[Edisi Bandel] Cara Unlock Xiaomi Redmi 4a Terkunci Akun Mi Cloud

Saya yakin, saat ini Kamu memiliki masalah yang sama seperti yang akan Saya bahas dalam tulisan ini. Dimana pada kesempatan ini Saya akan bahas bagaimana mengatasi hp Xiaomi Redmi 4a yang terkunci di akun Mi Cloud nya.

Entah kebetulan atau tidak, biasanya Saya cukup mudah ketika melakukan bypass mi cloud di hp ini. Namun untuk kali ini Saya sedikit dibuat repot karena hp ini cukup bandel ketika dilakukan bypass.

 

Sudah Saya flash beberapa kali dengan bantuan file hingga tool yang biasa Saya gunakan, namun tetap saja hp kembali terkunci ketika terkoneksi ke internet.

 

Sekedar menambah pengetahuan, jika kebanyakan masalah ini terjadi pada hp xiaomi dengan garansi distributor.

 

Apa itu edisi bandel yang Saya maksud seperti dalam judul artikel ini?

 

Maksud Saya adalah ketika kita bypass mi cloud dan berhasil, tapi pada saat hp terkoneksi ke jaringan data entah itu melalui wifi ataupun jaringan seluler, maka yang terjadi hp kembali terkunci.

 

 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi masalah ini, yang sering dilakukan adalah dengan melakukan modifikasi pada ROM nya, yaitu dengan menonaktifkan cari perangkat pada device.

 

Jika ponsel yang bermasalah merupakan garansi distributor, maka cara yang biasanya dilakukan adalah dengan mengganti terlebih dahulu ke ROM China, kemudian baru dilakukan bypass.

 

Jika hp sudah dalam keadaan Unlock bootloader, maka selanjutnya ROM dikembalikan ke versi global nya.

 

Ada juga yang melakukan bypass dengan beberapa tool, mulai dari MRT sampai UFI yang memang cukup ampuh dalam mengatasi masalah seperti ini.

 

Apakah pada Xiaomi Redmi 4a juga sama penanganan nya? Tentu saja ada cara tersendiri meskipun pada prakteknya ada sedikit persamaan, dan akan Saya share dalam tulisan ini.

 

Sedikit informasi, jika cara yang akan Saya lakukan ini adalah support untuk semua versi MIUI, entah itu MIUI 9, MIUI 10 ataupun MIUI 11.

 

Cara Bypass Mi Cloud Xiaomi Redmi 4a

Sebelum Saya melanjutkan bagaimana menghapus akun mi di redmi 4a ini, ada baiknya Saya memberikan dulu Disclaimer untuk Kamu yang pertama kali melakukan pekerjaan ini.

 

Dengan mengikuti tutorial ini, Kamu paham dengan segala risiko yang mungkin bisa terjadi pada ponsel Kamu, misalnya terjadi kesalahan flashing yang mengakibatkan hp menjadi bootloop atau bahkan mati total.

 

Meskipun sudah dipraktekan dan berhasil, tapi Saya tidak menjamin keberhasilan ketika Kamu mengikuti tutorial ini, karena tergantung dari kondisi hp masing-masing.

 

Setelah Kamu mengerti, maka saat nya kita lanjutnya ke langkah-langkah nya. Yang pertama, silahkan siapkan bahan-bahan berikut ini.

 

Bahan-bahan dan Tool Hapus akun Mi di Xiaomi Redmi 4a

 

Silahkan unduh bahan-bahan dibawah ini, jangan sampai ada yang kurang satupun.

 

  1. Driver ADB & Fastboot
  2. Qualcomm Driver
  3. XiaoMiFlash Beta
  4. Mi ADB Bypass Tool (non aktifkan anti virus di laptop)
  5. Firmware Redmi 4a V10.2.1.0

 

Setelah semua bahan sudah Kamu persiapkan, hal pertama yang harus diutamakan adalah melakukan pemasangan untuk Driver ADB di Laptop nya. Untuk cara pemasangan nya sendiri tidak Saya bahas disini, namun bisa Kamu baca di bagian artikel ini.

 

Jangan lupa untuk menginstall juga Qualcomm driver dan XiaoMiFlash nya karena kita akan melakukan Test point pada metode ini. Sementara cara install nya sama saja dengan memasang software lain di Laptop/PC.

 

Sedangkan untuk firmware dan Mi ADB Bypass nya, silahkan ekstrak di laptop Kamu dan simpan di lokasi yang mudah Kamu temukan.

 

Cara Test Point Xiaomi Redmi 4a

Pada bagian ini, bisa di bilang bagian yang paling ribet. Kenapa Saya bilang seperti itu? Ya, karena kita harus membuka cover belakang hingga penutup mesin untuk bisa mengakses kedua titik yang akan kita gunakan supaya hp masuk ke mode EDL.

 

  1. Untuk caranya sendiri, bagi Kamu yang baru pertama kali melakukan ini, seperti yang Saya sebut diatas Kamu harus membuka semua penutup belakang dan penutup mesin sehingga akan terlihat seperti ini:

    Kedua titik yang Saya tandai tersebutlah yang akan kita gunakan untuk melakukan test point di redmi 4a ini. Jadi, siapkan alat untuk menghubungkan kedua titik tersebut entah itu pinset atau kabel tembaga.

 

  1. Jika sudah siap, kemudian colokan ponsel ke kabel data, sedang untuk ujung kabel yang satunya lagi jangan dulu di masukan ke laptop.
  2. Lakukan short kontak di kedua titik tersebut dengan pinset maupun kabel tembaga, kemudian tahan dan usahakan untuk pas di posisi titik nya.
  3. Setelah itu baru koneksikan ujung kabel satunya lagi ke Laptop. Usahakan laptop terkoneksi ke internet, supaya driver terupdate secara otomatis.Untuk pertama biasanya akan terdengar bunyi notifikasi laptop menginstall driver yang kemudian pada device manager di laptop akan terlihat seperti ini.
    Test point sudah berhasil, dan usahakan untuk tetap terkoneksi jangan sampai kabel data terputus. Kemudian kita akan melakukan flashing terlebih dahulu.

 

Langkah Flash Redmi 4a

  1. Setelah test point berhasil, silahkan buka XioMiFlash yang telah di install sebelumnya. Untuk pengaturan nya, bisa Kamu ikuti sesuai gambar berikut.

    Saya jelaskan. Untuk tanda nomor satu, klik tombol select dan arahkan ke folder file ROM/Firmware redmi 4a yang sudah Kamu ektrak sebelumnya.Dan pada tanda nomor dua, klik refresh sehingga akan terdeteksi pada device yang ditunjuk tanda panah hijau.Lalu di tanda nomor tiga, centang pada bagian clean all.

    Kemudian pada nomor 4, lakukan flashing dengan meng-klik tombol flash sehingga secara otomatis proses flashing akan berjalan.

  1. Untuk proses flashing nya cukup lama, sekitar 8-10 menitan, silahkan tunggu dan jika sudah sukses maka pada XiaoMiFlash nya akan terdapat notifikasi flash done seperti ini:
  2. Setelah selesai, silahkan nyalakan ponsel, namun sebelumnya cabut terlebih dahulu konektor baterai dan pasang kembali kemudian tekan tombol power.
  3. Ketika ponsel menyala, sebaiknya jangan sampai terkoneksi ke internet terlebih dahulu, karena jika terkoneksi maka otomatis akan terkunci lagi. Lakukan seting awal seperti biasanya sampai hp bisa masuk ke menu utama.

 

Setelah flashing selesai dan hp sudah bisa masuk ke menu, maka kita lanjutkan ke proses intinya yaitu bypass mi cloud.

 

Langkah Hapus Akun Mi Cloud Redmi 4a dengan ADB Bypass

Setelah semua langkah diatas sudah di selesaikan, selanjutnya aktifkan USB Debugging nya. Namun sebelumnya Kamu harus masuk dulu ke Mode pengembang (Developer mode).

 

Untuk caranya, silahkan masuk ke menu Setelan, klik Tentang ponsel, setelah itu ketuk tujuh kali di tulisan Versi MIUI nya sehingga mode pengembang di aktifkan seperti ini:

 

 

Lalu kembali ke menu Setelan, dan cari Setelan tambahan, kemudian masuk ke menu Opsi pengembang.

 

Setelah berada di menu Opsi pengembang, silahkan aktifkan Debugging USB nya dengan tap pada tulisan tersebut hingga tercentang seperti ini:

 

 

Kalau sudah, kembalikan ponsel ke layar utama dan koneksikan kembali dengan Laptop nya, untuk pertama kali pada laptop akan menginstall driver ADB nya.

 

Biarkan windows melakukan Searching upadate ketika pemasangan driver, dan tetap laptop masih dalam terkoneksi internet sehingga akan otomatis terinstall seperti ini:

 

 

Setelah laptop berhasil memasang driver nya, silahkan jalankan Mi ADB Bypass Tool nya, ekstrak terlebih dahulu kemudian klik kanan dan Run as Administrator di file Mi Adb Bypass Tool.exe sehingga akan terbuka tampilan nya.

 

 

Kemudian centang pada bagian “Check Device” dan klik tombol Do Job nya. Lalu biasanya akan muncul warning seperti gambar ini:

 

 

Silahkan klik Continue dan kemudian cek di layar ponsel nya. Jika ada notifikasi minta perizinan USB Debugging seperti ini:

 

 

Silahkan centang bagian Selalu izinkan dan klik Oke.

 

Setelah itu kembali ke Mi Adb Bypass Tool pada laptopnya, lalu kembali klik di tombol Do Job nya sehingga akan nada notifikasi popup dengan tulisan “Now Use Baypass Mi Account Function” dan klik Oke sehingga kali ini akan terbaca info ponsel nya pada tool tersebut.

 

Kemudian centang di bagian “Mi Account Bypass(ADB)” dan klik lagi tombol Do Job nya.

 

 

Lalu tool nya akan memproses bypass, dan setelah sukses pada Mi Bypass tool nya akan terdapat notifikasi:

 

 

Berikutnya hp akan restart secara otomatis. Silahkan tunggu ponsel booting sampai masuk ke menu utama.

 

Sampai disini, Kamu sudah boleh mengkoneksikan hp ke internet melalui data seluler atau wifi, dan jangan lupa berdo’a supaya tidak terkunci lagi.

 

Namun, ada kekurangan pada cara ini, yaitu akun Mi tidak bisa digunakan lagi mengingat fitur find device pada hp sudah di nonaktifkan.

 

Tapi Kamu tidak perlu khawatir, karena dengan kondisi seperti ini tidak akan berpengaruh pada fungsi keseluruhan di ponsel tersebut.

 

Mungkin sampai disini dulu, dan semoga tutorial Bypass Akun Mi Cloud pada Xiaomi Redmi 4a ini bisa menjadi solusi untuk Kamu yang memiliki masalah bypass akun mi yang bandel seperti ini.

Tinggalkan komentar