Cara Mudah Unlock Bootloader [UBL] Realme 5 Pro

Karena banyaknya permintaan melalui fb mengenai cara Unlock bootloader (UBL) di Realme 5 Pro, maka pada artikel ini Saya akan mencoba membuat langkah-langkah nya.

Namun sebelum nya mungkin disini ada diantara Kamu yang berniat membeli hp Realme 5 pro dan ingin mengetahui apa saja spesifikasi nya, silahkan baca di artikel berikut ini.

 

Pada artikel tersebut sudah Saya review secara lengkap mulai dari hardware hingga software nya, dan menurut Saya, ponsel ini wajib Kamu miliki.

 

Dan jika Kamu belum mengetahui, apa sih kelebihan Unlock Bootloader itu? Silahkan simak sedikit uraian berikut ini.

 

Salah satu kelebihan ketika sebuah ponsel sudah di Unlock bootloader adalah mendapatkan kebebasan bagi sipemilik ponsel untuk melakukan berbagai modisikasi pada sistem hp sesuka hatinya.

 

Biasanya yang sering dilakukan mereka adalah menginstall Custom recovery, bisa dengan leluasa ganti ROM/Firware sesuai keinginan, pasang custom kernel untuk memaksimalkan kinerja ponsel hingga memudahkan ketika melakukan proses rooting.

 

Namun disamping itu tentu saja terdapat juga kekurangan yang bisa mengancam keamanan ponsel ketika sudah dibuka bootloadernya.

 

Salah satu yang paling rentan adalah serangan malware, mengingat dengan melakukan ubl tentu kita akan dengan mudah menginstall berbagai custom pada sistem yang kita sendiri tidak tahu bagaimana kondisi keamanan nya, meskipun sebenarnya sangat jarang terjadi.

 

 

Untuk itu, bagi Kamu yang ingin melakukan unlock bootloader maka silahkan pertimbangkan kelebihan dan kelemahan diatas.

 

Kita kembali ke pembahasan, untuk selanjutnya kita akan mulai bagaimana cara ubl di hp Realme 5 pro ini? Silahkan simak tutorialnya.

 

Bahan-bahan:

Seperti biasa, sebelum kita masuk ke tahapan inti, maka yang wajib dipersiapkan adalah bahan-bahan untuk melakukan ubl di relame 5 pro ini. Silahkan Kamu ambil bahan-bahan berikut ini:

 

  1. Minimal ABD Fastboot fortable
  2. Depth Test Apk

 

Untuk file ADB nya, silahkan ekstrak di laptop. Sedangkan untuk Depth Test Apk nya copy dan Install di handphone nya.

 

Cara UBL Realme 5 Pro

Jika semua bahan tersebut sudah Kamu persiapkan, berikutnya kita mulai untuk ubl realme 5 pro nya.

 

Namun sebelum kesitu, Saya menyarankan untuk tetap membackup semua data yang ada di memori ponsel Kamu, karena yang namanya ubl pasti ponsel akan melakukan wife data sehingga semua data yang terdapat di memori internal hp Kamu akan terhapus.

 

Selain itu, bisa saja kesalahan terjadi yang membuat hp kamu eror atau paling buruknya mati total sehingga nantinya akan mudah ketika mengembalikan data lama, meskipun pada kenyataan nya sangat kecil kemungkinan terjadi kesalahan tersebut.

 

Aktifkan Debugging USB

Pertama, silahkan aktifkan mode pengembang (developer mode) pada handphone nya, caranya dengan masuk ke Pengaturan, kemudian masuk ke Tentang ponsel, dan terakhir tap sebanyak tujuh kali di bagian Versi seperti ini.

 

 

Setelah opsi pengembang nya sudah aktif, berikutnya aktifkan USB Debugging nya dengan cara masuk ke menu Pengaturan.

 

Kemudian cari dan buka Pengaturan tambahan, setelah itu masuk ke menu Opsi pengembang.

 

Setelah menu pengembang nya sudah terbuka, silahkan aktifkan USB Debugging nya dengan mengklik Debungging USB dan klik Oke ketika muncul notifikasi seperti ini:

 

 

Selesai, kita lanjut ke tahap berikutnya.

 

Install Aplikasi Depth Test dan masuk Fastboot mode

Setelah USB Debugging nya diaktifkan, berikutnya kita akan melakukan pemasangan pada aplikasi pendukung yaitu Depth Test pada ponselnya.

 

Silahkan cari file yang Kamu simpan tadi di memori ponsel nya, kemudian lakukan pemasangan seperti biasa ketika Kamu menginstall aplikasi lain nya.

 

Setelah berhasil di pasang, kemudian buka aplikasi tersebut dan pastikan ponsel Kamu sudah terkoneksi dengan internet karena aplikasi ini butuh koneksi untuk bisa berfungsi, sehingga akan terlihat tampilan seperti ini:

 

 

Setelah itu klik Apply atau Start Applying untuk memulai, dan kemudian akan terbuka halaman baru berupa disclaimer, centang bagian I have read and agreed dan klik Submit application sehingga kemudian akan kembali terbuka halaman status request nya dengan tulisan Application submitted.

 

Untuk proses review nya sendiri cukup lama, sekitar 4 sampai 6 menit, Kamu bisa klik aja back, setelah menunggu kira-kira 5 menit, silahkan cek prosesnya dengan klik Query verification status di pojok kanan atas layar dan pastikan request submitted nya sudah sukses seperti ini:

 

 

Kemudian jika status sudah seperti pada gambar diatas, klik tulisan Start the in-depth test sehingga secara otomatis ponsel akan reboot dan masuk ke mode fastboot.

 

 

Pada mode fastboot diatas terlihat tulisan merah DEVICE STATE nya masih locked yang berarti hp masih dalam keadaan terkunci bootloader nya.

 

Proses Unlock Bootloader

Setelah dua langkah diatas selesai Kamu lewati, maka di bagian ini kita akan langsung meng-unlock bootloader ponsel nya.

 

Setelah ponsel masuk di mode fastboot, silahkan koneksikan ke laptopnya menggunakan kabel data yang masih bagus.

 

Lalu buka folder hasil ekstrak tadi, yaitu minimal_adb_fastboot_1.4.3_portable. Didalam folder terdapat beberapa file, Kamu fokus ke file bernama cmd-here, dan klik dua kali untuk membuka cmd nya.

 

 

Setelah terbuka cmd nya, silahkan ketikan perintah berikut secara berurutan:

 

fastboot devices

 

Klik ENTER, dan akan terlihat ID acak seperti tanda panah pada gambar diatas. Jika sudah terdeteksi, masukan perintah selanjutnya seperti ini:

 

fastboot flashing unlock

 

Klik ENTER lagi dan jika sukses, maka pada layar akan terlihat tampilan seperti ini:

 

 

Berbarengan ketika Kamu tekan ENTER, jika berhasil maka pada layar ponsel juga akan menampilkan dua pilihan yaitu antara DO NOT UNLOCK THE BOOTLOADER dan UNLOCK BOOTLOADER.

 

Tentu saja pilihan kedua yang akan kita pilih yaitu UNLOCK BOOTLOADER, untuk memilih Kamu bisa gunakan tombol volume, dan untuk melakukan eksekusi silahkan tekan tombol power.

 

Kemudian ponsel akan restart dan melakukan wife data sehingga prosesnya akan sedikit lebih lama.

 

 

Ketika penghapusan data sudah selesai, maka ponsel akan mulai menampilkan setting wizard atau pengaturan awal seperti ketika ponsel pertama kali dinyalakan. Silahkan lakukan setingan seperti biasanya.

 

Sampai disini keadaan ponsel realme 5 pro Kamu sudah berhasil di unlock bootloader, untuk memastikan proses ubl berjalan sukses, Kamu bisa cek melalui fastboot mode seperti tadi.

 

Yaitu dengan cara mematikan ponsel terlebih dahulu dan kemudian tekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan dan seketika akan masuk ke fastboot mode.

 

 

Pada gambar diatas dapat Kamu bedakan dengan gambar sebelumnya, dimana pada tampilan kali ini di bagian DEVICE STATE nya sudah beralih status dari locked ke unlocked yang berarti Ubl sudah sukses dilakukan.

 

Sampai disini, tutorial cara Unlock Bootloader Realme 5 Pro sudah berhasil Kamu lakukan. Selanjutnya Kamu bisa melakukan apapun seperti install TWRP, Custom ROM dll di hp realme 5 pro Kamu. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar