Cara Pasang GCAM di ASUS Zenfone Max Pro M1 dan M2 Tanpa Root

Saat ini para penggiat gadget sedang di hebohkan oleh satu aplikasi kamera yaitu GCAM atau Google Camera. Aplikasi ini merupakan aplikasi kamera pihak ketiga yang sebenarnya bawaan dari ponsel Google Pixel.

Namun, akhir-akhir ini aplikasi tersebut sering di install oleh perangkat lain dan diyakini memiliki hasil jepretan yang lebih baik ketimbang kamera bawaan yang terdapat pada ponsel nya.

 

Akan tetapi, tentu saja tidak semua ponsel Android bisa menggunakan aplikasi ini, mengingat pada awal mulanya ini merupakan aplikasi bawaan yang memang di khususkan untuk perangkat Google Pixel saja.

 

 

Lalu, apakah perangkat lain dapat menikmati aplikasi GCam, termasuk di Ponsel Asus Zenfone Max Pro M1 maupun M2? Jawabannya tentu saja bisa.

 

Dengan syarat-syarat tertentu, diantaranya adalah harus mengaktifkan Camera2 API terlebih dahulu di ponsel Asus Zenfone Max Pro M1/M2 Kamu. Kemudian, bagaimana cara mengaktifkan Camera2 API tanpa harus root? Simak tutorial nya berikut ini:

 

Bahan-bahan Pasang Google Camera di Asus Zenfone Max Pro M1 dan M2

Sebelum lanjut ke tahapan bagaimana cara pasang GCAM di ponsel ini, silahkan persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

 

  1. Minimal ADB Fastboot & Driver
  2. Google Camera apk

 

Unduh bahan-bahan tersebut, khusus untuk Minimal ADB Fastboot nya, silahkan Kamu install di Laptop, caranya sebagai berikut.

 

Install Minimal ADB Fastboot

Sebelum melanjutkan ke proses berikutnya, langkah yang wajib Kamu lakukan adalah menginstall Minimal ADB Fastboot ini. Silahkan ikuti caranya berikut ini:

 

  1. Ekstrak file Minimal ADB Fastboot Files and Driver menggunakan Winrar dengan cara klik kanan pada file, lalu pilih Extract here. Nanti akan terlihat sebuah folder Minimal ADB & Fastboot Files dan sebuah file exe bernama adb-setup-1.4.3.
  2. Klik dua kali pada file adb-setup-1.4.3, lalu akan terbuka sebuah jendela Command Prompt, lalu terdapat perintah “Do you want to install ADB and Fastboot? ketik huruf Y dan ENTER.
  3. Selanjutnya terdapat perintah kembali, Install ADB system-wide? Ketik lagi Y dan ENTER.
  4. Lanjut ke perintah selanjutnya, yaitu dimana pada Command Prompt tersebut meminta untuk menginstall Driver pada Laptop Kamu. Ketikan kembali huruf Y dan ENTER.Kemudian akan terbuka jendela baru berupa Driver Installation Wizard, klik Next dan kembali akan terbuka jendela baru berupa notifikasi dari Windows Security yang meminta menginstall driver nya, Klik saja Install.
  5. Silahkan tunggu hingga proses Install driver nya berjalan hingga sukses. Jika telah selesai dan tanpa kendala, maka akan terlihat seperti ini:

 

Sampai disini, tahap awal untuk memasang Google Camera pada Asus Zenfone Max Pro M1 dan M2 telah selesai. Selanjutnya, kita akan mengaktifkan Camera2 API pada ponsel tanpa root. Silahkan simak langkah-langkah nya.

 

Pasang GOOGLE CAMERA dan Enable Camera2 API Asus Zenfone Max Pro M1 dan M2 Tanpa Root

Setelah proses persiapan diatas telah Kamu lakukan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah kita akan mulai ke tahap inti yaitu mengaktifkan Camera2 API dan memasang Gcam tanpa harus root ponsel terlebih dahulu.

 

Pada tutorial bagian ini, akan Saya bagi menjadi dua tahap secara rinci supaya mudah dipahami dan tidak membuat Kamu bingung.

 

Langkah 1. Aktifkan Developer Option pada Ponsel

Karena kita akan menggunakan Mode Fastboot, maka langkah wajib yang harus dilakukan adalah mengaktifkan USB Debugging nya terlbih dahulu pada ponsel nya. Untuk bisa mengaktifkan mode ini, caranya adalah dengan mengaktifkan Developer Option terlebih dahulu di ponselnya.

 

Sekarang, silahkan ke menu Setting pada ponsel, kemudian pilih Sistem dan klik pada menu About Phone, lalu pada menu paling akhir yaitu Build number TAP sebanyak 7 kali sampai muncul notifikasi “You are now developer”. Seperti ini:

 

 

Setelah itu, silahkan kembali ke menu System sebelum nya. Sekarang disitu Kamu akan menemukan menu baru yaitu {} Developer Options.

 

Lalu buka menu tersebut, kemudian aktifkan USB debugging dengan menyentuh bagian tombol nya sampai berubah warna, jika terdapat Warning Allow USB Debugging, klik saja Ok.

 

 

Jika USB Debugging nya sudah di aktifkan, silahkan matikan ponsel dan kita lanjut ke langkah berikutnya.

 

Langkah 2. Cara Mengaktifkan Camera2 API pada Asus Zenfone Max Pro M1 dan M2

Pada langkah ini, kita akan mulai mengaktifkan Camera2 API nya melalui ADB Fastboot yang telah Kamu Install sebelumnya. Jadi pastikan Kamu tidak melewati tahap diatas.

 

Jika posisi ponsel nya telah benar-benar mati, silahkan masuk ke Mode Fastboot. Caranya adalah, Kamu cukup menekan kedua tombol kombinasi antara tombol Volume Atas dan tombol Power secara bersamaan hingga ponsel menyala dalam Mode Fastboot seperti ini:

 

 

Kemudian koneksikan ponsel ke PC/Laptop Kamu dengan kabel data yang masih berfungsi dengan baik.

 

Lalu sekarang kita fokus ke layar PC/Laptop nya, silahkan buka folder Minimal ADB & Fastboot Files hasil Ekstrak tadi.

 

Setelah itu buka CMD dengan cara di folder tersebut tekan dan tahan tombol Shift yang di ikuti klik kanan pada Mouse/Touchpad kemudian klik pada pilihan Open command window here sehingga akan terbuka Layar CMD nya seperti ini:

 

 

Jika sudah, selanjutnya silahkan cek koneksi antara ponsel dan Laptop nya dengan cara memasukan perintah berikut ini:

 

fastboot devices

 

Tekan ENTER, jika muncul berupa kode acak atau nomor seri ponsel pada layar, itu menandakan koneksi berjalan dengan sempurna.

 

 

Lanjut, untuk mengaktifkan Camera2 API nya, silahkan masukan perintah berikut:

 

fastboot oem enable_camera_hal3 true

 

Tekan ENTER, jika pada layar CMD nya terdapat notifikasi OKAY, itu tandanya Kamu telah berhasil mengaktifkan Camera2 API nya.

 

 

Dan pada akhirnya Camera2 API telah berhasil di aktifkan pada ponsel Asus Zenfone Max Pro M1 dan M2 Kamu.

 

Selanjutnya, Kamu dapat menginstall aplikasi Google Camera nya pada link yang telah di sediakan diatas, silahkan pilih versi yang ingin Kamu gunakan.

 

 

Sedangkan untuk contoh GGAM sendiri bisa Kamu lihat pada gambar berikut ini.

 

Contoh Perbandingan antara Kamera Bawaan dan GOOGLE CAMERA/GCAM

 

Hasilnya dapat Kamu bedakan antara kamera bawaan (Stock) dengan GCAM yang barusan kita install bersama-sama. Gimana, apakah cukup puas dengan hasilnya?

 

Itulah sedikit tutorial Cara Pasang GCAM dan Mengaktifkan Camera2 API pada Asus Zenfone Max Pro M1 dan M2. Semoga dapat menjadi solusi untuk Kamu yang saat ini sedang mencari cara nya. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman, kerabat dan keluarga Kamu supaya mereka ikut merasakan bagaimana fantastis nya hasil dari GCAM ini. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar