Mengatasi Wifi, Bluetooth dan Hotspot tidak Berfungsi di Xiaomi Redmi Note 5a

Mungkin Kamu yang menggunakan HP Xiaomi Redmi Note 5a pernah mengalami bagaimana fitur yang berhubungan sensor wifi tidak berfungsi sama sekali, mulai dari wifi itu sendiri, bluetooth dan hotspot semua tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Hal ini disebabkan berbagai faktor yang berhubungan dengan software, entah itu efek dari bypass mi cloud ataupun dengan tidak sempurna nya ketika melakukan software ulang atau install ROM.

 

 

Meskipun pada kenyataan nya, masalah tersebut bisa saja terjadi pada bagian hardware, misal terjadi short di kapasitor area IC, atau langsung berhubungan dengan IC PA yang menyebabkan wifi menjadi lemah bahkan tidak berfungsi sama sekali.

 

Jika Kamu kebetulan sedang belajar menjadi teknisi ponsel, Saya sendiri selalu menyarankan jika terjadi kasus seperti ini maka yang harus kita maksimalkan terlebih dahulu adalah bagian softwarenya, jika software sudah tidak menolong sama sekali maka Kamu boleh menganalisa lebih lanjut ke bagian Hardwarenya.

 

Kembali ke masalah inti, jika Kamu mengalami hal tersebut maka Saya akan memberikan solusi pada artikel ini, jadi silahkan baca artikel dengan teliti.

 

Pendahuluan dan Disclaimer

Diatas telah Saya singgung, jika menemukan kasus seperti ini, maka kita harus memaksimalkan di bagian software terlebih dahulu. Maka disini Saya mencoba untuk fix wifi melalui sebuah file khusus dimana nantinya akan kita flashing menggunakan MiFlash dan akan kita gunakan di Mode EDL 9008 atau yang biasa kita sebut metode Test Point.

 

Seperti biasa, sebelum lanjut ke tutorial inti, maka Kamu harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan wajib yang bisa Kamu unduh di bagian artikel ini.

 

Selain itu, tidak bosan Saya juga memberikan Disclaimer bahwa dengan menggunakan metode ini juga tentunya akan terdapat risiko yang mungkin ditimbulkan.

 

Misalnya terjadi kesalahan flashing atau kesalahan di bagian tekhnis nya yang bisa menyebabkan HP menjadi bootloop bahkan ke tingkat terburuk HP menjadi mati total. Jadi sebaiknya Saya sarankan Kamu sudah terbiasa melakukan pekerjaan ini.

 

Bahan-bahan Fix Wifi Bluetooth Redmi Note 5a

 

  1. Laptop/PC
  2. Pinset/Kabel tembaga
  3. File Fix Wifi,Bluetooth (Unduh dan Ekstrak)
  4. MiFlash2018 (Unduh dan Ekstrak) atau jika tidak cocok bisa menggunakan MiFlash 2016 (Unduh dan Install)

 

Jika Kamu baru pertama melakukan pekerjaan ini, silahkan install terlebih dahulu driver Qualcomm dibawah ini

 

  1. Qualcomm Driver: (Unduh dan Install)

 

Silahkan siapkan bahan tersebut, lakukan penginstalan untuk file yang memang perlu di install di PC/Laptop Kamu. Setelah semua selesai dan bahan sudah siap digunakan, silahkan lanjut ke step berikut nya.

 

Fix Wifi, Bluetooth dan Hotspot Xiaomi Redmi Note 5a

Di langkah ini, maka Kamu wajib sudah menyiapkan semua peralatan nya. Dan pada tutorial ini akan Saya bagi menjadi beberapa langkah, silahkan ikuti tanpa ada yang dilewatkan.

 

Langkah 1. Test Point Xiaomi Redmi Note 5a

Diatas sudah Saya sebutkan jika pada cara ini Saya akan menggunakan metode EDL Mode (Test Point).

 

Apa itu test point, silahkan baca penjelasan nya artikel berikut ini.

 

Untuk melakukan ini, Kamu harus membuka tutup belakang ponsel karena nantinya Kamu akan melakukan short contact pada bagian PCB/mesin HP dengan bantuan pinset atau/kabel tembaga.

 

Pada bagian ini Saya anggap Kamu sudah bisa melakukan pekerjaan tersebut, dan untuk titik point yang akan kita gunakan adalah seperti pada gambar yang Saya tunjukan dengan tanda merah dibawah ini:

 

 

Pertama, jika kondisi hp sudah seperti ini, silahkan masukan kabel data ke port charger hp nya terlebih dahulu. Kemudian, tempelkan masing-masing ujung pinset atau kabel tembaga pada kedua titik yang ditandai tersebut.

 

Tahan sambil masukan ujung kabel data satunya ke port USB di PC/Laptop nya. Usahakan pinset jangan sampai lepas dari kedua titik tersebut sebelum di PC/Laptop nya terdeteksi driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COM3) seperti pada gambar dibawah ini.

 

 

Catatan: Untuk teks yang di tandai merah itu nilainya tidak selalu sama, bisa COM1,COM2 dan seterusnya. Yang penting PC/Laptop sudah mendeteksi driver tersebut maka proses flashing sudah bisa dilakukan.

 

Usahakan driver terinstall secara sempurna, jangan sampai ada tanda seru di pinggirnya.

 

Setelah selesai, silahkan buka MiFlash nya, disini Saya menggunakan MiFlash versi 2016, karena sudah Saya coba menggunakan versi 2018 ternyata tidak bisa.

 

Langkah 2. Flashing Redmi Note 5a

Setelah terbuka, kemudian klik tombol Browse di MiFlash, lalu arahkan ke folder dimana file fix wifi di ekstrak sebelumnya. Jika sudah, hasilnya akan menjadi seperti ini:

 

 

Setelah itu, klik tombol Refresh sehingga MiFlash akan mendeteksi driver yang sama persis seperti yang tadi Kamu lihat di device manager PC/Laptop nya. Pada contoh kali ini seperti yang digambar sebelumnya yaitu (COM3):

 

 

Penjelasan: Klik Refresh pada tanda nomor 1 dan akan terdeteksi driver di bagian tanda nomor 2. Kemudian Pilih Flash all seperti pada tanda nomor 3. Lalu terakhir di tanda nomor 4, silahkan klik Flash.

 

Proses flashing tidak memakan waktu yang lama, itu karena file yang di copy ke ponsel ukuran nya terbilang kecil. Jika sukses, maka akan terdapat notifikasi success seperti ini:

 

 

Jika sudah seperti ini, silahkan cabut kabel data dan coba nyalakan ponsel seperti biasa. Jika ponsel tidak mau menyala, coba cabut dan pasang ulang socket baterai pada mesin.

 

Hal ini sering terjadi untuk flashing yang menggunakan metode test point, sedikit membuat panik padahal itu hal yang normal, tinggal lakukan saja pasang ulang socket baterai nya.

 

Jika sudah menyala, silahkan coba untuk menyalakan wifi,bluetooth dan hotspotnya, jika permasalahan ada di software biasanya dengan cara ini langsung semua permasalahan tersebut bisa dipecahkan.

 

Namun jika ternyata wifi dan lainnya masih tidak berfungsi, maka Kamu boleh mencurigai ke bagian hardwarenya.

 

Sebetulnya bisa saja menggunakan cara mode fastboot, namun Saya sengaja memberikan contoh menggunakan test point di redmi note 5a ini, karena Saya pikir tidak semua yang mengalami masalah seperti ini keadaan ponsel nya sudah dalam keadaan unlock boorloader.

 

Jadi supaya tidak membuat bingung yang hp nya masih lock bootloader, Saya menggunakan edl Mode.

 

Jika Kamu masih bingung dengan tutorial diatas, silahkan coba tonton video dibawah ini. Jangan lupa untuk men-SUBSCRIBE Channel nya ya.

 

 

Sampai disini, tutorial mengatasi Wifi, Bluetooth dan Hotspot pada Xiaomi Redmi Note 5a telah selesai. Jika Kamu merasa terbantu, silahkan bagikan artikel ini ke teman dan saudara yang mengalami permasalahan yang sama agar mereka ikut merasakan juga manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar