Koleksi dan Cara Install Custom ROM Xiaomi Redmi 4x Santoni

Diposting pada

Jika Kamu ingin melakukan upgrade ROM pada hp Xiaomi Redmi 4x (Santoni), mungkin Kamu bisa mencoba melakukan nya menggunakan Custom ROM yang memang sudah terkustomisasi sesuai kebutuhan.

Dengan menginstall Custom ROM, tentu banyak keuntungan yang akan Kamu dapatkan terutama dibagian kinerja ponsel.

Jika hanya mengandalkan Official ROM, mungkin tidak akan semua yang Kamu butuhkan bisa Kamu temukan. Sebagai contoh, official ROM biasanya hanya mengupdate beberapa bagian umum seperti layout, sistem aplikasi bloatware, keamanan, dan beberapa pembaruan standar lainnya yang mungkin tidak semua Kamu butuhkan.

 

Namun dengan Custom ROM, semua sudah terkustomisasi sesuai dengan keinginan, mengingat Custom ROM ini biasanya dibuat karena banyak nya permintaan dari para user perangkat tertentu yang memang menginginkan fitur lebih pada hp nya, termasuk Redmi 4x ini.

 

 

Kelebihan Install Custom ROM di Redmi 4x

Diatas sudah Saya jelaskan beberapa kelebihan ketika Kamu menginstall Custom ROM di hp Xiaomi Redmi 4x ini, berikut ini beberapa kelebihan lain yang bisa Kamu dapatkan.

 

  1. Mendapat update versi Android terbaru: dengan menginstall Custom ROM, tentu saja Kamu bisa memilih versi Android berapa yang ingin Kamu gunakan.
  2. Meningkatkan kinerja pada system ponsel: disini sudah jelas, semua yang berhubungan dengan akselerasi ponsel akan di kustomisasi sehingga hasilnya akan lebih baik ketimbang ROM bawaan nya.
  3. Meningkatkan daya tahan baterai: Ini point vital yang harus Kamu perhatikan, biasanya Custom ROM sudah memaksimalkan bagian ini, sehingga daya tahan baterai lebih awet dibandingkan dengan ROM bawaan nya.
  4. Update berkala: Custom ROM biasanya lebih sering melakukan update, ini sangat bagus karena ketika terdapat bug sedikit saja, mereka langsung melakukan perbaikan.
  5. Kustomisasi layout: Custom ROM memiliki kelebihan dari segi layout nya, meskipun tidak semua orang menyukai nya, namun Kamu bisa menggunakan layout sendiri karena mereka sudah menyediakan kustomisasi dibagian ini.
  6. Menghilangkan Bloatware: Kita semua tahu bagaimana banyaknya bloatware yang terinstall di Official ROM, nah untuk bagian ini Kamu tidak akan pernah menemukan nya di Custom ROM, lebih irit ram dan tentu nya tidak akan menemukan iklan betebaran di ponsel redmi 4x Kamu.
  7. Install Aplikasi meskipun tidak kompitabel: Dengan memasang Custom ROM di Xiaomi Redmi 4x, maka Kamu dapat dengan bebas memasang aplikasi apapun, termasuk aplikasi yang memang sebenarnya tidak kompitabel dengan perangkat tersebut.
  8. Penigkatan keamanan: Meskipun Custom ROM dibuat oleh pihak ketiga, bukan berarti mereka mengabaikan masalah keamanan lho. Mereka sangat aware terhadap masalah seperti ini, jadi keamanan pada ponsel akan tetap terjamin.

 

Nah itulah beberapa kelebihan yang bisa Kamu dapatkan ketika Custom ROM ini terinstall di hp Kamu. Untuk itu, jika Kamu sudah siap mengkustomisasi sistem pada hp mu, silahkan unduh Koleksi Custom ROM dibawah ini:

 

Custom ROM Collection Xiaomi Redmi 4x Santoni

 

Pixel Experience [AOSP]+GApps Redmi 4x Android 10

Havoc-OS Redmi 4x Android 10

Corvus OS 6.5 Redmi 4x Android 10

Revenge OS 3.2-Q Redmi 4x Android 10

Superior OS Redmi 4x Android 10

Descendant Redmi 4x Android 10

Lineage 15.1 Redmi 4x Android 9 (Pie)

Reloaded OS+GApps Redmi 4x Android 10

AospExtended ROM V6.7 Redmi 4x Android 9 (Pie)

ColtOS Redmi 4x Android 10

BlissRom Redmi 4x Android 10 (Install dengan OpenGApps ARM64 10.0)

Aosip DerpFest+GApps Redmi 4x

Bootleggers ROM Redmi 4x Android 9 (Pie)

Syberia Project Redmi 4x Android 10 (Install dengan OpenGApps ARM64)

 

Custom ROM diatas rata-rata sudah include dengan OpenGApps nya, namun jika ternyata ketika selesai melakukan flashing tidak terdapat GApss, Kamu bisa menginstall nya secara manual melalui TWRP nya.

 

Cara Install Custom ROM Xiaomi Redmi 4x

Tidak lengkap rasanya jika Saya memberikan list Custom ROM namun tidak disertai dengan cara menginstall atau memasang nya.

 

Untuk itu, dibagian artikel ini akan Saya berikan langkah demi langkah nya. Namun syarat utama untuk mengisntall Custom ROM di Redmi 4x ini adalah sudah terpasang nya TWRP di hp Kamu. Untuk caranya, sudah Saya tulis dalam artikel ini.

 

Sebelum melakukan flashing Custom ROM, sebaiknya Kamu backup terlebih dahulu semua data-data yang ada di memori internal, baik itu media maupun kontak yang tersimpan di hp nya, karena nantinya Kamu harus wife data sehingga semua nya dipastikan akan terhapus.

 

Oke, Saya anggap sekarang sudah terinstall TWRP di hp Kamu, berikut nya silahkan ikuti langkah awalnya. Pastikan Kamu tidak melewati langkah dibawah ini, karena akan cukup fatal akibatnya jika terjadi kesalahan sedikit saja.

 

Langkah pertama, silahkan download salah satu Custom ROM yang ada diatas sesuai dengan keinginan Kamu.

 

Jika Kamu mendownload nya melalui PC, pindahkan file ROM tersebut ke MicroSD ponsel nya, pada tutorial kali ini Saya menggunakan Custom ROM AOSiP DerpFest, rom ini sudah include GApss didalam nya sehingga Saya hanya butuh satu kali proses flashing saja.

 

Setelah ROM dipindahkan, sekarang masuk ke TWRP dengan cara matikan terlebih dahulu hp nya, kemudian menekan kedua tombol volume dan tombol power secara bersamaan.

 

Jika sudah masuk ke TWRP nya, selanjutnya lakukan wife data terlebih dahulu, caranya adalah dengan masuk terlebih dahulu ke menu Wife dan centang bagian Dalvik / ART cache, system, Data, Cache dan Vendor. Kemudian swife tombol ke kanan untuk mulai melakukan wife data nya, tunggu hingga selesai.

 

 

Setelah wife data selesai, silahkan masuk ke menu file, kemudian cari dan pilih file ROM nya yang akan Kamu install. Setelah dipilih file nya, akan masuk ke halaman baru “Install ZIP” nya, kemudian Swife tombol ke kanan untuk memulai flashing ROM nya.

 

 

Proses flashing berjalan cukup lama, silahkan tunggu hingga terdapat notifikasi Done di TWRP nya seperti pada gambar diatas.

 

Kemudian berikutnya retart hp dengan klik tombol “Reboot System” dan hp akan booting dimana selanjutnya masuk ke setelan awal, silahkan ikuti setelan nya seperti biasa.

 

Sedikit tambahan, untuk ROM yang tidak disertai dengan OpenGApps, silahkan download GApps nya di sini.

 

Pada Flatform nya, pilih yang 64, lalu pilih versi Android nya sesuai dengan Custom ROM nya, dan pada Variant nya Kamu bisa pilih antara yang Micro atau Nano. Sedangkan cara pemasangan nya sama saja ketika Kamu melakukan flashing untuk Custom ROM nya. Semoga bermanfaat.

Avatar
Nissa merupakan salah satu kontributor di Website Tekno Flasher, Nissa memiliki hobi menulis terutama di seputar gadget yang memang telah di gandrungi selama lebih dari tiga tahun. Selain menulis di Website ini, Nissa juga merupakan seorang Teknisi Handphone yang mulai membuka konter sejak satu tahun yang lalu di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *