Lengkap dengan Gambar, Cara Root dan Install TWRP di HP Samsung Galaxy S8/S8+

Samsung Galaxy S8 merupakan salah satu ponsel yang menjadi primadona di awal tahun 2017 lalu. Datang dengan sebagai hp flagship pada saat itu, ponsel ini dibekali desain yang menawan disertai dengan spesifikasi jempolan.

Tentu saja awal kehadiran nya langsung disambut hangat oleh para penggemarnya. Tidak butuh lama, penjualan nya terus meroket dan hingga hari ini tepat tiga tahun lebih hp ini masih terus menjadi andalan banyak orang.

 

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan merk ponsel yang satu ini namun tidak membahas masalah oprek sistem nya juga.

 

Nah, pada artikel kali ini Saya akan memberikan tutorial bagaimana cara root sekaligus install TWRP di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus ini.

 

 

Namun sebelum masuk ke pembahsan inti, ada baiknya Saya sedikit mengulas bagaimana spesifikasi dari Samsung Galaxy S8 ini. Karena mungkin saja ada pembaca yang belum mengetahui dan berminat untuk membeli ponsel flagship ini.

 

Spesifikasi Samsung Galaxy S8

Seperti yang sudah Saya singgung diatas, ponsel ini datang pada tahun 2017 tepatnya di bulan maret, dan langsung mendapat sambutan positif dari para user nya.

 

Pada bagian luarnya, ponsel ini memliki desain melengkung dibagian layarnya, dimana saat itu merupakan awal merambahnya konsep layar fullscreen, dan Samsung Galaxy S8 menjadi salah satu yang terbaik.

 

Sedangkan di sisi dapurpacunya, ponsel ini dibekali sederet perangkat keras yang terbaik. Ada dua model yang bisa kita ketahui dari peredaran ponsel ini. Pertama untuk produk yang di jual di negara Amerika, ponsel ini dibekali chipset Snapdragon 835 yang merupakan salah satu chipset terbaik dari Qualcomm.

 

Sedangkan untuk produk yang dikeluarkan secara global, ponsel ini ditenagai oleh chipset Exynos 8895 octa-core 2.3GHz dan untuk mendukung area grafis nya, ponsel ini di sokong oleh GPU Mali G71 MP20.

 

Sebagai pelengkap untuk memaksimalkan akselerasi, Samsung Galaxy S8 memiliki RAM 4GB dengan ruang penyimpanan internal sebesar 64GB dan masih bisa di tingkatkan dengan eksternal memori hingga 256GB.

 

Dibagian kamera, Galaxy S8 memiliki lensa utama dibagian belakang sebesar 12MP dimana aperture nya mencapai f/1.7. Sedangkan dagian depan nya, ponsel ini memiliki kamera dengan sensor sebesar  8MP saja dengan dukungan fitur face-detection autofocus.

 

Itulah sekilas spesifikasi dari Samsung Galaxy S8 ini. Berikutnya, kita akan kembali ke pembahasan ini yaitu cara root dan pasang TWRP nya.

 

Alasan kenapa harus root dan Install TWRP

Sebelum kita lanjut ke tutorial, berikut saya berikan beberapa alasan kenapa harus root dan install TWRP.

 

  1. Bisa dengan mudah mengintall Custom ROM
  2. Bisa hapus aplikasi bawaan (Bloatware)
  3. Bisa Install Custom Kernel
  4. Sangat cocok untuk para gamer karena bisa dengan mudah meng-kustomisasi ROM (Point pertama)
  5. Bisa upgrade ROM/Firmware tanpa menggunakan PC.

 

Itulah beberapa alasan/keuntungan kenapa Kamu harus root dan pasang TWRP. Meskipun sebenarnya disamping itu ada kerugian yang kamu dapatkan. Misal, jika hp masih keadaan garansi, maka dengan melakukan rooting otomatis garansi hilang.

 

Selain itu, dengan root maka perangkat menjadi rentan terhadap serangan malware dan virus.

 

Bahan-Bahan Root dan Install TWRP

  1. TWRP Samsung Galaxy S8 (Exynos) (dreamlte)
  2. Samsung Odin 3.12.3
  3. Magisk
  4. no-verity ZIP Samsung Galaxy S8/S8+

 

Silahkan ambil semua bahan-bahan diatas. Khusus untuk file no-verity sama magisk nya, wajib di pindahkan ke kertu memori ponsel nya. Oya, untuk yang di laptop atau di PC nya belum terintall driver samsung, silahkan install terlebih dahulu, file nya ada di artikel ini.

 

Cara Install TWRP Samsung Galaxy S8

Setelah semua bahan di siapkan, selanjutnya silahkan simak langkah demi langkah nya berikut ini.

 

Pertama, sebaiknya backup terlebih dahulu semua file penting yang ada memori ponsel Kamu, karena nantinya semua data akan di format, silahkan salin data ke laptop atau MicroSD.

 

Berikutnya jika semua data sudah dipastikan aman, seperti biasa syarat utama adalah mengaktifkan USB Debugging, namun sebelumnya harus aktifkan juga mode developernya.

 

Caranya masuk ke Settings dan klik About phone yang ada di men paling bawah. Dihalaman tersebut silahkan klik Software information.

 

Kemudian akan terbuka halaman baru lagi yang berisi informasi ponsel nya, disitu terdapat informasi Build number, silahkan tap beberapa kali pada tulisan tersebut sampai muncul notifikasi “Developer mode has been enable” seperti pada gambar ini:

 

 

Setelah itu kembali ke menu setting nya, kemudian cari menu Developer options yang ada di urutan paling bawah (dibawah About phone).

 

Masuk ke menu tersebut, silahkan aktifkan USB Debugging dengan cara klik saja tulisan nya kemudian terdapat notifikasi untuk mengaktifkan, klik OK.

 

 

Aktifkan juga OEM Unlock nya seperti ini:

 

 

Setelah itu kembali ke home screen dan matikan ponsel. Jika ponsel sudah benar-benar off, berikutnya masuk ke download mode dengan cara tekan tombol Volume Bawah+Tombol Bixby diikuti dengan menekan tombol Power secara bersamaan.

 

Kemudian ponsel akan menyala, akan tampil Warning pada layar seperti ini:

 

 

Silahkan klik tombol volume atas untuk melanjutkan masuk ke mode download seperti ini:

 

 

Setelah itu, siapkan tool Odin nya yang telah Kamu download tadi. Ektrak terlebih dahulu, kemudian klik kanan dan Run as Administrator di file Odin3.exe nya sehingga nanti akan terbuka.

 

Jangan lupa untuk menginstall samsung driver terlebih dahulu yah.

 

 

Kemudian untuk mulai melakukan pemasangan, add terlebih dahulu file TWRP nya dengan cara klik di bagian “AP” kemudian cari file twrp.img yang sudah Kamu download tadi sehingga hasilnya akan terlihat seperti ini:

 

 

Jika sudah seperti ini, selanjutnya koneksikan hp ke PC/Laptop nya. Ingat, hp harus masih ada di posisi Download mode seperti tadi.

 

Jika driver sudah terinstall dengan baik, maka Odin akan otomatis membaca driver tersebut yang bisa Kamu lihat di bawah tulisan ID:COM.

 

 

Jika sudah terbaca seperti tanda pada gambar diatas, Silahkan mulai menginstall twrp nya dengan cara klik tombol START di Odin nya. Proses download recovery tidak membutuhkan waktu lama, dan pastikan hasilnya PASS seperti ini:

 

 

Kemudian ponsel akan Restart dengan sendirinya, jika ketika ponsel menyala dan terdapat notifikasi “Verification failed”, silahkan matikan ponsel dan masuk ke recovery mode.

 

Caranya ketika hp dalam keadaan off, Tekan tombol Volume atas+ Tombol Bixby+Tombol power secara bersamaan, kemudian hp akan masuk ke TWRP nya.

 

Untuk pertama kali masuk, akan terdapat notifikasi, klik saja tombol Keep read only dan akan langsung masuk ke menu utama di TWRP nya.

 

 

Jika sudah berhasil masuk, maka lakukan format data. Klik menu Wife, kemudian pilih menu Format data, lalu ketikan kata yes dan klik tombol tanda centang dibawah sehingga TWRP akan melakukan tugas menghapus semua data di memori internal hp Kamu.

 

 

Setelah itu, kembali ke menu utamanya dan pilih menu Install lalu pilih Select Storage dan klik MicroSD Card dan cari file no-verity ZIPyang sudah Kamu copy ke memori eksternal sebelumnya. Kemudian Swife ke kanan untuk melanjutkan dan pemasangan no-verity tadi akan otomatis diproses.

 

 

Tunggu sampai proses instalasinya sampai selesai.

 

Setelah sukses, kembali ke menu utama di TWRP nya. Selanjutnya kita akan melakukan rooting pada hp Samsung Galaxy S8 ini. Kita lanjutkan di langkah berikutnya.

 

Cara Root Samsung Galaxy S8

Nah pada sesi ini kita akan menuju ke tutorial bagaimana melakukan root pada samsung galaxy s8 ini.

 

Setelah masuk ke menu utama di TWRP nya, berikutnya silahkan pilih tombol/menu Install seperti ketika Kamu akan install no-verity tadi.

 

Pilih file Magisk yang tadi di copy ke MicroSD nya, kemudian pada halaman berikutnya Swife ke kanan untuk mulai menginstall.

 

 

Prosesnya sedikit lama, silahkan tunggu sampai selesai. Berikutnya jika sudah sukses menginstall magisk, silahkan restart ponsel dengan klik tombol Reboot > System dan ponsel akan restart.

 

Karena sudah menginstall no-verity nya, maka sekarang Kamu tidak akan mendapat notifikasi “Verification failed” seperti yang pertama tadi.

Silahkan cek di menu apakah sudah terinstall Magisk, dan untuk memastikan keberhasilan nya, Kamu bisa cek status root nya menggunakan aplikasi root checker yang bisa Kamu unduh di Google Playstore.

Tinggalkan komentar