Solusi Xiaomi Redmi Note 8 Pro Bootloop / Kedip Logo Redmi (BEGONIA)

Pada kasus yang saya tangani kali ini adalah sebuah ponsel Xiaomi Redmi Note 8 Pro (BEGONIA) dengan keadaan bootloop atau mentok pada logo Redmi dan akan saya atasi dengan cara flashing melalui Fastboot.

Kasus seperti ini biasanya terjadi gara-gara kesalahan pada firmware atau ROOM nya, dimana paling sering terjadi akbiat human error atau kesalahan yang dilakukan oleh pemilik ponsel itu sendiri.

 

Beberapa diantaranya adalah mencoba rooting ponsel atau mencoba upgrade versi firmware namun terjadi kegagalan pada prosesnya. Namun, tidak jarang juga ponsel bootloop karena terjadi kerusakan pada hardware.

 

Untuk itu, setiap kali saya memberikan tutorial mengenai perbaikan atau upgrade firmware, saya selalu menekankan untuk hati-hati dalam pelaksanaan nya karena ketika terjadi kesalahan maka bisa berakibat fatal.

 

 

Kembali ke pembahasan, seperti yang kita tahu Xiaomi Redmi 8 Pro ini termasuk ponsel Mid-Range dimana perangkat ini memiliki sistem anti-rollback nya sehingga sangat tidak disarankan untuk mendowngrade versi firmware.

 

Karena jika Kamu tetap nekat melakukan nya, maka kemungkinan besar akan terjadi hardbrick pada smartphone Kamu. Dan itu sudah cukup sulit untuk mengembalikan ponsel seperti keadaan semula, terlebih posisi ponsel belum melakukan Unlock Bootloader.

 

Untuk kasus disini, ponsel Redmi Note 8 Pro dalam keadaan bootloop atau kedip-kedip di logo Redmi sehingga ponsel tidak dapat masuk ke menu.

 

Namun beruntung nya, Bootloader ponsel ini sudah dalam keadaan unlock sehingga untuk proses flashing akan cukup mudah dilakukan. Untuk langkahnya, silahkan simak di uraian berikut:

 

Fix Redmi Note 8 Pro Bootloop, Stuck Logo atau Kedip Logo Redmi

Seperti yang sudah saya singgung diatas, cara ini khusus untuk ponsel Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang sudah dalam keadaan unlock bootloader nya.

 

Sedangkan untuk ponsel Kamu yang belum unlock bootloader, maka cara penananganan nya juga berbeda dan akan saya bahas di artikel lainnya.

 

Untuk artkel kali ini, saya akan bahas dulu kasus redmi Note 8 Pro yang bootloop menggunakan fastboot mode mengingat situasi ponsel sudah dalam keadaan unlock bootloader.

 

Sebetulnya bisa juga saya flashing menggunakan Mi Flash Tool, namun karena cara tersebut sudah sering saya bahas di tutorial lainnya, maka saya memutuskan untuk metode lainnya.

 

Download Fastboot Stock Rom Redmi Note 8 Pro (BEGONIA)

Untuk memulai tutorial ini, terlebih dahulu Kamu harus mengunduh file ROM/Firmware Redmi Note 8 Pro (Fastboot Room) dengan codename BEGONA ini.

 

Selain itu, Kamu diwajibkan memiliki sebuah PC/Laptop, dan jangan lupa sebuah keberanian untuk melakukan prakteknya, hehe.

 

Dibawah, saya sertakan dua file, silahkan pilih sesuai yang ingin Kamu gunakan.

 

  1. Redmi Note 8 Pro Global Room (4.1.0.PGGMIXM_20190920.0000.00_9.0_global)
  2. Redmi Note 8 Pro versi China (4.10.0.PGGCNXM_20191005.0000.00_9.0_cn)

 

Jika sudah di download salah satu ROM diatas, kemudian Ekstrak di Laptop Kamu.

 

Langkah 1. Persiapan flashing Redmi Note 8 Pro melalui Fastboot mode

Sebelum memulai, sebaiknya Kamu sudah menginstall Minimal ABD Fatboot nya. Jika belum, silahkan unduh disini.

 

Setelah itu, lalu Ekstrak ROM/Firmware yang telah di download tadi di PC/Laptop Kamu, pada praktek kali ini saya menggunakan ROM Global:

 

 

Silahkan buka folder hasil Ekstrak tadi, dan masuk ke folder images yang ada pada folder utama rom sehingga hasilnya akan terlihat seperti gambar diatas, jika kurang jelas, Kamu bisa lihat di gambar ini:

 

 

 

Langkah 2. Masuk ke Mode Fastboot

Jika langkah pertama sudah dilakukan, sekarang silahkan matikan ponsel. Lalu setelah ponsel sudah benar-benar off, nyalakan ponsel dalam mode fastboot.

 

Caranya adalah dengan menekan kombinasi tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan.

 

 

Kemudian, silahkan koneksikan ponsel dengan laptop Kamu menggunakan kabel data original atau kabel data lain yang masih berfungsi dengan baik.

 

Langkah 3. Flashing Xiaomi Redmi Note 8 Pro dengan Mode Fastboot

Sekarang, mari kita lanjut ke tahap inti. Tahap dimana kita akan mulai melakukan flashing.

 

Perlu diketahui juga, selain dengan motode ini bisa memperbaiki ponsel Redmi Note 8 Pro yang bootloop, juga dapat mengatasi hp Kamu yang terkunci pola, lupa sandi dan melakukan frp akun Google yang terkunci.

 

Pada langkah ini, saya akan bagi ke beberapa tahapan untuk mempermudah Kamu yang pertama kali melakukan flashing ponsel.

 

Jadi sebaiknya perhatikan setiap tahapannya supaya tidak terjadi kesalahan yang membuat ponsel Kamu bertambah parah.

 

So, kembali ke Disclaimer, bahwa saya (TeknoFlasher.com) tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu kesalahan diluar dugaan yang membuat ponsel Kamu justru menjadi bertambah parah keadaan nya. Jadi, jika benar-benar yakin dengan risiko yang ditimbulkan, silahkan lanjutkan. Namun, jika Kamu ragu, sebaiknya berikan pekerjaan ini kepada ahlinya.

 

Jika sudah yakin, mari kita mulai:

 

Pertama. Pada folder images yang telah di singgung di atas, Kamu akan menemukan banyak file .img.

 

Masih pada folder tersebut, kemudian tekan tombol Shift pada keyboard lalu klik Open command window here / Open PowerShell window here.

 

Lalu akan terbuka jendela baru berupa windows command, setelah terbuka, silahkan cek apakah ponsel sudah terbaca dengan benar, cara dengan memasukan perintah dibawah ini.

 

fastboot devices

 

Kemudian tekan Enter. Jika terdeteksi, maka pada layar akan menampilkan berupa deretan kode seperti ini:

 

 

Kalau tidak terdeteksi, biasanya masalah ada di driver atau kualitas kabel data yang memang tidak bagus. Silahkan cek kedua kemungkinan tersebut, lalu ulangi perintah diatas.

 

Kedua. Pada tahapan selanjutnya, kita akan mulai melakukan flashing. Silahkan masukan kembali sebuah perintah berikut di Powershell nya:

 

fastboot boot boot.img

 

Kemudian tekan Enter, perintah tersebut untuk mengeksekusi file bernama boot.img yang selanjutnya di copy kedalam partisi ponsel. Jika berhasil, maka dilayar akan tampak seperti ini:

 

Selanjutnya, masukan juga perintah berikut ini pada PowerShell nya:

 

fastboot flash system system.img

 

Diikuti dengan menekan tombol Enter, sehingga pada layar akan terlihat seperti ini:

 

Pada proses ini mungkin sedikit lebih lama, itu karena file yang di copy ukurannya cukup besar, hampir 70 persen nya ukuran keseluruhan file pada folder tersebut.

 

ika kita lihat, sekitar 3.3GB lebih. Jadi, silahkan tunggu prosesnya sampai benar-benar selesai.

 

Jika proses copy filenya selesai dan sukses, maka akan seperti ini:

 

Ketiga. Pada proses berikutnya, kita akan eksekusi file bernama vendor.img. Silahkan masukan perintah berikut ini:

 

fastboot flash vendor vendor.img

 

Seperti biasa, langsung tekan Enter untuk mulai eksekusi filenya. Jika berhasil, terlihat notifikasi “finished.” seperti ini pada layar:

 

Ke Empat. Lanjut ke langkah berikutnya, dimana kita masih berkutat di seputaran PowerShell/Adb. Sekarang kita eksekusi file berikutnya bernama cust.img, ketikan perintah berikut:

 

fastboot flash cust cust.img

 

Kemudian tekan Enter dan tunggu prosesnya hingga selesai.

 

Lalu setelah selesai dan dipastikan berjalan dengan sukses, maka sekarang lanjut untuk mengeksekusi file recovery nya. Seperti biasa, ketikan perintah lagi. Kali ini perintahnya seperti ini:

 

fastboot flash recovery recovery.img

 

Kemudian tekan Enter lagi sehingga proses flashing berjalan, dan setelah sukses akan tampak seperti pada gambar ini:

 

Ke Lima. Selanjutnya pada tahap terakhir, silahkan reboot ponsel dengan mengetikan perintah ini:

 

fastboot reboot

 

Secara otomatis Xioami Redmi Note 8 Pro Kamu akan merestart dan kemudian ponsel akan kembali menyala dalam keadaan normal, tidak bootloop atau kedip-kedip di logo Redmi lagi seperti kondisi sebelumnya.

 

Jika sudah demikian, maka proses flashing berjalan dengan baik.

 

 

Sampai disini, maka proses Fix Xiaomi Redmi Note 8 Pro bootloop telah selesai Kamu lakukan. Selanjutnya, silahkan seting ponsel seperti biasanya.

 

Dan usahakan jika sebelumnya Kamu menggunakan akun Mi, sebaiknya Kamu juga masih ingat email maupun password untuk login nya.

 

Karena pengalaman saya, jika sebelumnya ponsel telah login ke Akun Mi dan melakukan flashing/Reset ponsel tanpa logout terlebih dahulu, maka ketika ponsel sukses di flashing dan dinyalakan akan terkunci akun Mi nya.

 

Sekian artikel tutorial mengatasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro Bootlop ini, semoga bermanfaat untuk Kamu yang memang sedang mengalami masalah yang sama. Semoga bermanfaat.

2

7 pemikiran pada “Solusi Xiaomi Redmi Note 8 Pro Bootloop / Kedip Logo Redmi (BEGONIA)”

Tinggalkan komentar