Cara Root dan Pasang TWRP di Samsung Galaxy J7 Prime [SM-G610F/SM-G610M]

Diposting pada

Mengingat banyaknya permintaan untuk membuat tutorial cara melakukan root sekaligus pasang TWRP di hp Samsung Galaxy J7 Prime, maka pada kesempatan kali ini Saya akan mencoba untuk menyusun artikel nya dan mudah-mudahan bisa dimengerti.

Kebetulan saat ini ada bahan untuk dijadikan ujicoba pada artikel tutorial ini. Sebetulnya, cara melakukan root maupun install twrp pada konsep nya sama saja ketika Kamu melakukan nya pada handphone Samsung lain nya, sama seperti ketika saya menginstall TWRP di Samsung Galaxy S8. Yang membedakan hanya terdapat pada file nya saja.

 

Perlu diketahui, kelebihan setelah dipasang nya twrp pada hp ini yaitu Kamu akan mendapat kemudahan ketika melakukan kustomisasi pada perangkat.

 

 

Jika sebelum memasang twrp Kamu harus melibatkan PC ketika akan downgrade maupun upgrade firmware.

 

Namun ketika sudah terinstall twrp nya, maka Kamu cukup menyediakan firmware recovery nya dan dapat dengan mudah Kamu install tanpa menggunakan PC.

 

Tidak hanya itu, Kamu juga bisa menginstall Custom ROM yang Kamu sukai untuk meningkatkan kinerja ponsel Kamu melalui Custom recovery ini. Juga, Kamu bisa memasang custom kernel sesuai dengan yang Kamu minati.

 

Sedangkan untuk melakukan root, Kamu juga bisa menggunakan TWRP ini sehingga akan lebih mudah ketika pelaksanaan nya.

 

Namun perlu diperhatikan, jika ingin sempurna hasilnya ketika install twrp ini, tentu tidak mungkin Kamu lakukan tanpa menggunakan atau melibatkan PC/Laptop, karena ini merupakan syarat mutlak yang harus Kamu siapkan.

 

Lalu, apa kekurangan ketika dipasang twrp?

 

Saya pikir hampir tidak ada sama sekali, mungkin satu-satunya yang harus diperhatikan adalah hilang nya garansi pada unit, itupun jika perangkat mu masih dalam masa garansi.

 

Jadi, tidak perlu ada yang Kamu khawatirkan tentang itu, selama Kamu mengikuti instruksi disetiap langkah nya sehingga kesalahan akan terminimalisir.

 

Syarat dan Bahan Pasang TWRP di Samsung J7 Prime

Setelah diatas Saya jelaskan sedikit kelebihan maupun kekurangan menginstall TWRP, maka pada bagian ini, Saya akan informasikan syarat dan bahan yang wajib Kamu siapkan.

 

Seperti yang sebelumnya Saya singgung, syarat utama yang harus Kamu sediakan adalah sebuah PC/Laptop.

 

Jika dirumahmu tidak ada alat ini, maka Saya sarankan untuk menggunakan PC warnet namun menyipakan bahan nya terlebih dahulua.

 

Alternative lain, Kamu bisa pinjam sama keluarga atau teman yang memiliki Laptop.

 

Kemudian untuk bahan yang harus Kamu siapkan adalah sebagai berikut:

 

  1. TWRP32.1 for Samsung J7 Prime [SM-G610F/SM-G610M]
  2. ODIN 3
  3. DM_Verity Samsung J7 Prime
  4. Magisk 19.4

 

Setelah semua syarat dan bahan sudah Kamu persiapkan, lakukan juga install Samsung USB Driver pada PC/Laptop nya supaya nanti perangkat bisa terdeteksi.

 

Kemudian, copy atau pindahkan file Magisk.zp dan DM Verity.zip nya ke memori eksternal hp Kamu, Saya sarankan di MicroSD supaya lebih aman.

 

 

Note: Cara ini akan menghapus semua file yang ada di memori internal Kamu. Jadi sebaiknya lakukan backup ke kartu MicroSD terlebih dahulu semua file tersebut.

 

Langkah Pasang TWRP Samsung J7 Prime

 

Aktifkan USB Debugging

Sebelum mengaktifkan nya, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengaktifkan Developer mode terlebih dahulu.

 

Untuk Kamu yang baru pertama melakukan ini, mungkin akan sedikit kebingungan. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting terlebih dahulu, kemudian masuk ke About Phone (Tentang ponsel) dan klik Software Information.

 

Kemudian akan terbuka halaman yang menampilkan berbagai informasi software nya.

 

Nah, pada bagian Build number, silahkan ketuk beberapa kali sampai muncul tulisan “Sekarang anda adalah seorang pengembang”.

 

 

Sampai disini, mode pengembang sudah berhasil di aktifkan.

 

Berikut nya, untuk mengaktifkan USB Debugging, silahkan masuk ke halaman Developer (Pengembang).

 

Halaman nya sendiri ada di bagian Setting di menu utama nya, scroll kebawah dan klik {} Developer options.

 

Kemudian aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging nya dengan cara tap pada tulisan masing-masing bagian sampai muncul notifikasi pengaktifan, klik Ok sehingga seperti ini:

 

 

Masuk Download Mode

Setelah selesai, kemudian matikan hp dan masuk ke Download mode. Cara masuk Download mode nya, tekan kombinasi tombol Volume bawah, Tombol Home dan Tombol power secara bersamaan sampai layar menyala seperti ini:

 

 

Lalu untuk masuk ke download mode nya, Kamu cukup menekan tombol volume atas sehingga secara otomatis hp akan menampilkan download mode seperti ini:

 

 

Lalu yang terakhir, sambungkan hp ke PC/Laptop menggunakan kabel data, tidak perlu yang original tapi masih berfungsi baik.

 

Flash Menggunakan ODIN

Pada bagian ini merupakan tahap yang harus dilakukan secara teliti, karena satu kesalahan bisa fatal akibatnya, salah satunya hp Samsung J7 Prime kamu bisa terjadi bootloop. Jadi, silahkan ikuti step nya perlahan namun tenang.

 

Ekstrak file ODIN yang sudah Kamu download sebelumnya, sehingga akan mendapatkan folder dengan isi seperti ini:

 

 

Silahkan buka file ODIN yang Saya tandai pada gambar diatas, klik dua kali sampai terbuka seperti ini:

 

 

Saya jelaskan pada gambar diatas sesuai yang Saya kasih tanda.

 

Pada tanda nomor Satu, itu menandakan jika hp sudah terdeteksi dengan baik.

 

Jika ternyata punya Kamu tidak sesuai dengan gambar diatas, silahkan cabut dan pasang kembali kabel datanya.

 

Jika masih belum terdeteksi, periksa driver apa sudah terinstall di Laptop nya.

 

Lalu di nomor Dua, silahkan klik tab Options lalu unchek list di bagian Auto Reboot nya.

 

Ditanda nomor Tiga, silahkan klik pada tombol AP, kemudian arahkan ke file recovery.rar yang sudah Kamu download tadi.

 

Dan di tanda nomor Empat, klik Start dan ODIN akan melakukan tugasnya memasang TWRP di hp Kamu.

 

Jika berhasil, pada tool ODIN nya akan terlihat seperti ini:

 

 

Masuk ke TWRP

Setelah pada ODIN terdapat notifikasi PASS seperti diatas. Berikutnya silahkan masuk ke TWRP di hp nya.

 

Caranya adalah dengan menekan tombol volume bawah, Tombol Home dan Tombol Power secara bersamaan.

 

 

Kemudian ketika layar hp gelap (Restart) dengan cepat pindahkan tekanan pada tombol volume bawah tadi ke Tombol volume atas secara cepat, sehingga hp akan langsung masuk ke TWRP nya seperti ini:

 

 

Kamu cukup Swife Tombol bawah ke kanan untuk bisa masuk ke menu utama di TWRP ini tersebut.

 

Kemudian jika sudah masuk ke menu TWRP nya, silahkan lakukan format data dengan cara klik Wife, lalu pilih tombol Format Data dan akan terbuka halaman baru.

 

Silahkan ketikan “yes” dan klik tombol tanda centang dibawah untuk melanjutkan proses format datanya.

 

 

Setelah selesai, silahkan kembali ke menu utama di TWRP nya, dan kita akan siap-siap install Magisk di Langkah berikutnya.

 

Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime [SM-G610F/SM-G610M]

Setelah berhasil menginstall TWRP dan melakukan seting awal di Recovery nya, maka langkah terakhir yang akan kita lanjutkan adalah menginstall DM Verity dan melakukan Root pada Samsung Galaxy J7 Prime ini.

 

Setelah Kamu masuk ke halaman atau menu utama di TWRP nya, silahkan klik tombol Install, kemudian klik Select Storage dan pilih MicroSD, lalu temukan file magisk.zip yang tadi di copy ke MicroSD nya.

 

Setelah itu klik file nya dan akan terbuka halaman baru, lalu Geser tombol bagian bawahnya ke kanan sampai TWRP menginstall magisk nya seperti ini:

 

 

Kemudian jika sudah selesai seperti ini:

 

 

Selanjutnya silahkan kembali ke menu Utama, lalu lakukan juga install DM Verity.zip nya untuk menghindari bootloop, lakukan seperti ketika Kamu menginstall file Magisk tadi.

 

Seharusnya pada bagian ini bisa masuk ke langkah sebelumnya, namun tidak apa-apa Saya masukan ke langkah rooting.

 

Kemudian setelah selesai menginstall DM verity nya, silahkan restart hp dengan klik pada tombol Reboot System sehingga hp akan reboot dan tunggu sampai masuk ke pengaturan awal.

 

Lakukan pengaturan nya seperti pertama kali Kamu membeli hp tersebut.

 

Sampai disini tutorial Cara Root dan Install TWRP di Samsung Galaxy J7 Prime sudah selesai dilakukan. Semoga berhasil.

Avatar
Nissa merupakan salah satu kontributor di Website Tekno Flasher, Nissa memiliki hobi menulis terutama di seputar gadget yang memang telah di gandrungi selama lebih dari tiga tahun. Selain menulis di Website ini, Nissa juga merupakan seorang Teknisi Handphone yang mulai membuka konter sejak satu tahun yang lalu di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *