Cara Mudah UBL Xiaomi Redmi Note 5a [MDT6 MDG6 MDE6] Tanpa Menunggu SMS

Karena banyak nya permintaan untuk membuat tutorial Unlock Booloader (UBL) pada Xioami Redmi Note 5a, maka pada kesempatan kali ini Saya akan mencoba memberikan tutorialnya.

Pada artikel ini Saya menggunakan cara UBL instant tanpa perlu menunggu sms dari Xioami seperti cara normal dimana kita harus request dulu ke website Xiaomi nya dan menunggu persetujuan dari pihak mereka.

 

Biasanya jika disetujui, mereka akan mengirimkan pemberitahuan melalui sms. Cara ubl instant ini juga support untuk semua code name di Xiaomi Redmi Note 5a seperti MDT6,MDG6 dan MDE6.

 

Apa itu Bootloader dan Apa kelebihan Unlock Bootloader?

Untuk yang belum tahu, apa sih bootloader itu dan apa kelebihan ketika kita melakukan unlock bootloader? Sedikit Saya jelaskan, bootloader sendiri merupakan kode atau sistem awal untuk mendorong kernel OS (Operating System) melakukan proses penyalaan awal (booting) pada sebuah perangkat baik itu PC atau Smartphone.

 

Lalu apa kelebihan dari Unlock Bootloader? Lebih mudahnya, ketika kunci bootloader sudah terbuka, maka kita sebagai user akan dimudahkan untuk melakukan berbagai modifikasi pada perangkat tersebut. Misalnya adalah menginstall Custom Recovery (TWRP), Install Custom ROM, pasang custom kernel hingga melakukan rooting pada smartphone.

 

Bahan-bahan UBL Redmi Note 5a

Setelah Kamu tahu apa itu booloader, bagaimana kelebihan melakukan UBL dan berniat untuk melakukan unlock bootloader pada Redmi Note 5a nya, maka bahan-bahan ini harus Kamu persiapkan.

 

  1. PC/Laptop
  2. Pinset/Kabel Tembaga
  3. Redmi Note 5a UBL file (Unduh & Ekstrak)
  4. MiFlash Beta (Unduh & Ekstrak)
  5. Qualcomm QDLoader Driver (Unduh & Install)
  6. ADB Driver (Unduh & Install)

 

Silahkan siapkan semua bahan-bahan diatas, untuk driver dan XiaoMiFlash wajib Kamu install di PC/Laptop nya, Saya sarankan menggunakan windows 64 bit.

 

Langkah UBL Xiaomi Redmi Note 5a

Pada cara ini kita akan menggunakan EDL Mode untuk melakukan flashing nya, karena posisi hp belum terunlock sehingga tidak memungkinkan untuk flashing melalui Fastboot mode.

 

Langkah 1. Cek status Bootloader

Langkah ini tidak wajib, namun Saya akan tetap memberikan caranya karena tidak semua orang tahu bagaimana cara cek posisi hp yang sudah atau belum unlock bootloader.

 

Cara pertama, Kamu bisa masuk ke mode pengembang (Developer), caranya aktifkan dulu mode pengembang dengan masuk ke Setelan > Tentang ponsel, kemudian tap beberapa kali pada bagian Versi MIUI sehingga muncul notifikasi “Sekarang Anda adalah seorang pengembang”.

 

Kemudian kembali ke menu Setelan, scroll kebagian bawah dan masuk ke Setelan tambahan > Opsi pengembang, Klik di bagian Status Mi Unlock dan jika belum terunlock, hasilnya menjadi seperti ini:

 

 

Kemudian masih di menu pengembang, aktifkan juga di bagian Buka kunci OEM dan Debugging USB nya, sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini:

 

 

Langkah 2. Test Point Redmi Note 5a

Seperti yang sudah Saya singgung diatas, jika pada metode flashing yang akan dipakai adalah dengan cara test point (EDL Mode). Jadi, pastikan Kamu bisa membuka bagian belakang dari HP nya, karena kita akan melakukan short contact pada kedua titik point yang letaknya ada di mesin hp.

 

Namun untuk bagaimana cara melakukan test point pada Xiaomi Redmi Note 5a ini tidak akan Saya bahas pada artikel ini, karena pada artikel sebelumnya sudah Saya jelaskan, jadi silahkan baca dibagian artikel tutorial ini, disitu sudah saya bahas se-detail mungkin.

 

Langkah 3. Flash Xiaomi Redmi Note 5a dengan file UBL

Pada bagian ini merupakan langkah inti dari tujuan artikel ini, Ekstrak file UBL_redmi_note_5a_unlock_bootloader.zip nya sehingga nanti akan terlihat seperti ini:

 

 

Kemudian silahkan buka juga XioaMiFlash(Beta) nya dengan cara klik kanan pada aplikasinya lalu pilih Run as Administrator, sehingga Kamu akan melihat antarmuka seperti ini:

 

 

Sedikit Saya jelaskan: Pada tanda panah nomor satu, silahkan klik select dan arahkan ke folder images filenya, pada contoh diatas adalah ada di C: \UBL_redmi_note_5a_unlock_bootloader\images.

 

Kemudian di tanda panah nomor dua, klik tombol refresh nya sehingga jika test point berjalan dengan lancar maka di MiFlash akan terdeteksi driver yang ada di lingkaran warna hijau.

 

Setelah itu pada tanda panah nomor tiga, centang bagian clean all.

 

Kemudian dilanjutkan pada panah nomor 4 dengan klik tombol flash, setelah itu proses flashing akan berjalan, prosesnya tidak lama karena ukuran file juga cukup kecil.

 

Jika sudah sukses, maka terlihat seperti ini:

 

 

Setelah dipastikan proses flashing berjalan dengan lancar seperti pada gambar diatas, silahkan nyalakan ponsel seperti biasanya.

 

Jika ketika menekan tombol power ponsel tidak menyala, cabut dan pasang ulang socket baterai pada mesin nya dan hp akan menyala seperti biasanya.

 

 

Jika proses UBL berjalan sempurna, setelah hp awal booting biasanya akan langsung terlihat tulisan Unlocked pada layar bagian bawahnya seperti ini:

 

 

Untuk memastikan, Kamu juga bisa cek status unlock nya melalui menu Opsi pengembang tadi, ke Setelan tambahan > Opsi pengembang, Klik di bagian Status Mi Unlock dan akan terlihat berbeda seperti pada pertama tadi Kamu lihat, hasilnya seperti ini:

 

 

Jika sebelumya status perangkat terkunci, sekarang sudah berubah dengan tulisan Perangkat telah terbuka.

 

Selain dengan cara tersebut, Kamu juga bisa cek status Unlock bootloader melalui CMD dengan hp masuk ke Fastboot Mode terlebih dahulu. Kemudian diikuti dengan mengetikan sebuah perintah:

 

fastboot oem device-info

 

Tekan ENTER, jika hasilnya seperti ini:

 

 

Disitu terdapat keterangan Device unlocked: false yang berarti status bootloader di perangkat masih terkunci, maka kemungkinan besar udah tadi tidak berhasil. Namun jika hasil dari perintah tadi seperti ini:

 

 

Berbeda dari hasil pertama, pada gambar diatas menunjukan jika Device unloked: true, itu membuktikan jika proses UBL Xioami Redmi Note 5a telah berhasil dilakukan.

 

Sampai disini, Kamu sudah sukses UBL perangkat nya, selanjutnya jika sudah terbuka seperti itu, Kamu bisa melakukan modifikasi sesuai keinginan, misalnya menginstall Custom Recovery (TWRP), Custom ROM hingga memasang GCAM di ponsel xiaomi Kamu. Asik bukan? Semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “Cara Mudah UBL Xiaomi Redmi Note 5a [MDT6 MDG6 MDE6] Tanpa Menunggu SMS”

  1. Makasih tutorialnya bermanfaat , boleh bantu saya ga, mau pasang twrp kok gagal terus ,. Kalo ga keberatan chat wa 082240690331

    Balas

Tinggalkan komentar