

Setelah semua sudah siap, silahkan buka MRT tool yang sudah Kamu install tadi. Kemudian lakukan pengaturan seperti ini:

 

 

Pada tanda nomor satu, silahkan klik TAB XiaoMi, kemudian klik pada tulisan “XiaoMi Account Remove Tool” seperti yang telihat pada tanda nomot dua.

 

Kemudian setelah pada tanda nomor dua Kamu klik, maka akan terbuka tab menu baru, selanjutnya lakukan beberapa setingan seperti pada gambar dibawah ini:

 

 

  1. Pada tanda nomor Satu, dibagian model nya silahkan klik kemudian cari “XiaoMi 6X”.
  2. Sedangkan tanda nomor Dua, untuk Port biarkan saja “Auto”, atau Kamu bisa sesuaikan dengan driver yang terdeteksi (COM3 dan lainnya).
  3. Kemudian untuk tanda nomor Tiga, pilih menu “Remove Account”.
  4. Dan di tanda nomor Empat, lakukan remove micloud dengan klik tombol Start nya.

 

Silahkan tunggu sampai pada proses bar nya berjalan, dan jika sukses akan terdapat notifikasi “success atau all is done” seperti ini:

 

 

Intinya tidak harus seperti gambar diatas, karena terkadang berbeda notifikasi sukses nya, namun Saya yakin Kamu pasti tahu ketika MRT berhasil melakukan tugas nya.

 

Jika sudah berhasil, silahkan cabut kabel data, lalu sambungkan kembali socket-socket yang di copot sebelumnya, yaitu socket LCD dan baterai.

 

Selanjutnya nyalakan hp seperti biasa, namun ketika masuk pengaturan setelan wifi jangan langsung di koneksikan ke Internet dulu, skip saja sampai hp masuk ke menu utama.

 

 

Disable Mi Cloud menggunakan Mi Adb Bypass Tool

Setelah hp berhasil masuk ke menu utama, maka kita lanjut ke tahap berikut nya. Pada tahap ini kita akan lakukan disable akun menggunakan “Mi Adb Bypass Tool”.

 

Pertama, silahkan aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock nya, namun sebelumnya untuk hp yang belum diaktifkan mode developer/pengembang nya, wajib diaktifkan terlebih dahulu.

 

Masuk ke menu “Settings > My Device > All specs” kemudian akan terbuka halaman tentang hp nya. Setelah itu tap sebanyak tujuh kali pada tulisan MIUI Version sampai muncul notifikasi “You are now a developer”.

 

 

Setelah mode developer nya aktif, berikutnya silahkan kembali ke menu Settings awal nya, kemudian Scroll ke bawah dan masuk ke “Additional settings”.

 

Setelah masuk, scroll lagi ke bawah lalu masuk ke menu “Developer options” sehingga terbuka halaman developer nya.

 

Setelah Kamu masuk ke developer options, tahap selanjutnya silahkan aktifkan USB Debugging dan Oem unlocking nya. Lalu sambungkan kembali hp dengan Laptop nya menggunakan kabel data.

 

Berikut nya silahkan Ekstrak dan buka Mi Adb Bypass Tool yang sudah Kamu download tadi.

 

 

Jika sudah terbuka, silahkan ikuti setingan seperti pada gambar dibawah ini:

 

Klik Gambar untuk Memperbesar

 

Pada gambar nomor satu, silahkan centang pada pilihan “Check device” kemudian klik tombol “Do Job” sehingga hasilnya akan seperti pada gambar nomor Dua, dimana pada bagian info nya, terdapat detail sistem pada hp nya.

 

Note: Jika pada layar hp terdapat notifikasi USB Debugging, maka silahkan klik Allow/Ijinkan.

 

Selanjutnya pada gambar nomor Tiga, silahkan centang pada pilihan “Mi Account Bypass (ADB)” dan lanjutkan dengan meng-klik tombol “Do Job” nya sehingga proses disable akan berjalan. Setelah sukses, maka akan terlihat tulisan “Successful” seperti pada gambar nomor Tiga.

 

Sampai disini maka hp akan restart. Ketika mulai masuk ke menu lagi, biasa nya akan terdapat notif seperti ini:

 

 

Klik saja Cancel, kemudian silahkan coba koneksikan dengan internet, biasanya hp sudah bisa digunakan seperti semula.

 

Namun yang harus diingat, cara ini meninggalkan bug seperti terdapatnya notif diatas, dan keadaan hp tidak boleh dilakukan reset pabrik (Hard Reset) karena katika dilakukan maka hp akan kembali terkunci. Namun secara fungsi, semua berjalan normal tanpa ada kendala.

 

Sampai disini, maka artikel tutorial bypass Akun Mi Cloud di Xiaomi Mi 6x sudah selesa. Semoga cara ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Avatar
Nissa merupakan salah satu kontributor di Website Tekno Flasher, Nissa memiliki hobi menulis terutama di seputar gadget yang memang telah di gandrungi selama lebih dari tiga tahun. Selain menulis di Website ini, Nissa juga merupakan seorang Teknisi Handphone yang mulai membuka konter sejak satu tahun yang lalu di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *