Cara Unlock Redmi 5A Riva Terkunci Akun Mi Cloud

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini, saya akan share bagaimana mengatasi Xiaomi Redmi 5A Riva yang terkunci Akun Mi atau Mi cloud nya.

Jadi di tutorial ini, handphone sudah dalam keadaan terkunci sehingga tidak dapat masuk ke menu, biasanya ini terjadi ketika me-reset ponsel dalam keadaan akun Mi pada ponsel belum di Logout.

 

Namun, jika Kamu memiliki masalah yang hanya lupa password pada akun Mi, maka kamu bisa mengikuti tutorial menghapus Akun Mi yang lupa Password di artikel ini.

 

 

Jika kasus pada artikel tersebut tidak memerlukan peralatan seperti PC/Laptop, namun pada cara ini kamu diwajibkan memiliki peralatan tersebut.

 

Namun jika ternyata tidak ada peralatannya, sebaik nya kamu bisa pergi ke warnet untuk melakukan unlock Akun Mi Cloud pada ponsel kamu.

 

Untuk metode nya sendiri sebenarnya ada dua cara, yang pertama adalah dengan me-reset ulang / wife data melalui menu Recovery Mode tanpa membutuhkan bantuan PC/Laptop, namun jika pada cara diatas tidak bisa, maka akan kita bahas pada cara kedua yaitu Bypass atau unlock Mi Cloud melalui flashing menggunakan tool Mi Flash.

 

Untuk memulai, silahkan simak step-step nya disini.

 

Cara 1. Unlock Mi Cloud Redmi 5A Riva Melalui Recovery Menu

Seperti yang saya sebutkan diatas, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Nah, cara yang termudah adalah dengan cara melakukan wife data atau me-reset ponsel melalui Recovery Menu yang akan saya bahas pada segmen ini.

 

Langkah 1

Silahkan matikan ponsel, untuk mematikan dalam keadaan ponsel terkunci, kamu harus menekan dua tombol. Yaitu tombol volume atas + tombol power secara bersamaan. Lalu pastikan ponsel sudah benar-benar dalam keadaan off.

 

 

Langkah 2

Setelah ponsel dipastikan dalam keadaan off, silahkan masuk ke Recovery Mode dengan menekan dua kombinasi tombol seperti tadi, yaitu tombol volume atas + power secara bersamaan.

 

Ketika ponsel booting, lepaskan tombol power sehingga ponsel masuk ke menu Recovery.

 

 

Disitu terdapat tiga menu, Reboot, Wife Data dan Connect with MiAsistant. Silahkan pilih Wife Data lalu pilih Wife All Data dan Confirm, maka wife data akan diproses seperti ini:

 

 

Setelah sukses akan terdapat notifikasi teks berwarna hijau “Data wifed Successfully”, setelah itu kembali ke menu utama dan pilih Reboot dan Reboot to System sehingga ponsel akan me-restart ulang.

 

Silahkan tunggu hingga ponsel masuk ke setingan awal. Dalam beberapa kasus, biasanya akan berjalan cukup lama tergantung berapa banyak data yang ada pada ponsel sebelumnya.

 

Langkah 3

Jika ponsel sudah kembali menyala dengan tampilan seperti ini.

 

 

Silahkan seting ponsel seperti biasanya. Sedangkan pada setingan di menu “Hubungkan ke Jaringan”, silahkan kamu konekan ponsel melalui wifi untuk mempercepat proses.

 

Biasanya, jika sudah terhubung ke jaringan dan ponsel bisa masuk ke Menu utama tanpa di minta login ke Mi Cloud nya, maka sudah dipastikan Redmi 5A Riva kamu sudah dalam keadaan clean sehingga tidak perlu melakukan unlock lagi menggunakan Mi Flash Tool yang akan share di cara kedua nanti.

 

Namun, jika ternyata ketika seting ponsel lalu diarahkan ke halaman login Mi Akun seperti ini:

 

 

Maka mau tidak mau kamu harus melakukan unlock melalui Mi Flash Tool. Itu artinya kamu membutuhkan alat utama yaitu sebuah PC/Laptop dan beberapa tool lainnya.

 

Jadi kesimpulan pada cara pertama ini, kamu melakukan wife data untuk membersihkan system pada ponsel, dimana dengan melakukan cara ini diharapkan Mi Cloud yang ada pada ponsel ikut clean dan kamu dapat masuk ke menu utama tanpa melalui halaman login Mi Akun nya, sehingga ponsel kembali normal tanpa terkunci lagi seperti semula.

 

Namun, jika dengan cara tersebut masih membandel, maka siapkan untuk cara kedua ini.

 

Cara 2. Unlock Mi Cloud Redmi 5A Riva Menggunakan Mi Flash Tool

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, untuk metode kedua ini kamu diwajibkan untuk memiliki PC/Laptop, minimal kamu bisa pergi ke warnet dan sebaiknya siapkan/unduh terlebih dahulu semua tool nya sehingga ketika di warnet kamu hanya tinggal mengerjakan prosesnya agar tidak memakan banyak waktu.

 

Alat dan Tool yang dibutuhkan:

 

 

Untuk memulai remove Mi Cloud pada ponsel Xiaomi Redmi 5A Riva, kamu membutuhkan file-file diatas. Silahkan unduh gratis, khusus untuk driver dan Miflash Tool nya, wajib di install pada PC/Laptop kamu.

 

Lalu ekstrak juga File Fix Micloud Redmi 5A Riva nya di Laptop Kamu. Jika sudah, sekarang kita mulai ke tahap selanjutnya.

 

Tutorial Menghapus Mi Cloud dan Fix Sensor Xiaomi Redmi 5A Riva

Langkah 1

Jika semua bahan-bahan diatas telah kalian download dan di install, maka tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan test point pada mainboard/mesin ponsel.

 

Langkah ini dilakukan supaya ponsel bisa terdeteksi sebagai Download Mode (EDL Mode 9008) pada Laptop. Ini sebagai jalan pintas aja mengingat untuk masuk ke mode ini biasanya dibutuhkan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

 

Langkahnya, silahkan buka penutup belakang ponsel. Gunakan alat seperti plastik bekas kartu perdana atau jika darurat bisa juga memanfaatkan kuku tangan kamu.

 

 

Lalu, buka juga penutup mesin ponsel yang berbahan plastik hitam tersebut menggunakan obeng plus sehingga mesin ponsel benar-benar terlihat seperti ini:

 

 

Jika sudah, maka lanjut ke tahap selanjutnya.

 

Langkah 2

Jalankan Miflash tool yang telah kalian Install sebelumnya. Jika sudah terbuka, pada bagian select, arahkan ke folder dimana kamu menyimpan hasil ekstrak file Fix Micloud Redmi 5A Riva nya tadi.

 

Pada contoh ini, saya simpan di

 

C: \Desktop\RIVA_MICLOUD_CLEAN

 

seperti gambar dibawah ini:

 

 

Langkah 3

Saat nya untuk flashing, namun sebelumnya, lakukan test point supaya ponsel terdeteksi sebagai Download Mode seperti yang telah saya singgung di atas tadi. Caranya adalah, colokan dahulu ponsel ke kabel datanya.

 

Kemudian sambungkan kedua titik point yang terdapat pada mesin hp yang di ikuti dengan menyambungkan kabel data ke port USB di PC/Laptop nya juga.

 

Untuk titik point yang harus kamu sambungkan adalah seperti pada gambar yang saya tandai ini.

 

 

Perlu diperhatikan, untuk melakukan test point sebaiknya gunakan posisi senyaman mungkin.

 

Jika test point gagal atau ponsel malah menyala, ulangi prosesnya sehingga ketika melakukan kombinasi antara menyambungkan kedua titik dan menghubungkan kabel data ke PC/Laptopnya benar-benar pas.

 

Jika, sudah berhasil maka laptop akan secara otomatis menginstall Driver seperti ini.

 

 

Dimana pada bagian Device manager di laptop kamu akan terlihat seperti ini:

 

 

Jika sudah, silahkan klik tombol refresh pada Miflash tool nya, maka akan mendeteksi sebagai COMX dimana X bisa berupa angka apa saja. Pada contoh ini, driver yang terdeteksi adalah COM5.

 

 

Jika sudah seperti ini, silahkan klik Tombol flash sehingga tool akan mulai melakukan flashing pada Redmi 5A Riva kamu. Tunggu hingga prosesnya selesai.

 

 

Jika proses flashing berjalan dengan lancar, maka pada layar akan terlihat notifikasi berupa teks latar hijau bertuliskan success.

 

 

Sampai disini, proses flashing selesai, silahkan cabut kabel data dan pasang kembali konektor baterai lalu nyalakan ponsel seperti biasa nya.

 

Jika berhasil, pada halaman login akun Mi akan ada opsi untuk dilewatkan seperti ini.

 

 

Itu berarti ponsel sudah dalam keadaan normal dan kamu bisa seting pengaturan awal seperti biasanya hingga hp masuk ke menu utama.

 

Jika Micloud sensor masih bermasalah, kamu bisa flashing ulang ponsel dengan langkah yang sama seperti diatas namun dengan file pada folder “fix_micloud_riva” yang terdapat pada folder utama Fix Micloud Redmi 5A Riva.

 

Sampai disini, artikel cara Unlock Mi Cloud pada Xiaomi Redmi 5A Riva telah selesai. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share kepada teman-teman kamu yang memiliki masalah Xiaomi Redmi 5A nya terkunci akun Mi.

Avatar
Nissa merupakan salah satu kontributor di Website Tekno Flasher, Nissa memiliki hobi menulis terutama di seputar gadget yang memang telah di gandrungi selama lebih dari tiga tahun. Selain menulis di Website ini, Nissa juga merupakan seorang Teknisi Handphone yang mulai membuka konter sejak satu tahun yang lalu di Bandung.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *