Cara Pasang TWRP Recovery dan Root Xiaomi Redmi Note 5 Pro [Whyred] dengan MIUI 10

Jika Kamu berniat Memasang TWRP dan me-root Redmi Note 5 Pro (Whyred) yang telah di update ke MIUI10, pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstall terlebih dahulu TWRP recovery nya.

Untung nya, TWRP untuk Redmi Note 5 Pro sekarang sudah tersedia dan kamu dapat dengan mudah menginstall nya.

 

Caranya, Kamu bisa mengikuti langkah demi langkahnya pada artikel ini.

 

 

Akhir-akhir ini Xiaomi memperbaharui fitur terbarunya pada antarmuka MIUI 10 yaitu Anti-roll-back pada Note 5 Pro dimana dengan update tersebut kita tidak lagi bisa menginstall TWRP pada ponsel.

 

Hal ini terjadi mengingat pada update tersebut Xiaomi memblokir beberapa command (perintah) fastboot sehingga akan sulit dilakukan meskipun dengan cara mendowngrade versi MIUI ke versi lama.

 

Banyak kasus yang mencoba menurunkan versi MIUI dan menginstall TWRP namun hasilnya sia-sia, bahkan tidak sedikit yang mengalami ponsel menjadi bricked (Mati Total).

 

Tapi kamu tidak perlu khawatir, pada artikel ini Saya akan memandu bagaimana meng-install TWRP pada Redmi Note 5 Pro dengan MIUI 10 melalui flashing dengan tool sederhana untuk membuka kunci perintah yang di blokir tersebut.

 

 

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Sekilas tentang Spesifikasi Redmi Note 5 Pro, Smartphone ini merupakan ponsel yang dikeluarkan pihak Xiaomi pada Februari 2018 lalu.

 

Meskipun telah lama dirilis, namun sampai sekarang ponsel ini masih digandrungi penggemarnya terutama dikalangan gamer. Memiliki lebar layar 5.9 Inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel dimana layarnya menggunakan tipe IPS LCD.

 

Pada bagian dapurpacunya ponsel ini diusung oleh chipset Snapdragon 636 dengan CPU octa-core yang memiliki kecepatan 1.8 GHz dan berjalan pada antarmuka MIUI 9.

 

Pada sisi grafisnya, ponsel yang memiliki RAM hingga 6GB ini mengandalkan Adreno 509 yang diharapkan mampu menghasilkan gambar secara maksimal entah itu dalam bentuk video mapun grafis gamenya.

 

Sedangkan pada sisi kameranya, ponsel ini mengandalkan dual kamera dimana kamera utamanya sebesar 12MP yang disandingkan dengan kamera depth sensor yang memiliki kekuatan 5MP, cukup kecil memang jika dibandingkan dengan Smartphone terbaru di kelas yang sama.

 

Ponsel ini memiliki dua varian namun dengan satu varian pada sisi penyimpanan internalnya. Yaitu Varian RAM 4GB dan 6GB dengan ROM 64GB yang masih bisa ditingkatkan melalui kartu memori.

 

Sekarang mari kita bahas bagaimana cara Install TWRP Recovery sekaligus me-root Xiaomi Redmi 5 Pro dengan MIUI 10.

Di sini Saya memposting cara yang terbilang mudah dan berfungsi untuk me-root Note 5 pro. Pertama, kita akan menginstal TWRP yang diikuti dengan mem-flash file magisk.

 

Mungkin caranya sedikit lebih ribet, namun ini merupakan langkah terbaik untuk melakukan root pada ponsel Redmi Note 5 Pro Mu. Jadi silahkan ikuti tep by stepnya dengan dengan seksama.

 

Catatan: Dengan mengikuti tutorial ini, bisa saja sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Misal Ponselmu mengalami bootloop atau terburuk bisa terjadi bricked (Mati Total). Dengan mengikuti cara ini juga mungkin saja akan menghanguskan garansi resmi ponsel mu. Jadi jika Kamu ragu, sebaiknya pikir terlebuh dahulu. Dan jika kamu terbiasa melakukan cara ini dan mengerti akan konsekuensinya, mari kita lanjut ke langkah-langkahnya.

 

Alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Pastikan ponsel Mu telah dalam kondisi Unlock Bootloader.
  2. Pastikan Ponsel Mu setidaknya masih menyisakan daya baterai tidak kurang dari 50%.
  3. Install Tool ADB dan Fastboot Minimal (Download dan cara Install di Artikel ini)
  4. Install Xiaomi USB Driver
  5. Jangan lupa untuk selalu membiasakan membackup semua data perangkat.

 

Langkah 1. Aktifkan USB debugging pada Redmi Note 5 Pro Kamu. Caranya, silahkan buka Pengaturan -> Tentang  Ponsel -> Lalu Ketuk pada versi MIUI versi 7-8 Kali sampai Kamu mendapat notifikasi “Opsi pengembang diaktifkan”.

 

Sekarang kembali ke pengaturan awal ponsel Kamu -> Pengaturan Tambahan -> Opsi Pengembang -> Lalu Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking nya seperti pada gambar ini:

 

 

Cara Unlock Bootloader di Redmi Note 5 Pro

Cara membuka Unlock Bootloader pada ponsel Xioami tidak begitu sulit dilakukan, Caranya hampir sama dengan menginstall TWRP pada Ponsel Xiaomi Mi 9, Kamu hanya butuh menginstall Mi Unlock Tool dan dapat dengan mudah melakukan Unlock Bootloader dengan cepat.

 

Untuk tutorial lengkapnya, dapat kamu simak pada artikel berikut ini atau halaman ini.

 

Setelah bootloader pada ponsel Mu berhasil dibuka, maka kamu juga dapat dengan mudah melakukan root pada ponsel.

 

Ikuti langkah demi langkahnya berikut ini:

 

Download Bahan Root untuk Redmi Note 5 Pro

  1. Download dan simpan file khusus Redmi Note 5 Pro dummy.img ( simpan file dalam folder C:\adb )
  2. Download TWRP Recovery khusus Redmi Note 5 Pro Di sini. ( simpan file dalam folder C:\adb )
  3. Download Magisk manager zip untuk me-root ponsel kamu. (Simpan file di memori internal ponsel)

 

Langkah Pasang TWRP Recovery pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Langkah 1. Nyalakan ponsel ke Mode Fastboot. Supaya ponsel dapat masuk ke mode fastboot, caranya adalah silahkan matikan perangkat, setelah perangkat dalam kondisi off, kemudian tekan tombol Volume bawah dan Tombol Power secara bersamaan. Lalu ponsel akan menyala dan otomatis ke mode fastboot.

 

Langkah 2. Pada PC/Laptop, silahkan menuju ke folder dimana adb nya terinstall. Biasanya ada di C:\adb.

 

Langkah 3. Setelah itu tekan dan tahan tombol Shift kemudian klik kanan pada mouse lalu pilih Open Command Window Here.

 

 

Selanjutnya jendela command prompt akan terbuka dan masukkan perintah berikut:

 

fastboot flash antirbpass dummy.img

 

 

Dengan menginstall file diatas, maka perintah yang di blokir akan kembali terbuka dan kamu dapat melakukan flashing melalui adb fastboot seperti biasa.

 

Langkah 4. Sekarang silahkan Install TWRP nya dengan menggunakan perintah berikut, (Pastikan file twrp-3.2.2-0-whyred.img yang telah di download tadi sudah di pindahkan ke folder C:\adb):

 

fastboot flash recovery twrp-3.2.2-0-whyred.img

 

 

Langkah 5. Sekarang TWRP recovery telah berhasil di Install di Redmi Note 5 Pro Kamu. Saatnya masuk ke mode TWRP nya dengan menjalankan perintah berikut pada jendela command prompt nya:

 

fastboot boot twrp-3.2.2-0-whyred.img

 

 

Sekarang ponsel kamu akan secara otomatis masuk ke TWRP Recovery nya. Selanjutnya kamu dapat me-root ponsel Redmi Note 5 Pro nya dengan cara dibawah ini.

 

Cara Root Redmi Note 5 Pro pada MIUI 10 terbaru

Langkah 1. Setelah ponsel masuk ke TWRP Recovery seperti ini, silahkan klik pada Tombol Install.

 

 

Langkah 2. Lalu pada halaman selanjutnya silahkan pilih file magsik.zip yang telah di unduh dan dipindahkan ke internal memori tadi.

 

 

Langkah 3. Untuk memulai eksekusinya, silahkan geser tombol “Swipe to Confirm Flash” ke sebelah kanan dan proses flashing akan dimulai.

 

 

Langkah 4. Setelah magsik.zip nya telah berhasil di Install. Silahkan Tab pada Tombol Reboot System untuk merestart ponsel kamu.

 

 

Sampai disini, tahap Pasang TWRP Recovery dan Root Xiaomi Redmi Note 5 Pro dengan MIUI 10 telah berhasil dilakukan. Jika ada pertanyaan atau link yang sudah tidak work lagi, silahkan beri komentar.

 

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman maupun kerabat kamu yang ingin Me-Root Redmi Note 5 Pro nya juga. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar