Tips SAMSUNG GALAXY J2 PRIME yang Lemot, Mengatasi lupa password dan Lupa Pola

SAMSUNG GALAXY J2 PRIME merupakan Smartphone dengan harga terjangkau yang memiliki layar LCD 5 inci dan sudah menggunakan Android Marshmallow untuk sistem operasi standar pabrik nya. Kita dapat memilih untuk menggunakan simcard tunggal atau ganda yang dapat standby secara bersamaan.

Fitur yang paling menarik dari SAMSUNG GALAXY J2 PRIME adalah memiliki USB OTG sebagai alat untuk transfer data flash drive. Ada dua opsi yang bisa kamu pilih, apakah menggunakan slot kartu tunggal atau ganda.

Jika kamu lebih memilih menggunakan slot simcard ganda maka kamu tidak bisa menambahkan memori eksternal, jadi kita hanya bisa menggunakan jaringan simcard tunggal ketika menggunakan memori eksternal (microSD).

 

Spesifikasi SAMSUNG GALAXY J2 PRIME (G532M / G532F / G532G)?

  • Jaringan GSM 3G HSDPA + 4G LTE
  • Display LCD 5 inci
  • Prosesor Quad-core 1,4 GHz Cortex-A53
  • GPU Mali-T720MP2
  • Memori Internal 8 GB ROM
  • RAM 1,5 GB
  • Memori eksternal MicroSD maksimum 254 GB
  • Kamera Utama 8 MP, autofocus, LED flash
  • Kamera Depan 5 MP dengan LED flash untuk video maupun foto selfie
  • Sistem Operasi Android Marshmallow versi 6
  • Baterai Li-Ion 2600 mAh

 

Bagaimana Cara Memperbaiki atau Mengatasi Masalah Recovery SAMSUNG GALAXY J2 PRIME (G532M / G532F / G532G) yang hang atau tidak merespons sama sekali ketika dioperasikan?

Samsung memberikan harga yang terjangkau pada seri SAMSUNG GALAXY J2 PRIME ini, tetapi seperti yang kita ketahui kapasitas penyimpanan ponsel ini cukup terbatas, yakni hanya memiliki memori internal 8 GB saja dan tentu saja akan menjadi kesulitan tersendiri ketika Kamu ingin menginstall banyak aplikasi Favorit, tetapi kita masih dapat menginstal beberapa aplikasi penting dari Google Play Store seperti Whatsapp, Instagram, dan banyak lagi.

Namun Kamu harus tahu bahwa beberapa aplikasi mungkin mengandung virus atau malware yang dapat membuat masalah di SAMSUNG GALAXY J2 PRIME seperti hang atau bahkan membuat handphone jadi bootloop atau layar sentuh menjadi tidak responsif / merespons.

Masalah ini juga dapat terjadi ketika kita menginstal dari sumber yang tidak aman seperti sumber aplikasi pihak ke-3 atau file APK offline. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Pertama-tama kita harus mencoba melakukan soft reset atau merestart handphone untuk membersihkan file dan cache sementara.

Setelah SAMSUNG GALAXY J2 PRIME kembali menyala, segera instal secara gratis salah satu antivirus andalan seperti AVAST atau NORTON dari Google Play Store.

Jika masalah belum terpecahkan, maka yang harus kamu lakukan adalah hardreset atau master format. Harap dicatat, melakukan hardreset akan menghapus semua data penting. Untuk itu, sebaiknya kamu membackup data terlebih dahulu sebelum melakukan master format.

Melakukan hardreset juga akan menghapus semua akun Google dari SAMSUNG GALAXY J2 PRIME sehingga biasanya handphone akan terkunci ketika hardreset dilakukan tanpa me-logout akun Google pada perangkat, jadi sebaiknya logout dulu dari akun Google atau setidaknya kamu mengetahui data login dari akun tersebut.

 

Bagaimana cara membackup data atau Kontak di SAMSUNG GALAXY J2 PRIME (G532M / G532F / G532G)?

Kamu dapat menggunakan kartu microSD untuk menyalin atau memindahkan file penting menggunakan aplikasi File Manajer.

Jika perangkat SAMSUNG GALAXY J2 PRIME kamu telah terintegrasi dengan akun Google, biasanya secara default kontak akan disinkronkan otomatis ke server Google.

Namun kamu pastikan kembali untuk memeriksa semua kontak di server kontak Google untuk memastikan cadangan telah ada sehingga ketika proses hardreset selesai semua file yang kamu butuhkan akan mudah di-restore kembali.

 

Opsi 1, Cara Hard Reset SAMSUNG GALAXY J2 PRIME (G532M / G532F / G532G) dengan menu recovery:

  1. Nyalakan SAMSUNG GALAXY J2 PRIME
  2. Pastikan baterai SAMSUNG GALAXY J2 PRIME sudah diisi dengan benar
  3. Buka menu: Pengaturan> Cadangkan & Atur Ulang> Reset data pabrik> Atur ulang perangkat
  4. Pilih Hapus Semua
  5. SAMSUNG GALAXY J2 PRIME akan melakukan proses Master Reset ke Factory Default

 

Opsi 2, Cara Hard Reset SAMSUNG GALAXY J2 PRIME (G532M / G532F / G532G) dengan kombinasi tombola tau sering disebut senam tiga jari:

  1. Pastikan baterai SAMSUNG GALAXY J2 PRIME terisi setidaknya 60%.
  2. Matikan SAMSUNG GALAXY J2 PRIME
  3. Tekan dan tahan bersama-sama: Tombol Power + Volume Atas + Tombol Home
  4. Jika tombol di nomor 3 tidak berfungsi, kita dapat mencoba dengan menekan dan menahan bersama-sama Tombol Power + Tombol Volume Atas
  5. Jika kita melihat menu di layar LCD, pilih Wipe Data / Factory Reset dengan Tombol Volume untuk memilih dan menggunakan Tombol Power untuk Oke.
  6. SAMSUNG GALAXY J2 PRIME akan melakukan proses pemulihan ke default pabrik.

Pada cara diatas bisa kamu lakukan ketika handphone kamu terkunci pola ataupun terkunci sandi sehingga kamu tidak perlu pergi ke konter untuk menyembuhkan nya. Selain hemat waktu, juga hemat uang kan?

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja SAMSUNG GALAXY J2 PRIME (G532M / G532F / G532G) agar berjalan lebih cepat?

 

SAMSUNG GALAXY J2 PRIME hadir dengan harga yang cukup murah. Untuk itu, maka mau tidak mau Samsung harus menggunakan prosesor yang biasa saja, dan pilihannya jatuh pada chipset besutan Mediatek dengan seri MT6737T, dengan prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53, meskipun begitu cukup bekerja dengan baik ketika menjalankan beberapa aplikasi penting. Lalu, apakabar ketika ponsel ini digunakan untuk bermain game?

SAMSUNG GALAXY J2 PRIME memiliki GPU (unit prosesor grafis) khusus Mali-T720MP2 sehingga sangat cukup untuk memainkan beberapa game simpel.

Namun ketika kamu mencoba untuk memainkan game berat seperti PUBG, Free Fire dll, maka sebaiknya kamu jangan berhapa lebih untuk bisa bermain game dengan lancer.

Selain karena dukungan prosesor GPU diatas, handphone ini juga hanya memiliki RAM sebesar 1,5 GB sehingga cukup sulit rasanya untuk bisa berakselerasi maupun untuk multitasking.

Kamu harus tahu bahwa beberapa aplikasi yang diinstal dari Google Play Store akan tetap berjalan di latar belakang untuk menunggu pembaruan data, seperti media social, chatting atau game.

Jika terlalu banyak dari aplikasi-aplikasi tersebut berjalan bersama, maka RAM dan sumber daya prosesor SAMSUNG GALAXY J2 PRIME menjadi tidak mencukupi dan membuat ponsel ini berjalan lambat bahkan terjadi hang.

Untuk itu, sebaiknya mau tidak mau kamu harus menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Jika kamu ingin membuat SAMSUNG GALAXY J2 PRIME kami berjalan lebih cepat lagi seperti baru, maka pertimbangkan untuk melakukan hardreset atau mencoba menghapus aplikasi-aplikasi bawaan (Bloatware) melalui bantuan pc seperti pada panduan di video berikut.

 

 

Bagaimana Cara Membuat Baterai SAMSUNG GALAXY J2 PRIME (G532M / G532F / G532G) Lebih Tahan Lama dan Tidak Cepat habis?

Baterai yang digunakan pada SAMSUNG GALAXY J2 PRIME ini hanya menggunakan kapasitas 2600 mAh saja. Tentu akan lebih baik memiliki baterai yang lebih besar untuk ukuran smartphone yang menggunakan layar LCD seukuran 5 inci, terlebih ketika kamu menggunakan dual simcard aktif secara bersamaan.

Ditambah dipakai untuk menonton film atau bermain game favorit, maka baterai SAMSUNG GALAXY J2 PRIME tidak akan kuat untuk memenuhi daya sehari penuh tanpa diisi ulang. Kamu harus melakukan beberapa penyesuaian seperti meminimalkan kecerahan layar serendah mungkin.

Pengaturan lain yang bisa kamu atur adalah menonaktifkan beberapa aplikasi yang menggunakan koneksi internet seperti GPS atau Wifi, karena koneksi pada aplikasi tersebut masih tetap aktif meskipun handphone kamu dalam keadaan siaga.

Jika ada beberapa aplikasi yang memang diperlukan untuk menggunakan GPS, maka cara terbaiknya adalah dengan mengatur untuk menggunakan atau mengaktifkan mode hemat baterai dari menu Pengaturan> Lokasi> Hemat baterai (matikan Akurasi tinggi).

 

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu ikuti untuk memecahkan masalah pada Samsung J2 Prime seperti bootlop, lupa pola, lupa sandi maupun untuk memaksimalkan kinerja seperti menghemat baterai dan memaksimalkan kecepatan pada Samsung J2 Prime kamu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar