Kupas Tuntas 17 Fitur Baru MIUI 12 yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini Xiaomi telah resmi merilis interface MIUI yang tentu saja sudah di nanti-nantikan oleh para penggemarnya. Yupz, MIUI 12 telah hadir dengan berbagai perbaikan pada versi terdahulunya MIUI 11. Namun tentu saja bukan hanya perbaikan yang di nantikan oleh para penggemar Xioami, namun juga dari segi penambahan fitur yang memang menjadi ciri khas MIUI setiap kali melakukan pembaharuan versi.

Berbeda dengan interface pada Smartphone lain yang bisa dibilang tampil seadanya, MIUI justru lebih menonjol mengingat kustomisasi yang dimiliki lebih lengkap, Kamu bisa dengan lelauasa mengeksplorasi semua fitur dan mengkustomisasinya sendiri secara gratis.

 

Itulah sebabnya Xioami saat ini menjadi salah satu Smartphone yang paling dinantikan, baik itu peluncuran produk terbaru maupun update pada antarmuka nya. Lalu apa saja fitur baru pada MIUI 12 ini? Berikut adalah uraian nya:

 

Review 17 Fitur Baru di MIUI 12

 

1. Super Wallpaper

 

Pada fitur pertama yang akan Kamu dapatkan adalah fitur Super Wallpaper dimana pada bagian ini berbeda dari wallpaper di MIUI versi sebelumnya. Tampilannya sedikit mirip live wallpaper biasanya namun dihiasi dengan animasi yang lebih interaktif.

 

Disaat layar terkunci, tampilannya terdapat dua pilihan yang bisa Kamu gunakan yaitu planet bumi dan mars dengan animasi memutar dan dilengkapi tampilan waktu seperti jam, hari dan tanggal, yang spesial yaitu ketika kita membuka kunci layar, maka tampilan nya akan langsung ngezoom sampai ke dasar planet nya.

 

2. Notifikasi

 

Fitur baru pada MIUI 12 selanjutnya terdapat pada bagian bar notifikasi. Jika pada versi MIUI lama, letak bar antara notifikasi tergabung dengan control center. Namun untuk MIUI 12, bar notifikasi hanya bisa Kamu lihat dengan men-swife di bagian kiri hingga tengah layar atas, sementara control center bisa Kamu akses dengan men-swife layar bagian kanan atas. Cukup unik ya.

 

3. Control Center

 

Seperti yang sudah disinggung diatas, fitur baru di MIUI 12 berikutnya terdapat dibagian control center. Hadir dengan desain baru yang saya pikir lebih mudah digunakan, secara default ada empat icon tombol besar bentuk persegi yaitu tampilan speed connections, Bluetooth, Mobile data dan Wifi.

 

Sedangkan icon tombol lainnya terdapat dibagian bawah dan Kamu cukup swife kebawah untuk mendapatkan shortcut button lainnya sehingga bisa Kamu atur sesuai selera. Sedangkan dibagian warna, Kamu akan menemukan background blur dan warna icon sedikit lebih transfaran, sekilas mirip seperti yang dimiliki oleh iOs.

 

4. Gesture

 

Fitur baru selanjutnya adalah di bagian gesture yang telihat lebih fresh, dimana pada MIUI 12 ini Kamu akan melihat sebuah bar dibagian bawah layar dimana ketika Kamu swife ke berbagai arah akan memiliki fungsi berbeda.

 

Misal, ketika bar tersebut di swife ke atas maka akan menuju ke home, dan ketikan Kamu swife up sambil ditahan akan memunculkan multitasking window, sementara ketika Kamu swife kiri dan kanan berfungsi untuk menggantikan tombol back.

 

5. Floating Window

 

Yang selanjutnya adalah ada di bagian floating apps, hampir mirip dengan fitur di Notifikasi namun pada fitur ini khusus untuk aplikasi nya.

 

Untuk mengakses nya Kamu bisa buka multi touch window dan dibagian atas layar, kemudian akan terlihat sebuah tab floating window dimana isinya terdapat banyak aplikasi yang bisa Kamu buka dalam mode floating window. Untuk tampilan window nya sendiri bisa Kamu atur sesuka hati entah itu diperbesar atau diperkecil.

 

6. New Layout

 

Di fitur baru MIUI 12 selanjutnya adalah ada di bagian desain yang lebih fresh. Pada bagian ini hampir semua terlihat baru dan lebih simple dari yang sering kita lihat di versi MIUI sebelumnya.

 

Mulai dari tampilan icon baterai, kemudian di bagian settings Kamu akan melihat perbedaan pada area icon nya, lalu ketika Kamu geser ke atas atau ke bawah, maka animasi pergeserannya terasa lebih smooth.

 

Begitu juga di bagian halaman Simcard & Mobile network juga terlihat berbeda dan terkesan lebih simple dan lebih mudah ketika mengatur default sim maupun mobile datanya.

 

7. Weather

 

Pada penambahan fitur baru berikutnya ada di bagian Weather, lagi-lagi ketika dilihat dari desain nya sangat mirip dengan apa yang ada di iOs.

 

Pada warna background bisa berganti secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca saat itu, jika kondisi cuaca cerah maka background akan berubah menjadi cerah, begitupun ketika cuaca hujan maka akan menampilkan latar hujan. Disisi lain, untuk fitur barunya adalah bisa memberikan forecast hingga lima hari kedepan.

 

8. My device

 

Selanjutnya yang bisa kita lihat perbedaan di versi MIUI 12 ini adalah bagian My device. Jika pada versi MIUI lama bagian ini bernama About phone, maka di MIUI 12 ini berganti menjadi My device.

 

Untuk desain nya sendiri terkesan lebih simple dan lebih rapi, karena untuk versi ini diberikan bentuk kotak tidak seperti pada MIUI lama yang berbentuk deretan daftar biasa.

 

Pada halaman ini Kamu sekarang bisa melihat detail specs ponsel secara keseluruhan. Tidak hanya itu, jika kita lihat di kotak Storage akan terlihat sebuah animasi yang membuat tampilan lebih keren.

 

9. Privacy protection

 

Untuk Kamu yang betul-betul memperhatikan bagian ini, saya yakin Kamu akan senang dengan perubahannya. Pada versi MIUI 12 ini terdapat proteksi privacy yang diperbaharui dimana sekarang terdapat menu Permission stats, pada bagian ini Kamu akan melihat penggunaan permission pada setiap aplikasi yang terinstall di perangkat Kamu.

 

Misal kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang bisa mengakses kontak, mic, call history dll. Intinya pada fitur ini kamu akan lebih mudah memanage permission aplikasi pada smartphone Kamu.

 

10. Screen Time

 

Pada fitur baru MIUI 12 yang selanjutnya adalah dibagian Screen time. Mungkin jarang orang menggunakan fitur ini, namun tidak salah jika saya memasukan bagian ini ke bagian fitur terbaru.

 

Jika sebelumnya untuk mengakses screen time ini kita harus mengakses dulu Digital Wellbeing untuk menikmati fitur ini, namun untuk di versi ini terdapat menu secara terpisah. Ketika dibuka, seperti biasa Kamu akan melihat statistik penggunakan perangkat baik itu harian maupun mingguan.

 

Namun yang lebih baru adalah terdapatnya fitur Focus mode dimana ketika di aktifkan, akan masuk ke mode focus yang pada mode ini keadaan smartphone hanya bisa digunakan di bagian kamera dan emergency call aja.

 

11. Dark Mode 2.0

 

Fitur baru selanjutnya adalah hadir nya Dark Mode 2.0, spesialnya pada mode dark mode versi ini terlihat lebih cerdas, dimana pada MIUI 12 ini Kamu bisa mengatur aplikasi tertentu yang ingin di aktifkan dark mode nya.

 

Selain terdapat menu schedule, pada versi ini juga ketebalan font maupun kontras teks nya bisa menyesuaikan dengan pencahayaan ruangan pada saat Kamu berada.

 

12. Anti-Flicker Mode

 

Untuk Kamu yang suka berlama-lama dengan smartphone dimalam hari, mungkin fitur ini sangat bermanfaat, mengingat dengan mengaktifkan mode ini maka layar smartphone akan meredup menyesuaikan keadaan pencahayaan ruangan.

 

Jadi ketika mengaktifkan fitur ini, maka efek yang didapatkan yaitu akan mengurangi kelelahan pada mata dan lebih nyaman ketika Kamu bermain lama-lama dengan smartphone meskipun dalam keadaan ruangan gelap.

 

13. Video Toolbox

 

Untuk Kamu yang suka menonton film ataupun acara kesukaan melalui Smartphone, mungkin fitur ini cukup berguna.

 

Kamu cukup swife untuk mengaktifkan fitur ini, didalamnya terdapat beberapa style yang bisa Kamu gunakan sesuai selera, mulai dari original, outdoor, cinema, retro dan B&W sehingga gambar video akan langsung berubah menyesuaikan dengan style yang Kamu pilih.

 

Namun sedikit disayangkan ketika coba memutar video di YouTube, ternyata Video Toolbox ini belum bisa digunakan.

 

14. Backup & Restore Data

 

Pada fitur terbaru selanjutnya yang bisa Kamu temukan di MIUI 12 adalah dibagian Backup datanya. Pada bagian ini Kamu akan menemukan fitur baru untuk membackup data ke komputer secara langsung.

 

Jadi ketika Kamu ingin me-reset smartphone, maka Kamu bisa backup terlebih dahulu semua data ke kompter maupun sebaliknya. Menurut saya, fitur ini cukup berguna dan memudahkan dalam urusan backup dan restore data.

 

15. Lite Mode

 

Fitur berikutnya yang terbaru adalah Lite Mode, jadi ketika Kamu mengaktifkan fitur ini maka tampilan smartphone berubah menjadi lebih simpel.

 

Tampilan tersebut berefek keseluruh bagian fitur terutama pada font nya, ketika fitur ini aktif, maka font maupun icon menu berubah menjadi lebih besar dibanding mode normalnya. Sangat cocok untuk orang tua sehingga lebih nyaman ketika mengoperasikan ponsel.

 

16. File Manager

 

Mungkin untuk fitur ini sudah ada sejak versi MIUI sebelum-sebelumnya. Namun di versi MIUI 12 ini ada perbaikan atau perubahan yang cukup signifikan, dimana dengan file manager baru ini Kamu bisa melihat storage, recent, dokumen, video, foto dan lainnya hanya dengan men-swife layar ke samping saja.

 

Di file manager ini juga Kamu bisa men-short file berdasarkan Alphabet, tipe file hingga waktu dengan mudah, sedangkan di bagian tampilan nya juga ada perbedaan yaitu pada icon folder terlihat lebih bagus dan rapi.

 

17. AOD

 

Di fitur selanjutnya yang terlihat baru ada di bagian AOD (Always-on Display & Lock screen). Pada MIUI versi 12 ini terlihat lebih keren, juga terdapat berbagai variasi pilihan yang cukup banyak. Diantaranya adalah Kamu bisa menambahkan tulisan sendiri dan akan tampil pada saat smartphone dalam posisi lock screen. Cukup keren bukan?

 

Itulah review 17 fitur baru pada MIUI 12 yang bisa saya sampaikan pada Kamu, semoga dengan hadirnya MIUI 12 dan tambahan beberapa fiturnya, bisa membuat Kamu semakin nyaman menggunakan smartphone nya.

Tinggalkan komentar