Penyebab HP Mati Sendiri Yang Mudah Diketahui Sendiri

Penyebab HP Mati Sendiri menjadi pencarian yang paling banyak dilakukan pengguna internet, karena ternyata banyak pengguna yang pernah mengalami masalah ini. Terutama yang pekerjaan sehari-harinya tergantung pada perangkat komunikasi yang satu ini. Karena akan sangat merepotkan saat mengalaminya di waktu yang sangat memerlukan kinerja handphone.

Terutama disaat sekarang hampir semua lini pekerjaan membutuhkan bantuan perangkat handphone agar dapat berjalan dengan lancar. Baik kegiatan belajar mengajar, mencari nafkah, jualan online, berkomunikasi dan lain sebagainya.

 

5 Penyebab HP Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Mati Sendiri ini ada banyak, baik pada handphone yang baru maupun handphone yang lama. Meskipun teknologi yang digunakan sudah sangat mumpuni, namun kenyataannya masih ada beberapa celah yang luput. Beberapa penyebab tersebut, adalah :

  • Karena Sistem Aplikasi Yang Rusak

Kerusakan yang dialami oleh perangkat lunak seringkali menjadi penyebab bug dan virus yang membuat HP menjadi mati sendiri. Itulah sebabnya aplikasi sering meminta pengguna untuk melakukan update secara berkala. Agar memperbaiki bug firmware yang mungkin terjadi.

  • Penyebab HP Mati Sendiri Karena Overheat

Overheat adalah kondisi dimana handphone saat disentuh terasa panas. Jangan sepelekan saat handphone yang digunakan menjadi panas karena dapatmenjadi penyebab HP mati sendiri. Hal ini diakibatkan handphone bekerja terlalu keras.

Overheat juga dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat lunak dan perangkat keras pada handphone. Suhu normal pada handphone yang digunakan adalah 40 derajat celcius, usakan jangan sampai melebihi suhu tersebut. Karena bukan hanya rusak namun juga dapat meledak karena overheat.

Ketika handphone panas, aktifkan mode hemat daya sehingga kinerja ponsel menjadi jauh lebih ringan. Matikan juga GPS, Wifi dan juga bluetooth yang juga turut menjadi penyebab HP mati sendiri. Sebaiknya juga menggunakan charger fast charging yang dapat mengisi daya dengan cepat.

  • Kondisi Baterai Yang Drop

Baterai yang drop ini dapat ditandai dengan mudah karena saat sedang menggunakan handphone kemudian mendadak mati sendiri dan susah hidup kembali. Namun bisa juga disebabkan karena kondisi baterai yang digunakan sudah tidak baik seperti pada handphone yang sudah berumur lama atau tua.

Ketika tiba-tiba persentase baterai yang cepat sekali menurun, padahal tidak digunakan sama sekali. Resikonya dari baterai drop ini adalah dapat menjadi penyebab HP mati sendiri. Cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan menggantinya dengan baterai yang baru, namun jika kondisi baterai masih bagus tinggal diisi daya kembali.

  • Banyak Menimbun File Sampah

Kemudian hal lainnya adalah karena menimbun banyak sampah cache. File sampah yang disimpan oleh ponsel secara otomatis ini akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih berat dan lemot. Sehingga mengganggu kenyamanan pengguna.

Selain itu juga efek buruk timbunan sampah ini dapat menjadi penyebab HP mati sendiri. Itulah sebabnya jangan malas untuk membersihkan sampah cache ini dari perangkat. Sehingga kinerjanya menjadi lebih ringan dan lancar.

  • Disebabkan Karena Efek Samping Root

Agar dapat mengakses seluruh sistem ponsel yang sebelumnya terbatas, pengguna kerap melakukan root pada handphone yang digunakan. Root ini sebenernya adalah tindakan yang membahayakan ponsel karena merubah dengan paksa.

Akses yang berlebihan pada sistem perangkat keras atau hardware juga dapat menjadi penyebab HP mati sendiri. Sebaiknya saat melakukan proses root dilakukan di PC agar terhindar dari risiko kerusakan pada ponsel. Tindakan ini dapat menyebabkan garansi yang dimiliki perangkat menjadi hilang jika ada kerusakan.

 

5 penyebab HP mati sendiri tadi dapat dijadikan panduan agar tidak mengalami kejadian yang sama. Meskipun masih ada penyebab lain yang lebih spesifik, namun 5 penyebab tadi adalah yang paling sering menjadi pemicunya.

Tinggalkan komentar