Cara Root dan Pasang TWRP Recovery Redmi Note 7 Secara Permanen

Pada kesempatan kali ini, Saya ingin berbagi bagaimana cara root sekaligus menginstall TWRP Recovery pada HP Xiaomi Redmi Note 7. TWRP sendiri saat ini banyak digunakan untuk keperluan kustomisasi pada sistem ponsel, dimana dengan TWRP dan root, Kamu dapat menginstall Custom ROM, install Google Camera (GCAM) maupun install aplikasi-aplikasi lainnya untuk memaksimalkan kinerja ponsel.

Namun yang harus Kamu perhatikan sebelum melakukan cara ini, pastikan posisi ponsel Kamu telah di Unlock Bootloader/UBL terlebih dahulu.

 

Sedangkan yang akan kita install kali ini adalah TWRP Recovery OrangeFox, dimana TWRP ini merupakan salah satu yang paling stabil untuk Redmi Note 7, entah itu untuk keperluan install Custom ROM maupun untuk oprek-oprek lainnya.

 

Jika semua persyaratan diatas telah Kamu penuhi, sekarang mari kita mulai tutorial nya.

 

 

 

Apa itu TWRP OrangeFox Recovery

Sedikit penjelasan mengenai TWRP ini. OrangeFox Recovery merupakan salah satu custom recovery yang cukup populer dengan berbagai fitur yang mumpuni.

 

Selain itu, TWRP ini juga cukup rajin dalam melakukan update dan juga kompatibel di berbagai jenis ponsel maupun versi Android.

 

Beberapa fitur unggulan yang bisa Kamu dapatkan dari OrangeFox Recovery ini antara lain seperti proteksi kata sandi, terdapat patch bawaan seperti magisk dan patch khusus untuk reset password, Full open-source, sudah di implementasikan untuk MIUI OTA, update berkala dan lain sebagainya.

 

Bahan-bahan Install TWRP Redmi Note 7

Silahkan unduh semua bahan-bahan dibawah ini, dan simpan ke PC/Laptop Kamu dalam satu folder:

 

  1. OrangeFox Recovery for Redmi Note 7 Lavender
  2. Platform tools
  3. Disable DM Verity Redmi Note 7
  4. Magisk+Magisk Manager apk

 

Cara Install TWRP OrangeFox Recovery Xioami Redmi Note 7

Selanjutnya, Saya akan berikan tutorial bagaimana menginstall TWRP Recover pada HP Redmi Note 7.

 

Untuk syarat nya sudah sangat jelas Saya tuliskan diatas, yaitu posisi device telah di UBL, tanpa UBL, pastinya tutorial ini tidak akan berhasil Kamu lakukan.

 

So, silahkan cari tutorial bagaimana cara Unlock Bootloader di ponsel, karena pada dasarnya semua langkah UBL itu sama meskipun berbeda tipe ponsel. Sedikit catatan, tutorial ini pada interface nya sudah menggunakan MIUI 11.

 

Namun berapapun versi MIUI nya, langkah-langkah yang dilakukan tetaplah sama. Jika sudah, yuk simak caranya berikut ini:

 

Langkah 1. Bakcup Data

Backup semua semua file di ponsel Kamu ke memori eksternal atau ke PC sebagai antisipasi jika ternyata file di internal ter encrypt ataupun terjadi kesalahan yang mengharuskan ponsel Kamu di reset yang mengakibatkan semua data terhapus.

 

Langkah 2. Aktifkan Developer Option

Karena menginstall TWRP ini harus menggunakan PC/Laptop melalui abd-fastboot, maka yang pertama harus Kamu lakukan adalan mengaktifkan Developer Option beserta kustom seting lainnya pada menu tersebut.

 

Silahkan masuk ke Settings pilih About Phone, sehingga nanti akan Kamu temui berbagai informasi mengenai ponsel tersebut.

 

Untuk mengaktifkan, silahkan TAP beberapa kali pada informasi/Tulisan MIUI Version sampai muncul notifikasi “You are now a developer”.

 

 

Selanjutnya, silahkan kembali ke menu settings lalu scroll kebawah dan pilih menu Additional settings. Kemudian scroll lagi ke bawah sampai Kamu menemukan menu Developer Options, silahkan klik menu tersebut.

 

Kemudian aktifkan USB Debugging dengan cara klik atau geser tombol ke sisi kanan sehingga barubah tombolnya menjadi warna biru, biasanya terdapat warning dulu apakah USB Debugging diperbolehkan?

 

Klik saja OK, dan saat itu juga USB Debugging telah berhasil diaktifkan.

 

 

Sampai disini, kita telah mengatur ponsel supaya bisa membaca command prompt dari adb fastboot nantinya.

 

Langkah 3. Install TWRP OrangeFox Melalui Fastboot

Langkah selanjutnya kita akan mulai menginstall TWRP Recovery nya.

 

Pertama-tama, silahkan Ekstrak file platform tools nya dengan cara klik kanan dan Extract Here sehingga nantinya akan terdapat folder baru bernama flatform-tools seperti ini:

 

 

Selanjutnya Ekstrak juga file OrangeFox nya, sehingga pada folder hasil Ekstrak tadi terdapat file bernama recovery.img.

 

Silahkan pindahkan file tersebut ke dalam folder flatform-tools yang mana pada foldernya akan menjadi seperti ini:

 

 

Jika sudah, selanjutnya silahkan hubungkan ponsel ke PC dengan kebel data, kemudian pada pilihan ponsel nya, ganti ke mode File Transfer seperti ini:

 

 

Setelah itu, copy file Disable Dm Verity, Magisk dan OrangeFox yang ada di PC ke memori ponsel, saya sarankan untuk meng-copy ke MicroSD ataupun ke Flashdisk melalui OTG.

 

 

Selanjutnya, ketika posisi ponsel masih terhubung ke PC. Silahkan buka folder flatform-tools yang di PC/Laptop tadi.

 

Kemudian pada folder tersebut buka cmd/command prompt dengan cara tekan tombol Shift pada keyboard diikutin dengan klik kanan pada mouse dan pilih Open command windows here dan akan terbuka CMD nya seperti ini:

 

 

Jika sudah, silahkan cek koneksi antara ponsel dengan PC/Laptopnya dengan cara memasukan perintah dibawah ini yang diikuti dengan menekan tombol ENTER.

 

adb devices

 

Kemudian cek pada ponsel nya, Kamu akan mendapat notifikasi izin. Centang bagian Allways allow from this computer, dan Klik saja OK.

 

 

Kemudian kembali lagi ke CMD nya, selanjutnya ulangi perintah adb devices tadi dan tekan ENTER sehingga hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini:

 

 

Jika berhasil terkoneksi dengan baik, maka pada layar akan tertulis List of devices attached.

 

Jika tidak ada, periksa kembali koneksi antara ponsel dan PC nya, kemudian ulangi perintah diatas sampai notifikasi nya seperti pada gambar.

 

Lalu setelah semua berjalan tanpa ada masalah, buat ponsel masuk ke mode fastboot dengan cara mengetikan sebuah perintah pada CMD nya. Berikut adalah perintah yang harus Kamu masukan:

 

adb reboot bootloader

 

Kemudia tekan ENTER sehingga secara otomatis ponsel akan merestart dan seketika menyala dalam keadaan masuk ke mode fastboot.

 

 

Kemudia kembali ke CMD nya, dan ketikan perintah:

 

fastboot devices

 

Klik ENTER, lalu pada layar akan tampil devices berupa kode acak seperti pada gambar ini:

 

 

Selanjutnya kita akan melakukan pemasangan TWRP OrangeFox Recovery nya. Silahkan masukan perintah berikut ini untuk melakukan pemasangan:

 

fastboot flash recovery recovery.img

 

Tekan ENTER, tunggu beberapa saat sampai proses flashing revovery nya selesai.

 

Jika berhasil, maka akan ditandai dengan tampilan berikut pada layar:

 

 

Sampai disini tahap pemasangan TWRP Recovery pada Redmi Note 7 telah berhasil.

 

Selanjutnya kita kembali ke ponsel nya, masih dalam mode fastboot, Kamu boleh melepaskan koneksi kabel data nya.

 

Lalu masuk ke OrangeFox Recovery nya dengan cara menekan kombinasi tombol power dan volume atas secara bersamaan, ketika ponsel booting sampai logo Redmi, saat itu juga lepaskan kombinasi kedua tombol tersebut.

 

Silahkan tunggu ponsel masuk ke tampilan awal OrangeFox nya seperti ini:

 

 

Sampai disini OrangeFox telah berhasil di install pada ponsel, namun dengan fitur yang belum terinstall secara keseluruhan, itu karena tadi kita hanya menginstall recovery.img saja.

 

Lalu apa yang harus dilakukan supaya semua fitur pada TWRP ini bisa kita install seluruhnya?

 

Tentu saja dengan menginstall ulang OrangeFox Recovery nya, itu kenapa tadi diawal kita mengcopy file ke dalam ponsel.

 

Untuk caranya, silahkan ikuti langkah-langkah nya berikut ini:

 

Setelah masuk ke halaman TWRP seperti pada gambar diatas, tunggu beberapa detik kemudian akan masuk ke menu file di OrangeFox nya, selanjutnya Kamu klik icon microSD yang ada di kanan atas.

 

 

Kemudian pilih dimana kita menyimpan/copy file nya tadi. Apakah di memori internal atau di eksternal. Pada contoh diatas, file di copy di memori eksternal. Maka dipilih lah microSD seperti pada gambar ini:

 

 

Lalu akan terbuka list file yang ada pada microSD tersebut. Silahkan scroll ke bawah dan cari file bernama OrangeFox-R10.0_2-Stable-lavender.zip setelah itu klik file nya, dan akan terbuka halaman notifikasi installer nya.

 

Kemudian pada tombol paling bawah, silahkan swift/geser ke kanan untuk mulai proses install ulang OrangeFox nya, dan tunggu sampai instalasinya selesai.

 

 

Jika proses install nya telah selesai, maka ponsel akan kembali restart kemudian secara otomatis masuk lagi ke TWRP OrangeFox Recovery nya.

 

Jika ketika masuk ke TWRP terdapat notifikasi seperti ini:

 

 

Silahkan centang pada bagian Never show this screnn again, lalu Swipe dan akan kembali ke tampilan file pada TWRP nya.

 

Sampai disini, pemasangan TWRP Recovery di Xioami Redmi Note 7 sebetulnya sudah selesai.

 

Namun ada beberapa kendala yang memang sering terjadi, yaitu jika ponsel dimatikan/di restart, TWRP yang telah kita install sebelumnya akan menjadi hilang sehingga Recovery kembali ke default nya yaitu Recovery bawaan Xioami (Mi Recovery).

 

Lalu, bagaimana supaya TWRP OrangeFox ini tetap ada / permanen di ponsel tersebut? Yuk, kita bahas caranya:

 

Solusi Install TWRP Permanen di Xioami Redmi Note 7

Seperti yang telah Saya singgung diatas, jika kita hanya menginstall TWRP secara default atau tanpa file tambahan, maka yang terjadi adalah Custom recovery akan kembali ke Mi Recovery ketika ponsel kita matikan atau di restart.

 

Nah, untuk membuat TWRP entah itu OrangeFox ataupun TWRP lainnya terinstall secara permanen, berikut Saya jelaskan tutorialnya:

 

Ketika TWRP sudah terinstall seperti diatas, silahkan masuk ke OrangeFox Recovery nya. Kemudian kita install file bernama Disable Dm Verity.

 

Caranya sama seperti ketika Kamu menginstall Ulang TWRP yang tadi di praktekan, yaitu dengan cara klik icon microSD, lalu pilih dimana file tadi Kamu simpan dan kemudian cari dan klik file bernama Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt_02.04.2019.zip.

 

Setelah itu lakukan instalasi dengan cara Swift tombol eksekusi ke kanan yang ada di bagian bawah sehingga nanti proses install akan dimulai. Setelah sukses, maka pada OrangeFox nya akan terlihat seperti ini:

 

 

Setelah itu restart ponsel dengan cara klik Reboot System pada tombol yang ada di bawah kanan sehingga ponsel akan me-restart dan masuk ke menu biasanya.

 

Selanjutnya, silahkan coba masuk ke TWRP Recovery lagi untuk memastikan jika TWRP masih terinstall di ponsel. Caranya seperti biasa, setelah ponsel dalam keadaan off, silahkan tekan tombol volume up dan tombol power secara bersamaan.

 

Setelah muncul logo Redmi saat itu juga kedua kombinasi tersebut di lepas dan kemudian jika ponsel masuk ke OrangeFox Recovery lagi, itu berarti install TWRP secara permanen telah sukses dilakukan.

 

 

Dan pada akhirnya, memasang TWRP Recovery pada Redmi Note 7 secara permanen berhasil dilakukan dengan sukses.

 

Lalu, bagaimana cara root Redmi Note 7 ini? Silahkan simak penjelasannya berikut ini:

 

Cara Root Redmi Note 7 Menggunakan Magisk dan TWRP OrangeFox Recovery

Setelah semua pemasangan TWRP pada Redmi Note 7 berhasil, sekarang saat kita akan melakukan rooting pada ponsel.

 

Tidak lengkap rasanya jika kita memasang Custom Recovery sementara ponsel nya tidak di root. Kenapa harus root dan apa manfaatnya? Mungkin itu beberapa pertanyaan yang sering terlintas di pikiran kita.

 

Kelebihan Melakukan Rooting Pada Ponsel

  1. Dapat dengan mudah menginstall berbagai ROM termasuk custom rom yang saat ini sedang di gandrungi para oprekers disamping rom bawaan nya.
  2. Dapat menghapus Bloatware dengan mudah, sudah bukan rahasia lagi jika ponsel saat ini hadir dan di bundling dengan segudang bloatwarenya yang kadang sering membuat para user tidak merasa nyaman.
    Sayang nya bloatware ini tidak dapat dihapus seperti aplikasi yang kita install melalui PlayStore. Namun dengan posisi ponsel di root, menghapus bloatware akan sangat mudah dilakukan.
  3. Memblokir iklan, pada kasus ini sama seperti pada point nomor dua. Dimana iklan pada ponsel sering tiba-tiba muncul dan kebanyakan cukup mengganggu para usernya. Dan ini dapat dengan mudah di blokir ketika posisi ponsel sudah di root.
  4. Install berbagai aplikasi meskipun tidak kompitabel. Ketika ponsel berhasil di root, kita dapat dengan mudah melakukan apapun termasuk menginstall berbagai aplikasi yang memang sejatinya tidak kompitabel dengan device yang kita miliki. Termasuk salah satunya yang sedang populer adalah Google Camera atau GCAM.

 

Itulah sebagian kelebihan ketika ponsel kita berhasil di root. Untuk itu, mari kita mulai rooting pada Redmi Note 7. Diawal tutorial tadi, kita telah mencopy beberapa file kedalam memori ponsel tersebut, salah satunya file rooting yaitu Magisk.

 

Sekarang, silahkan kembali ke OrangeFox Recovery nya, lalu pada halaman awal, seperti biasa klik icon microSD tadi. Kemudian pilih dimana file tersebut di simpan, baik itu di internal memori atau di copy ke microSD.

 

Selanjutnya klik file nya, pada contoh ini Saya menggunakan magisk-v20.3.zip, lalu Swift kekanan tombol installer nya sehingga proses instalasi akan dimulai.

 

Proses nya sedikit lebih lama, silahkan tunggu sampai install berhasil seperti ini:

 

 

Jika sudah dipastikan pemasangan magisk nya berhasil, silahkan restart ponsel dengan klik tombol Reboot berwarna orange tersebut. Proses rebootnya sendiri memakan waktu sekitar 3 sampai 5 menit, jadi silahkan bersabar menunggu.

 

Jika ponsel sudah kembali menyala, selanjutnya yang harus Kamu lakukan adalah menginstall magisk manager apk nya yang dapat Kamu unduh pada link bahan diatas.

 

 

Jika sudah berhasil terinstall, silahkan buka aplikasi untuk mengetahui berbagai informasi versi magisk atau status ponsel apakah sudah berhasil di root atau belum.

 

Sampai disini, tutorial Root dan pasang TWRP Redmi Note 7 secara Permanen sudah selesai Saya uraikan secara rinci.

 

Sedangkan untuk cara root dan pasang TWRP pada tipe ponsel lain nya sebenarnya langkah-langkah yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan yang Saya tulis ini.

 

Jadi untuk Kamu yang ingin melakukan hal yang sama pada tipe Xiaomi Redmi lain, silahkan sesuaikan saja. Dan yang perlu di ingat, selalu biasakan untuk membackup terlebih dahulu semua data di memori internal ke PC maupun ke microSD nya.

 

Silahkan share kepada teman, kerabat maupun keluarga Kamu yang juga menginginkan pasang TWRP dan Root Redmi Note 7 ini. Semoga bermanfaat.

2

Tinggalkan komentar