Tutorial Cara Install TWRP dan Root di Realme 5 Pro [Fix Red Blink]

Jika membahas masalah TWRP mungkin tidak akan ada habis nya, dimana keberadaan bisa dibilang cukup sakti untuk melakukan apapun terhadap ponsel kita. Dengan terpasangnya Custom recovery di ponsel Mu, hampir semua kustomisasi bisa Kamu lakukan.

Ada banyak jenis Custom recovery (TWRP) ini yang beredar di luar sana, seperti CWM atau Clock Word Recovery yang merupakan awal dari bermunculan nya Custom recovery seperti sekarang ini.

 

Berikutnya ada juga Philz Touch yang dimana awal kehadiran nya cukup mendapat sambutan baik kala itu, berbeda dengan CWM yang memiliki interface seperti recovery bawaan ponsel, Philz Touch justru hadir dengan tampilan yang lebih modern dan mudah dipahami.

 

Namun seiringnya waktu, Philz Touch pun sudah mulai dilupakan dan jarang terdengar lagi hingga saat ini.

 

Dari Custom recovery diatas, saat ini tersisa dua TWRP yang paling banyak digunakan. Yaitu Team Win Recovery Project (TWRP) dan RedWolf Recovery. Namun di artikel kali ini Saya tidak ingin membahas lebih dalam dari kedua TWRP tersebut.

 

Nah, berbicara list TWRP, tentunya Kamu pengguna hp Realme, khususnya Realme 5 Pro bertanya-tanya, bisa tidak sih hp ini dipasang TWRP?

 

Jawaban nya tentu saja bisa, dengan syarat utama ponsel Kamu sudah dalam keadaan Unlock Bootloader. Jika saat ini hp masih keadaan lock bootloader, silahkan baca artikel ini bagaimana cara UBL di Realme 5 Pro.

 

 

Namun sebelum melangkah ke tutorialnya, Saya ingatkan jika hp Kamu saat ini masih memiliki garansi resmi. Maka dengan melakukan root dan menginstall TWRP tentu akan menghapus garansi ponsel Kamu, jadi pikirkan sebelum mengikuti panduan ini.

 

Oya, Saya hampir lupa. Selain pasang TWRP, pada artikel ini Saya sertakan  juga bagaimana melakukan root pada Realme 5 Pro dan fix semua permasalan nya. Pada dasarnya cara ini bisa Kamu ikuti baik itu pada Android 9 ataupun Android 10.

 

Pada panduan ini, Saya uraikan secara lengkap supaya Kamu yang baru pertama kali melakukan kustomisasi pada smartphone akan mudah untuk memahaminya. Dan sebelum masuk ke tahapan inti, silahkan persiapkan syarat dan bahan-bahan berikut ini:

 

Syarat dan Bahan-Bahan Root dan Install TWRP Realme 5 Pro

Seperti yang Saya sudah jelaskan diatas, untuk melakukan kustomisasi ini dibutuhkan beberapa syarat dan bahan-bahan yang harus Kamu persiapkan.

 

Sedangkan untuk syaratnya, ponsel Realme 5 pro Kamu wajib harus sudah di UBL (Unlock Bootloader) terlebih dahulu, dan diatas artikel sudah Saya sertakan link tutorialnya.

 

Kemudian untuk bahan-bahan nya, silahkan persiapkan:

 

  1. Laptop/PC
  2. ADB Driver Installer
  3. Minimal ABD Fastboot fortable
  4. TWRP Realme 5 Pro
  5. vbmeta.img
  6. Magisk Realme 5 Pro
  7. Realme 5 Pro ColorOS Magisk Fix BETA

 

Untuk yang di laptopnya belum terinstall driver ADB nya, silahkan install dengan file nomor satu, kemudian ekstrak juga file Minimal ADB Fastboot fortable di Laptop.

 

Sedangkan untuk file TWRP dan vbmeta.img nya, silahkan Kamu copy ke folder Minimal ADB nya yang telah di ekstrak tadi. Lalu untuk file Magisk dan Realme 5 Pro ColorOS Magisk Fix Beta.zip, silahkan copy ke MicroSD di ponsel Kamu.

 

Sampai disini semua persiapan sudah Kamu lakukan dan siap untuk lanjut ke tahapan berikutnya.

 

Cara Install TWRP Realme 5 Pro

Berikutnya kita akan mulai pemasangan TWRP pada hp Realme 5 Pro nya, pastikan Kamu mengikutinya sesuai instruksi untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin bisa membuat ponsel Kamu bermasalah.

 

Pertama, silahkan masuk ke mode fastboot di hp nya, caranya ketika ponsel posisi off/mati, silahkan tekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan hingga masuk ke mode fastboot nya.

 

Lalu koneksikan ponsel ke laptopnya dengan kabel data yang masih berfungsi dengan baik untuk menghindari kegagalan.

 

 

Kemudian silahkan buka folder adb nya, lalu klik dua kali pada file cmd here sehingga akan terbuka tampilan cmd nya.

 

Pastikan beberapa file yang tadi Saya sebut sudah di pindahkan ke folder ini, karena nantinya semua file-file inilah akan di install melalui perintah di cmd ini.

 

Setelah terbuka, selanjutnya ketikan sebuah perintah untuk melihat apakah device sudah terdeteksi.

 

fastboot devices

 

Tekan ENTER dan jika driver sudah terinstall dengan baik akan terbaca seperti ini:

 

 

Jika sudah terdeteksi, saat nya kita install TWRP nya dengan memasukan sebuah perintah seperti ini:

 

fastboot flash recovery twrp.img

 

Kemudian tekan ENTER lagi, secara otomatis filer TWRP akan terinstall di hp nya dengan proses seperti ini:

 

 

Jika hasilnya sudah seperti yang Saya tandai, itu berarti install twrp telah berhasil dan berikutnya untuk langkah terakhir,silahkan masukan lagi perintah berikut ini:

 

fastboot flash vbmeta vbmeta.img

 

Tekan ENTER dan hasilnya akan menjadi seperti ini:

 

 

Pastikan ketika memasukan perintah-perintah diatas jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan, karena itu akan sangat berpengaruh dan pastinya pemasangan tidak akan berhasil. Jadi sebaiknya Kamu bisa copy paste dari artikel ini.

 

Jika sudah sesuai semuanya, silahkan cabut kabel data dari ponselnya, lalu masuk ke Recovery dengan cara menekan tombol volume bawah dan pilih Recovery mode kemudian tekan tombol power untuk memulai masuk ke TWRP nya.

 

 

Nah, pada langkah berikutnya kita akan melakukan rooting pada ponsel nya dengan menginstall Magisk melalui TWRP ini. Untuk langkahnya, silahkan ikuti di langkah rooting berikut ini.

 

Cara Root Realme 5 Pro dengan Magisk tanpa PC  melalui TWRP

Setelah kita menyelesaikan langkah pertama yaitu menginstall TWRP nya, maka langkah kedua yang akan kita praktekan adalah melakukan root pada hp Realme 5 Pro ini.

 

Perlu Kamu ketahui, jika root dan menginstall TWRP sebenarnya caranya sama saja dengan ponsel merk dan tipe apapun. Yang membedakan mungkin dari file sama driver nya saja.

 

Sedangkan langkah seperti perintah maupun ketika melakukan install zip di TWRP, caranya tidak ada perbedaan sama sekali. Baiklah, sekarang kita mulai step nya.

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah seperti yang Saya singgung di awal artikel, yaitu memindahkan file magisk dan file ColorOS Magisk Fix Beta.zip ke memori ponsel, Saya rekomendasikan di MicroSD saja.

 

Untuk langkah nya, ketika ponsel sudah masuk dalam mode recovery (TWRP) nya, silahkan klik di menu Install, lalu pilih Select Storage dan pilih MicroSD.

 

Kemudian cari dan pilih file Magisk.zip yang sudah Kamu copy tadi.

 

 

Setelah itu akan terbuka halaman konfirmasi install, langsung saja geser di tombol “Swife to confirm flash” sehingga proses flashing atau pemasangan akan secara otomatis berjalan.

 

 

Jika prosesnya berhasil, maka akan seperti pada gambar diatas. Kemudian restart ponsel dengan klik tombol Reboot System dan tunggu hingga ponsel menyala seperti biasa.

 

Berikutnya, secara otomatis di ponsel akan terinstall aplikasi magisk manager, buka aplikasi tersebut dan biarkan magisk manager melakukan update.

 

Pada proses ini, diwajibkan untuk mengaktifkan data selular di hp Kamu sehingga proses update nya tidak terganggu.

 

Namun jika pada saat update pada Magisk terdapat tulisan “Mode core only aktif” atau “Core only mode enable”, maka Kamu harus melakukan fix.

 

Kenapa harus, karena ketika Magisk dalam Mode core only, itu artinya Kamu tidak bisa memasang atau mengaktifkan semua modul yang ada di Magisk manager tersebut.

 

Untuk mengatasinya, silahkan ikuti langkah berikut ini:

 

Pertama, kembali matikan ponsel dan masuk ke TWRP nya. Untuk kembali ke TWRP, Kamu diharuskan masuk dulu ke mode fastbootnya.

 

Seperti cara pertama tadi yaitu dengan menekan kedua tombol yaitu volume bawah dan tombol power bersamaan sampai layar menampilkan fastboot mode.

 

Lalu tekan tombol volume bawah dan pilih menu Recovery  mode dan klik tombol power, seketika ponsel restart dan masuk ke TWRP nya.

 

Setelah itu, lakukan install ColorOS Magisk Fix Beta.zip yang sudah di copy ke MicroSD tadi, caranya seperti ketika Kamu menginstall Magisk di langkah sebelumnya.

 

 

Kemudian restart hp dengan klik Reboot System.

 

Setelah hp kembali menyala, berikutnya kembali masuk ke aplikasi Magisk Manager, lalu masuk ke pengaturan dengan klik tombol garis tiga di sisi kiri atas magisk managernya.

 

Lalu ke bawah dan cari tulisan Setelan, setelah terbuka menu setelan nya, silahkan cari tulisan Magisk Mode Core Only dan non aktifkan dengan menghilangkan tanda centang pada tulisan tersebut, dan sekarang mode core only sudah hilang di Magisk nya.

 

Sampai disini proses root sudah selesai Kamu lakukan dengan sukses. Namun untuk Kamu yang mendapatkan masalah notifikasi di bar dengan tulisan warna merah “Perangkat anda terdeteksi root”, maka Kamu harus melakukan fix kembali dengan bantuan sebuah file.

 

Cara mengatasi Red Blink Bar di Ponsel Realme

Untuk mengatasi red blink ini terbilang cukup mudah. Namun sebelumnya silahkan unduh dulu file nya dibawah ini:

 

SystemUI_Patched_A19.zip

 

Kemudian simpan file nya di MicroSD, setelah itu kembali masuk ke TWRP nya seperti tadi. Dan lakukan install file nya seperti ketika Kamu melakukan pemasangan magisk maupun fix Magisk Mode Core Only yang sebelumnya sudah Kamu lakukan.

 

Setelah selesai, tinggal restart hp nya dan seketika notifikasi merah atau red blink di bar atas hp Realme Kamu akan menghilang dengan sendirinya.

 

Sampai disini, tutorial cara Root dan Install TWRP berserta fix semua permasalahan nya sudah selesai. Silahkan bagikan artikel ini kepada teman ataupun keluarga yang memiliki hp Realme 5 pro dan ingin dilakukan root dan pasang TWRP.

Tinggalkan komentar