Tutorial Lengkap dengan Gambar Hapus Akun Mi Lupa Sandi Tanpa PC untuk Semua tipe HP Xiaomi

Setelah beberapa waktu lalu saya share bagaimana cara Bypass Akun Mi pada Xiaomi Redmi Note 4x, maka pada artikel kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya melewati atau menghapus Akun Mi yang lupa Sandi atau password tanpa PC dan alat bantuan apapun.

Jadi untuk kasus ini, khusus untuk kamu yang memiliki handphone xiaomi yang posisi perangkat belum terkunci namun lupa password.

 

Mungkin untuk yang masih memiliki nomor handphone masih bisa kita reset passwordnya, tetapi jika kamu sudah tidak memiliki keduanya, maka mau tidak mau harus Bypass akun mi dengan cara flashing namun dengan risiko yang cukup besar seperti Bootloop, kehilangan beberapa fungsi pada bagian sensor atau terburuk malah terjadi hardbrick (mati total).

 

Maka jalan terbaik adalah dengan cara yang akan share ini, dimana kamu tidak memerlukan banyak tool dan minim akan risiko seperti yang telah disebutkan diatas.

 

Pada cara ini juga support untuk semua tipe Xiaomi seperti Redmi 3S, Redmi 2/Prime,  Note Bamboo, Redmi Note 7 Hingga yang paling terbaru saat ini Xiaomi Mi Note 10. Juga support untuk semua versi Interface, mulai dari MIUI 9, MIUI 10, MIUI 11 dan MIUI 12.

 

Sekedar info, jika ponsel Xioami kamu lupa dengan password akun Mi nya, maka kamu tidak bisa menghapus/mengganti Akun Mi, melakukan hard reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik, itu karena ketika kamu akan mengganti akun atau me-reset ponsel maka akan diminta untuk login password pada Akun Mi nya seperti gambar ini.

 

 

 

Cara Mudah Hapus Akun Mi tanpa PC

Pada tutorial ini, saya menggunakan Xiaomi Redmi Note 4x dengan posisi ponsel tidak terkunci namun user lupa password, dan nomor hp yang telah di daftarkan sudah tidak aktif sehingga tidak bisa melakukan reset password melalui verifikasi atau otp hp.

 

Bahan yang kamu butuhkan adalah browser Chrome dan akun facebook yang masih aktif, jadi sebaiknya persiapkan dulu sebelum mengikuti tutorial ini.

 

Langkah 1

Untuk step awal, pastikan data seluler atau wifi telah kalian koneksikan ke ponsel nya, lalu silahkan akses ke menu setelan ponsel dan masuk ke menu Akun Mi yang lupa password tersebut.

 

 

Kemudian, klik menu Keamanan Akun, lalu pada halaman ini Kamu akan menemukan submenu Akun lagi, dan silahkan akses menu tersebut.

 

Setelah terbuka halaman baru, pastikan kamu menemukan logo Facebook dengan tulisan dibawahnya (Tidak terhubung) supaya bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

 

 

Silahkan klik logo Facebook dan siapkan akun Facebook yang masih aktif.

 

Lalu dibagian bawahnya silahkan klik Hubungkan Akun, sampai tahap ini kamu akan dibawa ke halaman login Facebook.

 

 

Silahkan kamu login menggunakan akun Facebook yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

 

Namun jika ketika kamu akan memasukan login Facebook ternyata form login nya hilang, maka silahkan matikan data seluler atau wifi nya beberapa saat.

 

Kemudian kembali koneksikan lagi dan coba untuk login ke Akun Facebooknya dengan cara klik tombol Masuk.

 

 

Jika berhasil login, maka akan kembali ke halaman keamanan Akun tadi seperti ini dan menampilkan akun yang telah terhubung, lalu silahkan Klik Masuk ke Akun Mi Anda seperti ini.

 

 

Maka akan terbuka halaman baru seperti ini:

 

 

Jika sudah seperti ini, kamu tidak boleh klik tombol putuskan yang ada di menu tersebut, karena jika kamu putuskan maka proses tidak dapat dilanjutkan.

 

Langkah 2

Silahkan Kamu keluar dari menu tersebut, lalu buka Browser Chrome yang sudah terinstall di ponsel nya. Kemudian akses halaman dengan url dibawah ini:

 

https://mi.com/id

 

 

Jika sudah terbuka, silahkan kamu klik menu Akun/Account yang disebelah pojok kanan bawah. Lalu geser ke bawah dan Kamu akan menemukan menu “Akun Saya”.

 

Silahkan kamu klik.

 

 

Dengan meng-klik menu tersebut, Kamu akan diarahkan ke halaman login dimana pada halaman ini terdapat beberapa metode login yang bisa Kamu gunakan, salah satunya login dengan akun Facebook.

 

Inilah point penting yang akan kita manfaatkan untuk mengakses akun Mi nya.

 

Silahkan kamu klik logo Facebook untuk melanjutkan login nya.

 

 

Dan halaman baru muncul dimana kamu bisa memasukan login Facebook yang telah dihubungkan dengan akun Mi tadi. Jadi akun facebook harus sama dengan yang telah tadi kamu hubungkan sebelumnya.

 

 

Dan silahkan klik Masuk untuk melanjutkan.

 

Sampai disini kamu telah berhasil masuk ke akun Mi yang ada pada ponsel tersebut.

 

Kamu bisa cek status nya dengan masuk ke Menu Account & Permissions, disitu akan ditemukan halaman dimana terdapat rincian jika akun Mi telah terhubung dengan akun Facebooknya disertai sebuah notifikasi Connected.

 

 

Dan tahap selanjutnya adalah inti dari tutorial ini yaitu menghapus/mengganti Akun Mi pada ponsel.

 

Untuk bisa melakukan ini, tentu yang perlu kamu lakukan adalah mengakses akun Xiaomi Cloud yang sebelumnya telah terhubung pada ponsel kamu.

 

Micloud sendiri memiliki fungsi yang cukup banyak, mulai dari media penyimpanan online dimana kamu bisa membackup semua file yang ada di ponsel ke Micloud.

 

Selain itu, yang paling penting adalah sebagai keamanan ponsel dimana kamu dapat melacak perangkat ketika kamu kehilangan ponsel tersebut, dan juga keterikatan perangkat dan Micloud yang mampu memproteksi handphone kamu ketika dicuri atau hilang.

 

Sehingga ketika ponsel akan di reset maka posisi perangkat menjadi terkunci dan tidak bisa dibuka selain dengan password atau dengan cara Bypass.

 

Baiklah, kita lanjutkan Tutorial menghapus akun Mi tanpa Tool dan PC ke tahap selanjutnya.

 

Tahap inti Tutorial Hapus Akun Mi tanpa PC dan Tool

 

Langkah 1

Setelah kamu berhasil masuk ke akun Mi, silahkan keluar dari tab-tab Chrome tersebut. Lalu masih dalam Chrome, silahkan akses URL i.mi.com.

 

 

Dan akan terbuka halaman untuk akun Xiaomi Cloud nya.

 

Kemudian klik tombol Masuk dengan Akun Mi, dan disitu terdapat form login baru dimana kamu hanya bisa login menggunakan email dan nomor handphone tanpa ada opsi login melalui Facebook seperti sebelumnya, sehingga kamu tidak bisa melakukan login seperti tadi.

 

 

Untuk mengakalinya, silahkan buka tab baru pada Chrome nya dengan cara klik pojok kanan atas yang terdapat angka “1” nya, dan klik tombol “+” yang ada di pojok sebelah kiri atas pada chrome.

 

Lalu masukan url yang pertama kamu akses tadi, yaitu mi.com/id.

 

Jika pada halaman tersebut kamu telah otomatis logout, silahkan login kembali dengan akun Facebook seperti langkah yang diatas tadi. Biasanya jika telah berhasil login, maka akan terdapat 3 tab pada Browser Chrome kamu.

 

Selanjutnya jika kamu telah login dengan akun Facebook di halaman mi.com/id, sekarang silahkan kembali ke tab halaman yang telah di akses tadi yaitu i.mi.com.

 

Dimana sebelumnya pada form login halaman ini tidak disertai opsi menggunakan akun Facebook seperti gambar diatas.

 

Langkah 2

Masih pada halaman tersebut, Supaya bisa login ke halaman tersebut, kamu diharuskan untuk masuk ke desktop mode.

 

Caranya adalah, silahkan kamu klik “tiga titik” disebelah kanan atas pada Chrome, dimana pada tab tersebut terdapat setingan browser.

 

Kemudian geser ke menu paling bawah, dan kamu akan menemukan navigasi “Ubah situs desktop / Situs desktop” lalu centang pada kotaknya.

 

 

Secara otomatis halaman akan merefresh sendiri dan secara otomatis juga Kamu sudah login ke halaman tersebut (Halaman Xiaomi Cloud) nya, seperti pada gambar ini:

 

 

Masih dihalaman ini, kamu akan menemukan beberapa menu diantaranya adalah menu cari perangkat dengan logo Maps.

 

Nah, silahkan klik logo Maps tersebut dan akan kembali loading dimana artinya Mi cloud sedang berusaha menemukan perangkat yang terhubung.

 

 

Kemudian yang harus dicermati adalah pada bagian device yang terdapat di pojok kanan atas, disitu Kamu akan melihat perangkat yang sama dimana saat ini Kamu pakai yang ditandai titik hijau bertuliskan Online.

 

Pada tutorial ini saya menggunakan Xiaomi Redmi Note 4x seperti yang tertera pada bagian perangkatnya, silahkan Zoom saja pada layarnya.

 

Lihat gambar dibawah ini.

 

 

Jika sudah seperti ini, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah kita akan menghapus perangkat dengan cara Matikan Cari Perangkat.

 

Caranya cukup mudah, pertama silahkan kamu klik Nama perangkatnya, dalam contoh diatas “Redmi Note 4x” kemudian klik tiga titik yang ada di samping nama perangkat pada halaman tersebut seperti ini:

 

 

Jika status perangkat masih terlihat Offline, kamu dapat mengklik Cari Lokasi di bagian bawahnya sehingga nanti akan ada Popup baru berupa notifikasi, (Zoom layar Ponsel untuk memperjelas).

 

Kemudian klik saja tombol Cari Lokasi.

 

 

Secara otomatis dia akan mencari dan menemukan perangkat yang kamu gunakan dengan tanda Online di bagian bawah nama perangkat.

 

 

Jika sudah seperti ini, kamu bisa mematikan perangkat yang terhubung dengan cara klik Tiga Titik disamping kanan nama perangkatnya, kemudian klik Mematikan cari Perangkat.

 

 

Lalu akan muncul Popup lagi berupa notifikasi, seperti biasa silahkan Zoom Layarnya untuk memperjelas kemudian silahkan klik tombol Oke pada popup tersebut.

 

 

Setelah selesai, lalu kita tunggu sampai benar-benar tidak ada perangkat yang terhubung pada akun Xiaomi Cloud nya, dengan ciri tidak ada lagi Device yang muncul di pojok kanan atas seperti yang pertama kamu lihat ketika mulai menghubungkan dengan mencari perangkat pada akun Xiaomi Cloudnya.

 

Jika sudah seperti itu, berarti kondisi ponsel sudah tidak terhubung lagi dengan Xiaomi Cloudnya dan sekarang kamu dapat dengan mudah me-reset ponsel ke pengaturan pabrik.

 

Silahkan restart ponsel Kamu, supaya terupdate setingan nya di menu Mi Account tadi.

 

Jika ponsel sudah kembali nyala, yang harus kamu lakukan adalah me-reset atau mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik sehingga Mi Account nya benar-benar clean.

 

Untuk melakukan ini, masuk ke Setelan, cari dan klik Setelan tambahan.

 

 

Setelah menu baru terbuka, silahkan scroll ke bawah sampai menemukan menu Buat cadangan & setel ulang, lalu geser ke baris paling bawah, kemudian klik pada menu Kembalikan ke setelan pabrik.

 

Pada jendela menu baru, silahkan lakukan reset ponsel dengan cara klik Setel ulang telepon, dan pada kali ini ponsel tidak akan meminta password seperti ketika masih terhubung ke Mi Cloud.

 

Disaat kamu klik Setel ulang telepon, pada layar akan menampilkan notifikasi berupa warning seperti ini:

 

 

Silahkan ikuti langkah seperti biasanya ketika kamu akan me-reset ponsel. Sehingga ponsel akan merestart ulang, pada tahap ini ponsel akan cukup lama memuat ulang, itu disebabkan karena banyaknya data yang harus dibersihkan.

 

Kemudian jika sudah selesai, maka ponsel akan menyala dengan keadaan bersih seperti ketika pertama kali kamu membeli ponsel tersebut.

 

 

Silahkan ikuti proses pengaturan awal seperti biasanya hingga ponsel siap digunakan kembali.

 

Kamu bisa memeriksa pengaturan Mi Akun nya, jika proses yang kamu lakukan sesuai dengan tutorial ini, maka status Akun Mi akan kosong dan siap untuk diisi akun baru.

 

 

Jika sudah demikian, maka berakhir juga artikel tutorial menghapus Akun Mi lupa sandi tanpa pc ini. Perlu diketahui, jika artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dimana tutorial juga saya dapatkan melalui external source.

 

Untuk tutorial dalam bentuk video, silahkan simak dibawah, jangan lupa untuk Subscribe Channel nya.

 

 

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar