Cara Root dan Pasang TWRP di Xiaomi Redmi 4X MIUI 11 anti Bootloop

Seperti yang telah kita ketahui, jika TWRP merupakan custom recovery yang saat ini banyak digunakan oleh para user yang gemar memodifikasi sistem ponsel nya.

TWRP ini sangat berguna untuk menginstall custom rom, backup data, root, hingga install berbagai aplikasi modif seperti Google Camera (GCAM) yang saat ini sedang populer.

 

 

Lalu, ponsel apa saja yang dapat dipasang TWRP ini?

 

Pada dasarnya, ponsel apapun bisa kita pasang TWRP selama kita bisa membuka bootloader nya atau sering kita dengar dengan istilah Unlock Bootloader.

 

Samsung, Xiaomi dan Asus adalah Vendor ponsel favorit bagi para user yang gemar oprek HP. Namun sebagai catatan, ponsel-ponsel keluaran Oppo dan Vivo umumnya akan susah atau bisa dikatakan tidak bisa kita unlock bootloader.

 

Itu karena interface pada ponsel dalam hal ini ColorOS dan Funtouch OS secara default telah di kunci permanen bootloader nya sehingga tidak memungkinkan untuk kita oprek-oprek lagi.

 

Berbeda dengan ponsel keluaran Xiaomi, Samsung dan Asus yang memang pada interface nya masih bisa kita oprek-oprek lagi sehingga kebebasan para user untuk memodifikasi sistem masih sangat leluasa dilakukan.

 

Nah, pada artikel ini, Saya akan share bagaimana cara memasang TWRP pada Xaiomi Redmi 4x tanpa bootloop, sekaligus memasang Magisk untuk kemudian root ponsel nya sehingga nanti Kamu bisa memasang GCAM dan memasang custom Rom sesuai selera Kamu.

 

Namun yang harus Kamu ketahu sebelumnya, jika dengan mengunlock bootloader ini sama artinya dengan menghanguskan garansi resmi pada perangkat tersebut, jadi sebaiknya pikirkan terlebih dahulu konsekuensi nya.

 

Namun pada artikel ini, Saya tidak akan membahas cara unkock bootloader pada HP Xiaomi Redmi 4x ini, bagian ini akan Saya bahas di lain waktu.

 

Jika sudah paham, maka kita akan mulai ke tahap awal bagaimana cara pasang TWRP pada ponsel Xiaomi ini.

 

Unduh Bahan-bahan Pasang TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4x

Sebelum kita masuk ke tahap install, sebaiknya Kamu persiapkan bahan-bahan berikut ini.

 

  1. Quallcom Driver Installer
  2. Instaler TWRP R4X
  3. Lazyflasher Redmi 4x
  4. Magisk-v19.4

 

Kemudian, silahkan simpan file-file tersebut pada satu folder untuk memudahkan kita ketika proses instalasinya.

 

Langkah Persiapan Bahan

Selanjutnya kita akan membuat persiapan bahan-bahan yang telah Kamu download diatas, silahkan ikuti langkah nya secara berurutan.

 

Langkah 1. Pertama, install Qualcomm Driver Installer pada PC/Laptop. Caranya setelah di ekstrak, klik dua kali pada file Qualcomm Driver Installer nya. Pilih yang ditandain dibawah:

 

 

Kemudian jika terdapat windows baru notifikasi untuk install drivernya seperti ini:

 

 

Silahkan klik tombol install, biasanya akan muncul beberapa kali. Namun yang jelas, Kamu harus install semua driver yang muncul berupa popup tersebut sampai instalasi dinyatakan sukses.

 

Langkah 2. Pada file yang telah Kamu download diatas, terdapat dua file yang harus Kamu simpan di memori ponsel nya, yaitu file Lazyflasher.zip dan Magisk.zip.

 

Silahkan copy atau pindahkan kedua file tersebut kedalam memori ponsel di folder utama. Jangan dimasukin ke dalam folder lagi, jika kurang paham, silahkan lihat gambar dibawah:

 

 

Langkah 3. Selanjutnya seperti biasa, yang harus Kamu lakukan adalah mengaktifkan USB Debugging pada ponsel.

 

Langkahnya adalah masuk ke Tentang Ponsel, lalu ketuk beberapa kali pada bagian Versi MIUI sehingga muncul notifikasi “Sekarang anda adalah seorang pengembang“.

 

 

Kemudian kembali ke pengaturan ponsel, lalu scroll kebawah dan pilih Setelan Tambahan -> Opsi Pengembang.

 

Lalu setelah masuk ke opsi pengembang nya, cari kebawah dan Kamu akan menemukan pilihan Debugging USB, silahkan aktifkan dengan mengetuk tulisan nya sampai tombol sebelah kanan nya berubah menjadi biru.

 

 

Setelah itu silahkan matikan ponsel dan masuk ke mode fastboot. Caranya pada waktu ponsel keadaan mati, tekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan hingga muncul logo Fastboot nya seperti ini:

 

 

Install TWRP dan ROOT Xiaomi Redmi 4x MIUI 11

Ini merupakan bagian inti dari tutorial ini, jika Kamu sudah melakukan instruksi dari awal tanpa ada yang terlewat, maka selanjutnya silahkan ikuti langkah yang akan Saya bahas dibagian ini.

 

Pertama, Lakukan Ekstrak pada file Instaler TWRP R4X.zip nya, lalu pada hasil ekstrakan Kamu akan menemukan dua file lain yaitu TWRP_3.1.1-0_Redmi4x_6.zip dan TWRP_3.1.1-0_Redmi4x_7.zip.

 

Jika pada ponsel Kamu masih menggunakan Android 6, maka pilih yang pertama, dan jika sudah menggunakan Android 7 silahkan piliha file yang kedua.

 

Karena pada ponsel Saya sudah menggunakan Android versi 7, jadi Saya menggunakan file yang kedua yaitu TWRP_3.1.1-0_Redmi4x_7.zip dan Ekstrak kembali untuk mendapatkan Installer nya. Dan hasilnya menjadi seperti ini:

 

 

Kedua, sambungkan ponsel yang telah masuk ke mode Fastboot tersebut dengan PC/Laptop nya. Lalu pada folder Instaler TWRP nya, silahkan klik dua kali di file Flash-Redmi 4x TWRP seperti yang Saya tandai pada gambar diatas. Kemudian secara otomatis akan terbuka jendela baru berupa CMD seperti ini:

 

 

Klik ENTER lalu akan terlihat progress, dan kemudian ENTER lagi sampai beberapa kali sehingga akhirnya Kamu mendapatkan notifikasi seperti ini:

 

 

Silahkan klik lagi ENTER, dan biasanya ponsel akan restart yang kemudian secara otomatis juga masuk ke menu awal TWRP nya.

 

Install Magisk dan Anti Bootloop

Setelah ponsel kembali menyala dan masuk ke TWRP, maka tahap berikutnya adalah menginstall dua file yang sebelumnya telah di simpan didalam memori ponsel tadi.

 

Kedua file tersebut ialah Magisk.zip dan Lazyflasher.zip. Magisk berfungsi untuk melakukan root pada ponsel, sedangkan Lazyflasher ini berfungsi untuk menghindari bootloop setelah ponsel dipasang TWRP tadi.

 

Langkah 1 Wipe Ponsel

Setelah ponsel reboot dan otomatis masuk ke TWRP, selanjutnya lakukan wipe terlebih dahulu dengan cara klik Menu Wipe, lalu pilih Advanced Wipe sehingga muncul beberapa pilihan. Centang di pilihan pertama yaitu Dalvik / ART Cache kemudian swife tombol paling bawah ke kanan untuk mulai mengeksekusi.

 

Langkah 2 Install Lazyflasher anti Bootloop

Setelah selesai melakukan wipe, kembali ke menu utama. Kemudian pilih menu Install dan secara otomatis akan diarahkah ke memori internal ponsel dimana tadi Kamu mengcopy kedua file tersebut.

 

Lalu schroll kebawah dan cari file Lazyflasher.zip, jika sudah ketemu, silahkan klik nama file nya kemudian geser tombol flash ke kanan yang terdapat tulisan “Swipe to confirm Flash”, dan tunggu sampai proses flashing nya selesai seperti ini:

 

 

Langkah 3 Install Magisk

Selanjutnya apakah Kamu sekaligus akan melakukan root ponsel atau tidak, itu kembali bagaimana tujuan Kamu melakukan semua langkah ini.

 

Namun yang pasti, proses root sebaiknya dilakukan mengingat software apapun yang ingin Kamu install dan berasal dari pihak ketiga, maka root ini tentu wajib dilakukan.

 

Jadi, silahkan install Magisk-v19.4.zip yang telah Kamu copy sebelumnya. Sebagai tambahan saja, kenapa Saya lebih memilih magisk versi ini, karena menurut Saya versi ini sangat cocok untuk Kamu yang akan memasang gcam ataupun modul lainnya di xiaomi redmi 4x ini.

 

Sebelumnya Saya mencoba menggunakan magisk versi 20 keatas, dan modul selalu sukses di install namun GCAM tetap tidak bisa dibuka alias force close.

 

Oke, jika Kamu memilih untuk melakukan root, silahkan kembali ke menu utama di TWRP nya. Setelah itu seperti pada langkah sebelumnya, klik Menu Install, kemudian cari file bernama Magisk-v19.4.zip dan klik nama filenya.

 

Lalu lakukan flashing seperti pada langkah diatas yaitu dengan swipe tombol ke kanan dan tunggu proses nya sampai selesai.

 

 

Jika sudah, silahkan reboot ponsel dengan menekan tombol Reboot System sehingga ponsel akan memuat ulang.

 

Jika ponsel sudah kembali menyala seperti biasa, silahkan cek apakah ada menu Magisk Manager. Jika ada berarti ponsel sudah dalam keadaan root dan siap untuk menginstall apapun seperti Pasang GCAM atau Install Custom ROM di Xiaomi Redmi 4X.

 

Namun yang harus diingat, ketika Kamu membuka magisk manager, sebaiknya matikan data seluler atau wifi yang terhubung, ini supaya magisk tidak meminta update secara otomatis.

 

Kesalahan Saya yang pertama adalah mengupdate Magisk ke versi terbaru dan alhasil Saya kesulitan ketika akan memasang gcam dengan alasan yang Saya sebutkan diatas, sehingga akhirnya Saya menurunkan kembali versi Magisk nya dan itu cukup merepotkan karena harus memulai dari awal.

 

Itulah artikel tutorial Pasang TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X yang bisa Saya sampaikan. Semoga tutorialnya mudah dipahami, namun untuk Kamu yang lebih suka mengikuti tutorial dalam bentuk video, silahkan simak pada video dibawah ini. Jangan lupa untuk SUBSCRIBE Channel nya ya.

Tinggalkan komentar