Review Samsung Galaxy A21s, Fiturnya cocok buat jualan online

Ini dia Samsung Galaxy A21s versi baru. Ya, saya bilang ‘versi baru’ karena A21s ‘kan sebenarnya sudah pernah rilis pada pertengahan tahun 2020.

Samsung A21s yang baru ini katanya sih menargetkan untuk para pelaku UMKM atau bagi mereka yang berjualan online yang memiliki online shop atau menjual produknya di e-commerce di mana biasanya mereka itu mencari jenis smartphone yang memang pas untuk kebutuhan mereka.

 

Smartphone-nya tidak “lelet”, kamera proper untuk foto-foto produk, memory lega dan banyak lagi. Nah, apakah Samsung A21s ini yang mereka cari?

 

 

 

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A21s

 

JARINGAN
TeknologiGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
Jaringan 2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
Jaringan 3GHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Jaringan 4G1, 2, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40, 41
KecepatanHSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A
DIUMUMKAN
Rilis PadaMei 2020
StatusTersedia
BODY
Dimensi163.7 x 75.3 x 8.9 mm (6.44 x 2.96 x 0.35 in)
Berat192 g
BahanKaca bagian Depan, Bagian belakang plastik, plastik frame
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR
TipePLS IPS
Ukuran6.5 inci
Resolusi720 x 1600 pixels
Proteksi
PLATFORM
OSAndroid 10 dengan interface One UI 2.0
ChipsetExynos 850 (8nm)
CPUOcta-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52
MEMORI
Internal32GB 2GB RAM, 32GB 3GB RAM, 64GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM, 64GB 6GB RAM, 128GB 3/4/6GB RAM – eMMC 5.1
EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
KAMERA BELAKANG
Tipe KameraQuad
Kamera Wide48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
Kamera Ultrawide8 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
Kamera Makro2 MP, f/2.4
Kamera Telephoto2 MP, f/2.4
Kamera Ultra Telphoto
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected]
KAMERA DEPAN
Tipe KameraSingle Camera
Kamera Wide13 MP, f/2.2
FiturHDR
Video[email protected]
SUARA
loudspeakerYa
3,5mm JackYa
Fitur
KOMUNIKASI
Wi-FiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYa, dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYa
RadioYa
USBUSB Type-C 2.0
FITUR
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAI
KapasitasLi-Po 5000 mAh, baterai tanam
ChargingFast charging 15W
Tipe
LAIN-LAIN
WarnaPutih, Hitam, Biru dan Merah
ModelSM-A217F, SM-A217F/DS, SM-A217F/DSN, SM-A217M, SM-A217M/DS
PERKIRAAN HARGA
Varian 16/128GB – Rp2.949.000
Varian 26/64GB – Rp2.779.000
Varian 13/32GB – Rp2.315.000

 

 

Desain & Dimensi

Oke, pertama-tama kita melihat desain dan dimensi-nya dulu ya. A21s yang baru ini juga memiliki varian warna baru yaitu Silver.

 

Hal ini mengingatkan saya dengan varian Silver-nya A51 dan A71 yang versi baru juga, sangat mirip. Hanya saja, saat dipegang-pegang lagi bodi belakangnya ini ada yang berbeda ternyata.

 

 

Sekarang dibuat lebih doff atau matte. Jadi, memang terasa tidak licin, di-grip tangan juga enak. Tidak membekas sidik jari dan kelebihan nya itu kalau bodi doff seperti ini, efeknya terasa menjadi lebih tahan benturan atau goresan.

 

Jadi, kalau tidak dipakaikan case pun sepertinya masih aman-aman saja. Untuk dimensinya, smartphone ini memiliki ukuran layar pada 6.5″ yang menurut saya sih sudah sangat lega untuk banyak aktivitas.

 

 

Untuk main sosmed, menonton film streaming, bermain game dan bahkan untuk Kamu yang biasa menggunakan smartphone untuk berjualan online, semisal untuk membalas chat atau pertanyaan dari calon pembeli hingga untuk mengatur katalog produk di online shop atau di e-commerce layar 6.5″ ini sudah lebih dari cukup.

 

Tapi kalau dikatakan atau membahas soal layar itu kan tidak sekadar masalah ‘lega’ saja tapi dari segi visual-nya juga harus enak untuk dilihat. Nah, kalau bicara soal ‘visual’, Samsung One UI 2.1 di smartphone ini memang sudah sangat “memanjakan” mata.

 

Dengan hiasan Ikon-nya yang lebih besar, pengaturan juga dibuat simple sehingga orang awam yang baru memakai smartphone ini tidak akan bingung dengan Samsung One UI 2.1 ini.

 

 

Layar

Yang sangat disayangkan adalah jenis layarnya ini menggunakan PLS TFT alias bukan AMOLED. Tapi, ketika tahu kalau ini bukan AMOLED saya hampir tidak menyangka loh karena tone warnanya asli sangat enak.

 

Warna hitamnya juga cukup pekat. Memang tidak sebagus dengan AMOLED tapi dari segi visual, ini masih terbilang cukup oke.

 

 

Untuk kinerjanya sendiri, smartphone ini ditenagai oleh Exynos 850. Ketika menyinggung soal SoC ‘Exynos’, ini kan SoC buatan Samsung sendiri dan juga dari dapur sendiri maka seharusnya sudah cukup optimal untuk menjalankan sistem dan juga aplikasi-aplikasi bawaannya. Apalagi ditunjang juga dengan RAM 6GB.

 

 

Kapasitas Ram

Pada bagian ini, sokongan RAM 6GB di smartphone Android sekarang ini sudah cukup lega untuk dipakai banyak aktivitas. Semisal dipakai untuk buka-tutup aplikasi, multitasking smartphone ini sudah bias dikatakan tanpa kendala.

 

Bahkan, ketika mencoba membuka sekitar 10-15 aplikasi besar, banyak sekali RAM yang masih tersisa, yakni sekitar 2.5GB, itu artinya masih cukup ada ruang supaya sistem-nya itu “bernafas”, karena kalau sistem itu terlalu penuh memori-nya hal tersebut akan sangat mempengaruhi kinerjanya.

 

 

Jadi, kinerjanya lebih lambat. Untungnya, dengan RAM 6GB ini, sudah bisa mengantisipasi hal-hal seperti itu. Hal tersebut karena kalau kita bicara soal ‘jualan online’ biasanya akan memakai smartphone untuk membuka banyak aplikasi media sosial yang sedang di-manage.

 

Selain itu juga pasti harus membuka banyak aplikasi e-commerce yang kita tahu aplikasi-aplikasi tersebut setidak nya membutuhkan ruang yang cukup banyak. Jadi, supaya multitasking-nya lebih terjaga dan lebih lancar maka dengan bantuan RAM lebih besar itu akan sangat sangat membantu.

 

 

Kamera

Nah, kalau bicara smartphone untuk jualan online hal yang paling sering dipertanyakan itu adalah kamera-nya. Siap tidak untuk foto-foto produk yang menarik? Jadi, Samsung A21s ini memiliki konfigurasi kamera yang cukup lengkap yang bisa memenuhi kebutuhan jepret-jepret produk. Ada 4 kamera di sini.

 

 

Kamera utamanya ini bisa mengambil foto dengan resolusi maksimal 48MP. Benefit-nya kalau Kamu memakai kamera dengan resolusi yang super tinggi, Kamu akan bisa mendapatkan detail yang cukup tajam pada obyek.

 

Selain itu, resolusinya tidak pecah ketika dilakukan zoom. Intinya, jika Kamu ingin meng-crop lagi, itu masih sangat bisa dilakukan. Kemudian, dari segi warnanya juga kamera Samsung ini cukup menyenangkan untuk tone warnanya.

 

Asik sekali, apalagi kemampuan HDR-nya yang mantap terutama pada foto-foto outdoor warnanya sudah cukup oke untuk mempromosikan produkmu di sosial media.

 

 

Sebenarnya warnanya ini lebih dekat ke natural sih. Tidak terlalu gonjreng, tapi masih cukup instagramable. Jika Kamu merasa kurang puas dengan hasil foto dari segi warnanya, Kamu masih bisa meng-edit lagi melalui editor bawaannya dari Gallery.

 

Jadi, tidak perlu install aplikasi tambahan lagi langsung di-edit dari Gallery dan Kamu pun bisa mengatur-ngatur Saturasi, White Balance, Exposure sesuai keinginan supaya membuat hasil fotonya lebih bagus lagi.

 

Tidak ketinggalan, ada kamera Ultra-Wide Angle untuk Kamu yang ingin mengambil angle yang tidak biasa seperti angle yang super lebar ya

 

Seperti yang kita tahu, kamera Ultra-Widenya Samsung itu memang mempunyai sudut pandang yang cukup lebar, cukup wide dibandingkan smartpone lain di kelasnya.

 

Memang sangat terasa sekali sih. Memakai kamera lensa Ultra-Wide ini pun warnanya masih terjaga dengan kuat. Mungkin yang agak ‘kurang’ dan agak ‘menurun’ itu dari segi ketajamannya di mana tentu tidak setajam kamera utamanya.

 

Nah, jika Kamu lebih suka foto-foto dari jarak dekat, Samsung Galaxy A21s ini juga memiliki kamera Macro yang mana kalau kamera utama itu tidak bisa menangkap fokusnya dari jarak yang super dekat, maka kamera Macro ini sangat bisa membantu.

 

Hal yang cukup mengesankan adalah dari segi warnanya yang tetap terjaga. Ya, selain konfigurasi 4 kamera tadi ada beberapa fitur dari software kamera bawaannya yang menurut saya akan sangat membantu untuk mengambil foto dengan angle atau komposisi yang pas, seperti ada semacam titik bantu kalau Kamu membuka pada aplikasi kamera bawaan Samsung Galaxy A21s ini yang memungkinkan Kamu untuk mengambil framing yang tepat. Jadi, untuk foto tegak-lurus, foto Portrait frame-nya itu bisa sangat tepat.

 

Selain itu, kalau Kamu mengulik-ulik lagi pada bagian tab More, Kamu akan menemukan Mode Makanan. Jadi, Mode Makanan ini akan membantu untuk mengambil foto-foto makanan yang lebih estetik dan lebih instagramable, tidak cuma dari segi warnanya yang dinaikkan atau yang lebih dibuat bagus, tapi dari segi angle, juga bias dibuat lebih “dramatis” di mana obyek makanan Kamu akan fokus dan yang di sekelilingnya akan dibuat sedikit blur. Jadi, mirip-mirip Live Focus tapi khusus untuk obyek makanan.

 

Oke, video kamera belakang Samsung Galaxy A21s juga bisa merekam video sampai resolusi maksimal pada Full HD 1080p 30fps. Getar-getarnya masih sangat terasa karena smartphone ini tidak dibekali dengan EIS atau Stabilizer. Jadi, kalau dipakai sambil berjalan akan masih terasa sekali goyang-goyangnya. Untuk autofocus-nya sudah lumayan cepat.

 

Jadi, salah satu kelebihannya ini adalah bisa memakai lensa Ultra-Wide ketika merekam video. Nah, video dari kamera depan Samsung Galaxy A21s ini juga sama-sama bisa merekam video dengan resolusi maksimal yakni Full HD 30fps.

 

Ini yang sangat disukai, Angle-nya sangat lebar. Kiri-kanan, atas-bawah itu terlihat lebih lega. Tangan saya tidak perlu terlalu maju untuk bisa mendapatkan angle yang cukup lebar seperti ini.

 

Untuk tone warna kulit wajah juga tidak terlalu gonjreng dan ini masih enak untuk dilihat. Hanya saja kalau dipakai sambil berjalan masih terasa ada goyang dan getar sedikit.

