Solusi Coolpad E570 Bootloop dan Stuck di Fastmmi Mode Up Down setelah Flahing

Kali ini saya update kembali artikel tutorial dimana yang akan dibahas adalah ponsel asal vendor cina yaitu Coolpad E570 yang datang dalam keadaan stuck logo atau biasa kita menyebutnya Bootloop.

HP ini saya beli melalui forum jual beli di facebook seharga 75 ribu dengan kondisi seperti itu, saya berpikir masih bisa memperbaikinya entah itu dari software atau terburuknya harus bongkar-bongkar mesin.

 

 

Jika kamu kebetulan memiliki ponsel yang sama dengan keadaan seperti ini, maka artikel ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi HP Coolpad E570 bootloop dan mengalami stuck di Fastmmi mode up down.

 

Fastmmi mode sendiri biasanya terjadi jika kita sudah melakukan flashing pada ponsel coolpad, bukan E570 saja, namun untuk tipe lain juga sering terjadi kesalahan seperti ini pada kebanyakan ponsel merk Coolpad.

 

Oke, untuk memulai flashing, kita akan menuju ke proses selanjutnya.

 

Oya, selain untuk mengatasi bootloop, cara ini juga bisa kamu lakukan jika ponsel Coolpad E570 dalam keadaan:

 

  1. Mati total akibat kesalahan software (booting)
  2. Ngehang
  3. Lupa pola dan sandi layar
  4. Lemot
  5. Melakukan Hardreset, Dll.

 

Untuk kamu yang akan mengikuti tutorial ini, sebaiknya persiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan berikut ini:

 

Bahan dan Alat yang dibutuhkan

  1. PC/Laptop
  2. Kabel data
  3. MT65xx USB VCOM DRIVERS
  4. ROM/Firmware Coolpad E570
  5. Fix File Fastmmi Mode UP Down Coolpad E570
  6. SP_Flash_Tool

 

Persiapkan semua bahan diatas, khusus untuk VCOM DRIVER dan SP_FLASH_Tool nya, silahkan install di Laptop kamu supaya ponsel nantinya bisa terdeteksi di Laptop.

 

Mengatasi Coolpad E570 Bootloop dan Stuck di Fastmmi Mode Up Down

Jika semua alat bahan tersebut telah kamu persiapkan, selanjutnya kita akan mulai proses flashing nya.

 

Silahkan ikuti langkah demi langkah nya secara teliti, karena sedikit kesalahan mungkin akan membuat Coolpad E70 kamu menjadi lebih parah kondisinya.

 

Mati total adalah kemungkinan yang paling buruk, meskipun bisa dilakukan unbrick melalui cara yang sama.

 

Pada langkah ini, saya harap kamu sudah paham dan sudah melakukan install untuk VCOM DRIVER dan SP_FLASH_Tool nya, karena untuk bagian ini tidak akan saya bahas.

 

Jika kamu tidak mengerti cara install kedua bahan diatas, saya anggap kamu belum pernah melakukan cara flashing sama sekali, mengingat cara install nya sangat dasar seperti install software pada umumnya dan sering dilakukan oleh user yang pemula sekalipun.

 

Namun jika tetap nekat ingin melakukannya, sebaiknya silahkan cari tutorial khusus cara install kedua bahan diatas. Jadi, pada langkah ini, saya akan langsung ke tutorial ini yaitu flashing dan fix Fastmmi mode di Coolpad E570 ini.

 

Langkah 1. Buka dan seting SP_FLASH_Tool

Silahkan ekstrak firmware yang telah kamu download tadi, kemudian silahkan buka SP Flash Tool nya seperti ini:

 

 

Selanjutnya, pada bagian “Download-Agent“, Klik tombol choose yang ada di sebelah kanan nya, lalu arahkan ke file MTK_AllInOne_DA.bin yang ada di folder SP_Flash_Tool nya.

 

Setelah itu di bagian “Scatter-loading File” klik juga tombol choose dan arah ke file bernama MT6737M_Android_scatter.txt yang terdapat di folder Firmware/ROM yang telah kamu ekstrak sebelum nya. Sedangkan untuk bagian Authentication File nya dikosongkan saja.

 

Kemudian pilih “Download Only” Lalu ikuti pengaturan seperti ini:

 

  1. Hilangkan centang pada bagian preloader
  2. Hilangkan centang pada bagian cache

 

Setelah itu, klik tombol “Download“. Lanjut ke langkah 2.

 

Langkah 2. Flashing Coolpad E570 via SP FLASH Tool

Setelah kamu klik tombol download pada SP_Flash_Tool nya, lalu siapkan ponsel. Jika ponsel dalam keadaan hidup, matikan terlebih dahulu atau kamu dapat secara langsung dengan mencabut konektor baterai pada mesin ponsel nya.

 

Setelah itu, Tekan tombol volume atas sembari koneksikan ponsel pada PC/Laptop melalui kabel USB nya. Namun, jika ponsel dalam keadaan matot, maka kamu cukup langsung konekan saja ponsel tanpa menekan tombol apapun.

 

Jika berhasil, maka secara otomatis Flash Tool akan mendeteksi ponsel dan mulai melakukan flashing pada ponsel.

 

 

Jika sudah seperti ini, itu artinya proses flashing sedang berjalan. Kamu cukup tunggu sampai prosesnya selesai, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat proses copy file kedalam sistem ponsel cukup besar ukuran nya.

 

Setelah selesai, maka pada SP_Flash_Tool nya akan terdapat notifikasi “Download OK” seperti ini:

 

 

Sampai disini, proses flashing HP Coolpad E570 Bootlop atau Mati total telah selesai. Silahkan cabut ponsel dari kabel USB dan coba nyalakan seperti biasa.

 

Namun jika ternyata ketika ponsel sudah dinyalakan dan hanya stuck di tulisan up down seperti ini:

 

 

Itu artinya ponsel kamu stuck di Fastmmi mode sehingga butuh penanganan lebih lanjut. Oke, untuk mengatasinya, kita lanjut ke tahap berikutnya.

 

Mengatasi Coolpas E570 Stuck di tulisan Up Down (Fastmmi Mode)

Saya sendiri kurang mengerti bagaimana kebanyakan ponsel coolpad sering stuck di fastmmi mode ketika proses flashing sudah sukses. Namun, untuk memperbaikinya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

 

Langkah pertama, silahkan ekstrak file Fix File Fastmmi Mode yang telah saya sediakan diatas, setelah itu kembali koneksikan ponsel dengan PC/Laptop dalam keadaan masih menyala.

 

Kemudian buka folder hasil ekstrak tadi dimana didalam nya terdapat folder tool_2P dan buka, sehingga kamu menemukan file-file seperti ini:

 

 

Kemudian klik dua kali pada file bernama exit fastboot.bat sehingga muncul tampilan seperti ini:

 

 

Setelah itu, ketik angka satu (1) pada keyboard dan tekan ENTER, tunggu prosesnya sampai selesai.

 

Jika pada tampilan sudah menunjukan seperti ini:

 

 

 

Maka secara otomatis ponsel akan restart, kemudian akan masuk ke menu setingan utama. Silahkan seting ponsel seperti biasanya sampai masuk ke menu utama.

 

 

Sampai disini tutorial Cara flash Coolpad E570 Bootloop dan stuck di tulisan up down (Fastmmi Mode) telah selesai kamu lakukan. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan hp E570 nya kembali tanpa ada masalah.

 

Silahkah share postingan ini jika kamu pikir bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar