Cara Root dan Install TWRP Xioami Redmi 5a Riva Oreo MIUI 11

Setelah sebelumnya Saya memberikan tutorial bagaimana Install TWRP di Xiaomi Redmi 4x yang bisa Kamu baca disini, maka pada sesi ini Saya akan kembali memberikan tutorial bagaimana melakukan root sekaligus memasang TWRP pada HP Xiaomi Redmi 5a (Riva) dimana pada interface ponsel ini sudah menggunakan MIUI 11 dengan Versi Android 8.1 (Oreo).

Sedangkan untuk TWRP nya sendiri untuk tutorial kali ini menggunakan TWRP OrangeFox. Seperti biasa, syarat utama untuk melakukan langkah ini adalah ponsel Kamu harus dalam keadaan UBL atau Unlock Bootloader. Jadi pastikan syarat awal tersebut sudah Kamu penuhi.

 

 

Sedikit informasi saja, dengan melakukan root dan memasang TWRP di ponsel, Kamu dapat melakukan apapun terhadap sistem ponsel seperti install custom rom, pasang google camera, hapus aplikasi bawaan dan lain sebagainya.

 

Namun dari kelebihan diatas, tentu saja ada celah atau bug yang harus Kamu waspadai.

 

Misalnya, ponsel menjadi rentan terhadap serangan virus maupun malware, hal tersebut karena bootloader pada ponsel telah terbuka sepenuhnya.

 

Bahkan pada saat mengikuti langkah ini pun masih bisa terjadi risiko yang cukup fatal jika Kamu tidak melakukan sesuai intruksi, hal yang paling sering dialami adalah terjadinya bootloop pada hp, yang paling parah adalah terjadi brick (mati total). Jadi, sebaiknya silahkan ikuti langkah-langkah nya dengan benar.

 

Bahan-bahan Root dan Pasang TWRP Redmi 5a Riva

  1. TWRP Installer OrangeFox Redmi 5a
  2. Magisk Manager v19.3 Redmi 5a
  3. no-verity-opt-encrypt-5.1.zip

 

Unduh bahan-bahan diatas, khusus untuk file Magisk dan no-verity-opt-encrypt, silahkan Kamu copy ke internal hp nya.

 

Pastikan kedua file tersebut di simpan di luar folder sehingga nanti nya akan mempermudah ketika melakukan penginstalan. Contohnya seperti ini:

 

 

Selanjutnya, ekstrak file TWRP Installer.zip nya yang sudah ada di PC/Laptop Kamu. Dan hasilnya seperti ini:

 

 

Pastikan semua file yang terdapat dalam folder sama seperti yang Kamu lihat pada gambar diatas. Oya, untuk Kamu yang belum menginstall driver di Laptop nya, sebaiknya lakukan penginstalan terlebih dahulu.

 

Untuk cara dan file driver nya, dapat Kamu temukan di artikel sebelumnya yaitu tentang pasang TWRP di Redmi 4x. Karena tidak mungkin Saya selalu bahas install driver di setiap artikel. Jadi silahkan cari di artikel sebelum nya ya.

 

Aktifkan Developer Option dan USB Debugging

Pada langkah ini, kita akan fokus ke hp nya terlebih dahulu. Jadi tinggal dulu Laptop dan kita beralih ke ponselnya yang kemudian lakukan pengaturan seperti pada langkah berikut:

 

Langkah 1. Aktifkan Developer Option (Mode Pengembang)

Pertama, silahkan masuk ke settings lalu pergi ke tentang ponsel (about phone). Disitu terdapat beberapa informasi seperti Device Name, Device Model, MIUI Version hingga Android Version.

 

Untuk mengaktifkan developer mode, silahkan tap beberapa kali pada informasi MIUI Version nya hingga muncul notifikasi “You are now a developer”.

 

 

Langkah 2. Aktifkan USB Debugging

Tahap selanjutnya adalah mengaktifkan USB Debugging pada hp Xioami Redmi 5a Kamu. Cara nya adalah, setelah Kamu sukses mengaktifkan Mode Developer nya, silahkan kembali ke setingan awal ponsel.

 

Setelah itu, cari ke bawah sampai menemukan Setelan tambahan (Additional settings), masuk ke pilihan tersebut sehingga Kamu menemukan pengaturan Opsi pengembang (Developer options).

 

Setelah Kamu berhasil membuka pengaturan pengembang nya, pastikan untuk opsi pengembang sudah dalam keadaan aktif seperti ini:

 

 

Kemudian, scroll kebawah dan aktifkan USB Debugging nya, biasanya ketika akan mengaktifkan terdapat warning berupa popup yang menyatakan permintaan apakah ingin mengaktifkan.

 

Kamu tinggal pilih saja OK sehingga hasilnya akan seperti ini:

 

 

Sampai disini pengaturan didalam ponsel nya telah berhasil dilakukan, selanjutnya kita akan mulai melakukan pemasangan TWRP OrangeFox nya pada Xiaomi Redmi 5a nya.

 

Sekali lagi Saya ingatkan untuk memindahkan file Magisk dan file no verity nya ke memori internal ponsel, no verity sendiri berfungsi untuk menghindari bootloop ketika TWRP sudah berhasil di pasang.

 

Sedangkan magisk untuk melakukan root pada hp Xiaomi Redmi 5a nya. Kedua file tersebut akan kita install melalui TWRP nantinya.

 

Pasang TWRP Xiaomi Redmi 5a dengan MIUI 11

Sekarang mari kita lakukan install TWRP nya, seperti yang sudah Saya sebutkan diatas, pada tutorial ini Saya menggunakan Xiaomi Redmi 5a dengan MIUI 11 dimana pada Android nya menggunakan Android Oreo.

 

Jadi jika saat ini versi MIUI maupun Android ponsel Kamu berbeda dari tutorial ini, maka Saya pikir TWRP akan terinstall dengan baik, jadi masih bisa Kamu ikuti cara nya.

 

Dan khusus untuk cara ini. Saya bagi ke beberapa langkah, silahkan simak dan lakukan sesuai tahapan nya.

 

Langkah 1. Masukan HP ke mode Fastboot

Langkah pertama yang harus dimulai adalah buat hp masuk ke mode fastboot.

 

Untuk caranya, matikan ponsel terlebih dahulu, kemudian setelah hp benar-benar sudah off, tekan tombol volume bawah+tombol power secara bersamaan sehingga ponsel dengan sendirinya akan masuk ke mode fastboot seperti ini:

 

 

Kemudian koneksikan ponsel dengan PC/Laptopnya. Pastikan ponsel benar-benar terbaca secara baik oleh Laptopnya. Jika tenyata tidak terbaca, kemungkinan besar adalah belum terintall nya driver pada Laptop Kamu. Jadi pastikan Kamu sudah menginstall driver nya dengan baik.

 

Langkah 2. Install TWRP

Jika sudah terkoneksi, kemudian buka folder TWRP Installer nya. Pada folder tersebut terdapat file bernama twrp-installer.bat. Untuk mulai menginstall, klik dua kali pada file tersebut sehingga pada layar akan terlihat seperti ini:

 

 

Kemudian klik ENTER untuk melanjutkan, akan loading beberapa saat sampai akhirnya terlihat tampilan seperti ini:

 

 

Tekan ENTER lagi untuk install TWRP nya, jika berhasil akan terlihat pada layar seperti ini:

 

 

Tunggu beberapa saat sampai kemudian ponsel akan restart dengan sendirinya dan tunggu sampai masuk ke menu awal TWRP OrangeFox nya.

 

Jika sudah, maka akan terlihat tampilan awal menu TWRP OrangeFox seperti ini:

 

 

Jika sudah seperti ini, maka TWRP OrangeFox sudah terinstall di HP Xioami Redmi 5a Kamu. Namun masih belum sempurna, karena biasanya ketika ponsel di restart maka ketika menyala tidak bisa masuk ke menu alias bootloop.

 

Untuk itu diperlukan install tool tambahan yaitu no-verity-opt-encrypt.zip tadi. Selain untuk menghindari bootloop, file ini juga sangat berguna supaya TWRP yang telah di pasang sebelumnya tidak terhapus atau kembali lagi ke Recovery bawaan ponsel nya. Untuk itu, silahkan simak caranya di langkah berikutnya.

 

Cara Install no verity dan root Xiaomi Redmi 5a menggunakan Magisk

Oke, langsung saja kita ke tahap berikutnya. Setelah ponsel masuk ke menu TWRP OrangeFox tadi, silahkan klik tombol Install, lalu scroll ke bawah dan pilih file no-verity-opt-encrypt.zip sehingga akan terbuka halaman baru.

 

 

Silahkan swipe tombol ke sebelah kanan untuk mulai menginstall. Tunggu proses install nya hingga selesai seperti ini:

 

 

Kemudian langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menginstall Magisk19.3.zip. Langkah ini seperti yang kita tahu adalah untuk melakukan rooting pada ponsel, termasuk di Xiaomi Redmi 5a ini.

 

Setelah berhasil menginstall no verity nya, silahkan kembali ke menu utama dan lakukan install seperti cara yang pertama tadi. Namun untuk kali ini file yang dipilih adalah Magisk-v19.3.zip.

 

 

Swipe atau geser tombol nya kekanan untuk mulai menginstall, tunggu beberapa saat hingga proses nya selesai seperti ini:

 

 

Selanjutnya silahkan restart ponsel dengan menekan tombol Reboot Sistem pada TWRP nya, dan tunggu sampai ponsel masuk ke menu seperti biasanya.

 

Untuk memastikan apakah ponsel sudah dalam keadaan rooted, Kamu dapat menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa Kamu dapatkan melalui Google Play.

 

Jika root berhasil, maka pada aplikasi tersebut akan terlihat seperti pada gambar ini:

 

 

Sampai disini Kamu telah berhasil root dan memasang TWRP DI Xiaomi Redmi 5a Kamu. Selanjutnya untuk memastikan apakah TWRP OrangeFox ini telah terinstall secara permanen.

 

Kamu dapat mengecek nya dengan cara tekan dan tahan tombol volume atas+power secara bersamaan hingga ponsel mati dan otomatis restart ke TWRP nya, itu menandakan jika Recovery bawaan telah diganti ke Custom Recovery yaitu TWRP OrangeFox yang telah di pasang tadi.

 

Selanjutnya, dengan Custom TWRP ini Kamu bisa menginstall apapun sesuai keinginan. Mulai dari flash Xiaomi Redmi 5a tanpa PC, flash ke custom rom, pasang GCAM dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar