Fix Sensor Redmi 4x Santoni, Solusi Tidak Bisa Masuk Akun Mi Cloud

Pernahkah kamu mengalami kesulitan ketika akan menambahkan atau login ke akun Mi Cloud melalui perangkat Xiaomi namun terjadi beberapa masalah sehingga prosesnya selalu gagal?

Kegagalan tersebut bukan karena lupa atau kesalahan memasukan password maupun no hp, melainkan kesalahan yang disebabkan terjadinya masalah pada software yang ada pada perangkat tersebut.

 

Nah, untuk alasan tersebut artikel ini saya buat sebagai tutorial bagaimana cara mengatasi tidak bisa login ke akun Mi Cloud di HP Xiaomi Redmi 4x.

 

Jadi artikel ini saya khusukan untuk kamu yang mengalami masalah tersebut pada Redmi 4x, sedangkah untuk Xiaomi lain tidak bisa menggunakan cara ini meskipun penyebabnya sama.

 

Kenapa tidak bisa untuk tipe Xiaomi lain, itu karena file yang saya share memang khusus untuk Xiaomi Redmi 4x.

 

Penyebab Tidak Bisa Masuk Akun Mi Cloud di Xioami

Secara umum masalah ini sering terjadi pada semua tipe HP Xiaomi. Seperti yang telah disebutkan diatas, masalah ini terjadi karena kesalahan sistem atau software pada perangkat. Jadi, meskipun kamu telah memasukan username dan sandi yang benar, maka masalah ini masih saja terjadi.

 

Lalu, apa inti masalah sebenarnya?

 

Nah, biasanya atau hampir 90% terjadi karena masalah sensor yang tidak berfungsi, ini diakibatkan karena pada waktu-waktu sebelumnya keadaan ponsel pernah dilakukan Bypass Akun Mi Cloud tanpa melakukan fix pada sensor nya. Biasanya cirinya seperti ini:

 

 

Selain dengan notifikasi tersebut, ada juga noifikasi lainnya seperti:

 

  • Tidak dapat periksa info keamanan perangkat
  • Tidak dapat memeriksa status Cari perangkat
  • Couldn’t check device security info
  • Authentication failed, dan lainnya.

 

Masalah-masalah diatas umumnya dikarenakan kesalahan terjadi di bagian sensor.

 

Untuk lebih yakin, kamu bisa coba menginstall aplikasi Sensor Box for Android yang bisa kamu dapatkan melalui Play Store, kemudian jika sudah terpasang, coba kamu buka aplikasi tersebut. Jika hasilnya seperti ini:

 

 

Maka sudah dipastikan jika beberapa sensor yang ada di Redmi 4x kamu tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Untuk itu yang akan kita lakukan sekarang adalah mencoba fix sensor supaya kamu bisa kembali login ke akun Mi melalui perangkat tersebut.

 

Pada tutorial kali ini saya menggunakan Redmi 4x dengan MIUI 11 dan sudah di test pada MIUI 10 juga, sedangkan untuk MIUI lainnya bisa kamu coba seperti pada tutorial.

 

Bahan-bahan Fix Sensor

  1. QDLoader HS-USB Driver
  2. Redmi 4x Santoni Fix Sensor file
  3. Xiaomi MiFlash2017 

 

Silahkan unduh bahan-bahan diatas dan siapkan juga alat-alat penunjang lainnya seperti pinset/kabel tembaga, obeng plus dan kabel data yang masih berfungsi dengan baik.

 

Fix Sensor Xiaomi Redmi 4x dengan Test Point

Selanjutnya mari kita mulai bagaimana cara fix sensor di Xiaomi Redmi 4x ini. Cara yang harus dilakukan tentu saja melalui test point dan ini membutuhkan alat-alat tambahan yang sudah disebutkan diatas, Obeng plus, Kawat tembaga/Pinset dan kabel data.

 

Ponsel yang saya pegang statusnya sudah dalam unlock bootloader, namun ketika saya coba flash melalui fastboot mode ternyata masih saja gagal.

 

Dan setelah saya coba flash melalui EDL Mode/Test point, flashing berjalan sukses. Untuk itulah saya merekomendasikan flashing melalui test point saja meskipun perangkat kamu sudah dalam keadaan UBL.

 

Langkah 1. Lakukan Test Point

Pertama kita akan melakukan test point untuk bisa masuk ke EDL Mode, langkah ini tentu saja harus membuka penutup belakang ponsel dan penutup mesin nya.

 

Jadi sebaiknya kamu sudah terbiasa dengan pekerjaan ini, atau jika kamu cukup berani, kamu bisa mencoba sendiri meskipun belum pernah melakukannya.

 

Anggap saja sebagai pengalaman, karena jika kamu lakukan secara hati-hati maka langkah ini bisa kamu lewati tanpa kendala.

 

Untuk langkah nya, pertama kamu buka terlebih dahulu simtray nya.

 

Kemudian kamu bisa membuka backdoor/penutup belakang nya, untuk bagian ini kamu bisa menggunakan kuku atau lebih bagus lagi menggunakan bekas kartu sim yang telah dikikis terlebih dahulu supaya bisa masuk ke sela-sela pinggiran frame dan backdoor nya.

 

 

Namun yang harus hati-hati adalah ketika kamu mencopot backdoor, sebaiknya lakukan secara perlahan, karena disitu ada flexible finger print yang menghubungkan antara backdoor dengan mesin nya.

 

Jadi pastikan flexible tersebut tidak rusak apalagi sampai putus. Lihat gambar yang saya tandai ini:

 

 

Lepaskan socket Finger Print yang menempel pada mesin, dan sampai disini sudah aman.

 

Kedua, buka penutup mesin berupa plastik menggunakan obeng plus. Untuk bagian ini tidak ada yang perlu di khawatirkan, kamu cukup membuka semua baut nya dan selanjutnya mengangkat penutup mesin yang menempel.

 

Jika berhasil akan terlihat seperti ini:

 

 

Sekarang waktunya test point. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah kamu harus menginstall terlebih dahulu driver yang sudah saya siapkan diatas, yaitu QDLoader HS-USB Driver.

 

Jika sudah terpasang dengan baik, silahkan siapkan pinset/kabel tembaga untuk melakukan test point (short contact) pada kedua titik didalam mesin hp.

 

Namun sebaiknya sambungkan terlebih dahulu ponsel dengan kabel data, sedangkan pada ujung kabel data lainnya, jangan di sambungkan dulu ke Laptop, karena untuk bagian ini harus dilakukan secara bersamaan ketika kamu melakukan short contact di mesin hp nya.

 

Selanjutnya, sambungkan kedua titik yang saya tandai pada gambar dibawah ini menggunakan pinset atau kabel tembaga.

 

 

Setelah posisi sambungan kedua titip sudah dirasa pas, silahkan ditahan jangan sampai goyang. Disaat bersamaan, sambungkan ujung kabel data satunya lagi ke Laptop.

 

Dan jika berhasil, maka secara otomatis Laptop akan menginstall driver baru bernama Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COMX), perhatikan untuk huruf X, itu bisa berupa angka berapapun, mulai cari COM1,COM2,COM20 dan sebagainya.

 

Kamu juga bisa melihat driver tersebut melalui  Device manager seperti ini:

 

 

Jika sudah seperti ini, maka persiapan sudah selesai dan kita akan mulai flashing menggunakan MiFlash2017 yang sudah disiapkan tadi, tahap ini akan saya lanjutkan di Langkah 2.

 

Langkah 2. Flashing Fix Sensor Redmi 4X Santoni dengan MiFlash

Ini merupakan langkah terakhir yang akan kita lakukan, silahkan ekstrak file miflash20170425.zip nya, kemudian didalam folder nya klik dua kali file MiFlash20170425.exe untuk menginstall.

 

Ikuti langkah-langkah penginstalan seperti biasanya. Jika terdapat notifikasi seperti ini:

 

 

Silahkan klik Install sesuai tanda panah merah, biasanya notifikasi tersebut muncul beberapa kali. Install saja semua nya sampai MiFlash Tool terpasang secara sempurna di Laptop nya.

 

Kemudian buka tool XiaoMiFlash nya, dan pada interface nya terdapat beberapa pengaturan yang harus kamu isi.

 

Namun sebelum itu, ekstrak terlebih dahulu file Santoni_Fix_Sensor.zip nya dengan cara klik kanan dan Extract Here sehingga didalam folder terdapat beberapa file seperti ini:

 

 

Setelah itu, kita kembali ke XiaoMiFlash nya:

 

 

Sedikit saya jelaskan. Untuk nomor satu, silahkan klik dan arahkan ke folder Santoni_Fix_Sensor sehingga hasilnya seperti gambar diatas.

 

Kemudian klik tombol refresh pada nomor 2 dan biasanya akan terdeteksi driver EDL nya seperti gambar dibawah ini:

 

 

Sedangkan untuk yang lainnya dibiarkan default saja.

 

Lalu klik tombol flash pada nomor 3 pada gambar diatas sehingga proses flashing akan berjalan. Proses nya tidak membutuhkan lama, dan jika sudah sukses flash seperti ini:

 

 

Silahkan cabut ponsel dari kabel data nya, kemudian nyalakan seperti biasa. Jika tidak menyala, coba cabut terlebih dahulu socket baterainya, kemudian pasang lagi dan coba nyalakan ulang.

 

Setelah ponsel kembali menyala seperti biasa, silahkan cek sensor dengan aplikasi Sensor Box for Android tadi, jika berhasil hasilnya seperti ini:

 

 

Jika pada sebelumnya banyak sensor yang ditandai merah, sekarang tanda tersebut sudah menghilang. Kecuali untuk sensor Suhu dan Sensor Tekanan, karena memang secara bawaan HP Xiaomi Redmi 4X tidak mendukung kedua sensor tersebut.

 

Lalu bagaimana selanjutnya? Karena masalah utamanya kita tidak bisa login atau menambahkan Akun Mi Cloud pada Xiaomi Redmi 4x ini, maka sekarang mari kita coba untuk menambahkannya.

 

Ingat pada gambar diatas, ketika saya memasukan akun Mi, maka terjadi error dengan notifikasi “Tidak dapat periksa info keamanan perangkat”.

 

Dan setelah saya fix sensor dengan cara ini, maka saya kembali dapat login atau menambahkan Akun Mi Cloud di Redmi 4x ini seperti biasanya.

 

 

Sampai disini tutorial Fix Sensor mengatasi tidak bisa menambahkan akun Mi Cloud di Xiaomi Redmi 4x sudah selesai. Jika kamu menginginkan tutorial dalam bentuk video, kamu bisa tonton dibawah ini dan jangan lupa untuk SUBSCRIBE Channel nya.

 

 

Semoga tutorial ini bermanfaat dan menjadi solusi untuk kamu yah. Jangan lupa untuk share sebanyak-banyaknya artikel ini ke teman atau keluarga yang memiliki masalah yang sama supaya mereka juga ikut merasakan manfaatnya. Terima kasih.

4 pemikiran pada “Fix Sensor Redmi 4x Santoni, Solusi Tidak Bisa Masuk Akun Mi Cloud”

Tinggalkan komentar