Cara Pasang Custom ROM Havoc OS 3.4 di Xiaomi Redmi 5 Plus [Android 10]

Sebelum masuk ke inti dari artikel ini, mungkin banyak teman-teman yang belum mengetahui apa itu custom ROM dan apa tujuan dari menginstall custom ROM ini?

Sedikit penjelasan, custom ROM merupakan firmware pada sebuah perangkat yang banyak dikembang pada sistem operasi Android dimana pada pengembangan nya sendiri dilakukan oleh pihak ketiga.

 

Secara singkat Custom ROM ini sama seperti ROM/firmware bawaan yang biasa kita gunakana di ponsel android.

 

Misal pada Xioami dengan MIUI nya, Oppo dengan ColorOS nya dan Vivo dengan FunTouch nya. Begitu juga dengan ponsel-ponsel Android lain nya.

 

 

Sedangkan Custom ROM sendiri diciptakan untuk meng-Kustomisasi dari segi fitur maupun versi Android nya. Jadi jangan heran jika banyak teman-teman gamers yang lebih suka menginstall Custom ROM tersebut mengingat dari segi fitur tentunya sudah modifikasi sedemikian rupa untuk meningkatkan kinerja ponsel.

 

Tidak semua merk ponsel dapat kita install Custom ROM. Sebagai contoh pada merk Oppo dan Vivo, terlebih untuk tipe ponsel sekarang di kedua merk tersebut sangat mustahil untuk kita oprek-oprek sistem nya mengingat bootloader pada kedua interface ponsel tersebut dari segi keamanan nya sudah di kunci.

 

Apa itu Custom ROM Havoc-OS?

Kita masuk ke pembahasan inti yaitu pasang Custom ROM di Xioami Redmi 5 Plus, ada banyak Custom ROM bertebaran diluar sana. Misal nya LineageOS, Evolution X, AOSP Extended, MSM Extended, Havoc-OS dan masih banyak lagi.

 

Namun pada pembahasan kali ini Saya tertarik untuk mencoba dengan Custom ROM nya Havoc versi terbaru yaitu Havoc-OS 3.4 dimana versi Android 10 sudah disematkan pada ROM ini.

 

Havoc-OS sendiri sebuah Custom ROM yang dikembang oleh para member di xda forum, di forum tersebut lah lahir berbagai jenis Custom ROM, termasuk Havoc-OS ini.

 

Saya termasuk salah satu orang yang sering gonta-ganti Custom ROM dan menurut Saya Havoc-OS inilah yang paling cocok karena dari segi akselerasi pada ponsel nya lebih menggigit dibanding ROM lain.

 

Namun tentunya setiap orang memiliki pandangan lain mengingat kebutuhan setiap user ponsel tentu berbeda. Sedangkan Saya lebih mengutamakan dari sisi daya tahan baterai dan optimisasi fitur nya.

 

Syarat menginstall Custom ROM Havoc-OS

Baik itu menginstall Havoc-OS maupun menginstall Custom ROM lain nya, tentu memiliki syarat yang harus dipenuhi pada hp Kamu. Berikut adalah syarat nya:

 

  1. Pastikan ponsel kalian sudah dalam keadaan Unlock Bootloader (UBL)
  2. Terinstall Custom Recovery (TWRP)
  3. Menyediakan bahan-bahan Custom ROM
  4. Backup data

 

Bahan-bahan Install Custom ROM Havoc-OS

Jika semua syarat sudah Kamu penuhi, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahan untuk menginstall Custom ROM ini. Silahkan ambil dibawah ini:

 

  1. Havoc-OS ROM Xiaomi Redmi 5 Plus
  2. OpenGApps (Pilih yang ARM64)

 

Untuk ROM nya sendiri terdapat dua pilihan yang bisa Kamu gunakan. Yang pertama adalah Include GApps, dimana jika Kamu memilih menggunakan versi ini maka Kamu tidak perlu lagi menginstall Open GApps secara manual.

 

 

Jika belum tahu OpenGApps ini adalah paket aplikasi Google yang ada di hp Android. Jadi ketika Kamu memilih Include GApps, maka didalam nya sudah termasuk Google Playstore, Youtube, Gmail, Google sistem dan lainnya.

 

Sedangkan pilihan kedua adalah yang tanpa GApps, dimana pada versi ini kebalikan dari versi pertama yaitu tanpa adanya Google Playstore dan lainnya. Ukurannya lebih kecil namun Kamu harus menginstall secara manual Aplikasi paket Google nya.

 

Pada artikel ini, Saya memilih untuk versi kedua yaitu tanpa GApps, sehingga nantinya OpenGApps akan Saya install secara terpisah.

 

Cara Install Custom ROM Havoc-OS di Xiaomi Redmi 5 Plus

Setelah semua persiapan sudah Kamu lakukan, maka pertama yang harus Kamu ingat adalah melakukan backup terlebih dahulu. Karena dengan menginstall ROM baru, itu artinya ROM lama akan dihapus dan tentu saja semua file akan otomatis terhapus juga.

 

Pastikan juga baterai ponsel Kamu cukup untuk melakukan tutorial ini, jika keadaan baterai masih normal, mungkin 65% sudah cukup, akan tetapi untuk meminimalisir risiko sebaiknya charger dulu ponsel hingga mencapai 100 persen.

 

Langkah 1. Copy file ke kartu memori

Langkah pertama, silahkan pindahkan atau copy kedua file tersebut ke kartu memori (MicroSD) ponsel kalian.

 

Kamu juga bisa meng-copy file ke flashdisk dan mengkoneksikan nya melalui USB OTG.

 

Jika sudah, maka penampakan nya menjadi seperti ini:

 

 

Langkah 2. Install Havoc-OS melalui TWRP

Langkah berikutnya adalah kita akan langsung menginstall Custom ROM nya melalui TWRP. Jadi pastikan ponsel Kamu sudah di install TWRP nya, karena tanpa Custom Recovery maka tutorial ini tidak bisa Kamu ikuti.

 

Masuk ke Recovery Mode dengan cara menekan kombinasi tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan sampai ponsel mati dan lepaskan ketika ponsel booting di logo mi.

 

 

Pada contoh artikel ini TWRP yang digunakan adalah TWRP OrangeFOX. Namun pada intinya untuk TWRP apapun bisa mengikuti tutorial ini karena pada dasarnya semua Custom Recovery memiliki fungsi dan fitur yang tidak jauh berbeda.

 

Jika sudah masuk ke TWRP nya, kemudian lakukan wife data, caranya masuk ke menu wife kemudian centang beberapa bagian yaitu Dalvik/ART Cache, System, Data, Internal storage, Cache dan Vendor.

 

Sedangkan untuk MicroSD dan USB OTG jangan di centang.

 

 

Kemudian untuk mulai menghapus semua data, swife ke kanan pada tombol dibawah dan otomatis proses penghapusan akan berjalan.

 

 

Setelah proses wife data nya selesai, maka selanjutnya kita masuk ke tahap Install Havoc-ROM nya.

 

Masuk ke menu utama, kemudian pilih select storage, silahkan cari dimana Kamu tadi menyimpan file nya. Jika disimpan di MicroSD maka klik dan pilih file Havoc-ROM nya.

 

 

Setelah itu lakukan penginstallan dengan cara swife ke kanan dan tunggu prosesnya hingga selesai. Untuk penginstallan biasanya akan memakan waktu yang cukup lama. Silahkan tunggu proses nya.

 

 

Jika proses install ROM sudah selesai, maka tahap berikutnya adalah menginstall GApps nya. Saya sengaja menginstall secara manual karena mungkin ada teman-teman yang ingin mengetahui proses nya dan disini Saya siapkan langkah yang harus dilakukan.

 

Untuk proses nya sendiri sama saja dengan tahap pertama ketika kita menginstall Havoc-ROM nya.

 

 

Jika sudah sukses menginstall keduanya, silahkan restart hp dengan memilih tombol Reboot System, kemudian ponsel akan mulai booting dan masuk ke pengaturan awal di ROM terbaru nya.

 

Untuk booting nya sendiri akan memakan waktu kira-kira sekitar 5-6 menit. Jadi silahkan saja tunggu karena untuk booting pertama memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Untuk tampilan pengaturan awalnya akan terlihat seperti ini:

 

 

Silahkan lakukan pengaturan awal di ROM terbarunya hingga ponsel masuk ke menu utama.

 

Seperti yang sudah Saya singgung diatas, jika Custom ROM Havoc-OS 3.4 ini di OS nya sudah menggunakan Android versi terbaru, yaitu Android 10.

 

Jadi untuk Kamu yang penasaran bagaimana kinerja OS terbaru ini, maka Custom ROM ini bisa menjadi pilihan.

 

 

Sedangkan untuk aplikasi bawaan nya tentu saja lebih sedikit dari ROM bawaan yaitu MIUI, sehingga tidak terlalu membebani kinerja ponsel.

 

Namun untuk Kamu yang terbiasa menggunakan ROM bawaan dan mengintegrasikan ke Mi Akun, mungkin pada awal-awal agak sedikit kurang nyaman, karena pada Custom ROM Kamu tidak akan menemukan yang namanya menu untuk login ke Mi Akun atau Mi Cloud nya.

 

Sampai disini, tutorial cara Install Custom ROM pada Xiaomi Redmi 5 Plus menggunakan Havoc-OS sudah selesai kita lakukan, selanjutnya Kamu bisa explore berbagai fitur pada ROM ini sendiri. Silahkan rasakan dan nilai, menurut Kamu bagus ROM bawaan atau Custom ROM ini ya?

Tinggalkan komentar