 

Tapi kalau dilihat-lihat sih tidak separah getar-getarnya saat merekam video dengan memakai kamera belakang. Pengambilan foto dengan kamera 48MP itu memang enak sehingga detail pada gambar lebih dapat. Tajam pokoknya.

 

Tapi, konsekuensi-nya ketika Kamu menjepret dengan kamera 48MP itu akan menghabiskan memory atau storage yang lumayan. Sekali jepret saja bisa menghabiskan sekitar 19-20MB. Bayangkan kalau Kamu foto-foto produk sekitar 10-20 foto setiap hari. Yaa bisa dihitung sendiri konsumsi storagenya berapa.

 

 

Storage & Memory

Nah, Samsung juga mengantisipasi hal ini dengan memberikan storage yang lebih besar. Jadi, A21s yang baru ini sekarang hadir dengan Storage 128GB.

 

Menurut saya ini sudah sangat lebih dari cukup untuk sekedar menyimpan foto, video atau untuk menginstall aplikasi yang menurut Kamu dibutuhkan.

 

Seperti contohnya aplikasi edit foto, aplikasi untuk mengatur keuangan, beberpa aplikasi e-commerce dan aplikasi kebutuhan lainnya kalau misal di aplikasi bawaannya tidak ada.

 

 

Oh ya, satu hal lagi yang tidak kalah penting dan sepertinya itu sangat harus ada pada smartphone yang akan Kamu pakai untuk berjualan online, yaitu baterai dengan kapasitas besar.

 

Ini sangatlah penting karena namanya aktivitas jualan online pasti aktivitas-nya cukup intens ya seperti contohnya untuk komunikasi untuk chatting, untuk mengambil foto atau video untuk memanage media sosial dan masih banyak lagi yang mana itu semua membutuhkan daya yang tidak sedikit.

 

 

Baterai

Samsung Galaxy A21s ini sudah dibekali kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 5000 mAh, itu kenapa bodi smartphone ini lumayan tebal karena kapasitas baterai-nya besar juga.

 

Dari kapasitas baterai sebesar ini, saya pastikan bisa memakai smartphone inikurang lebih 1 hari. Dengan kapasitas sebesar itu juga smartphone ini bisa pakai untuk aktivitas-aktivitas yang cukup intens selain manage media sosial, seperti untuk menonton film saat luang, bermain game juga, hingga editing video, dan menurut saya aktifitas seperti itu sudah melebihi dari kata ‘intens’ namun lebih ke extreme.

 

Dari pola penggunaan tadi, kamu bisa dapatkan Screen On Time itu yang cukup lama yaitu kisaran 9-10 jam.

 

 

Nah, untuk charger bawaannya sendiri, ini sudah cukup kencang, meskipun tidak terlalu kencang juga sih tapi namanya Adaptive Fast Charging.

 

Dimana intinya charger-nya ini 15W, Adaptive Fast Charging yang menurut Samsung mungkin sudah cukup kencang ya. Dipakai mengisi baterai kapasitas 5000 mAh dari 10% sampai 100% itu butuh waktu kurang lebih 2 jam 2 menit.

 

 

Kesimpulan

Oke, jadi terjawab ya Samsung Galaxy A21s ini memiliki apa yang dibutuhkan oleh mereka-mereka yang mencari smartphone untuk berjualan online.

 

Layar lebih lega, Memory lebih besar, Kamera yang bisa menangkap detail juga tajam dan tak ketinggalan baterai yang bisa dipacu seharian.

 

Ya, Samsung Galaxy A21s ini cukup recommended untuk Kamu yang ingin memulai usaha kecil atau jualan online tapi membutuhkan smartphone yang bisa menunjang produktivitas Kamu.

 

Tapi, kalau melihat spesifikasi-nya secara keseluruhan memang Samsung Galaxy A21s ini tidak didesain untuk semua orang terutama untuk Kamu yang mencari smartphone kelas menengah tapi sangat mengejar performanya, sangat mengejar untuk keperluan main game.

Tinggalkan komentar