Cara Mengatasi Xioami Redmi 5 Plus Stuck Recovery tanpa UBL

Untuk Kamu yang memiliki hp Xioami Redmi 5 Plus yang saat ini tidak bisa masuk ke menu dan hanya stuck di recovery mode, mungkin artikel ini akan membantu bagaimana cara menyembuhkan nya.

Kebetulan saat ini Saya kedatangan seseorang yang membawa hp ini dalam keadaan stuck di recovery mode, si pemilik menceritakan awal mula nya adalah dia ingin mengupgrade versi ROM nya ke ROM MIUI 11 melalui flashing dengan cara test point.

Proses flashing nya berhasil, namun ponsel menjadi tidak bisa masuk ke menu dan kondisinya menjadi seperti saat ini. Sudah mencoba di flashing ulang ke berbagai versi tetapi hasilnya selalu sama yaitu mentok di recovery mode.

 

 

Akhirnya dia menyerah dan meminta Saya untuk menangani hp tersebut. Setelah Saya cek ternyata posisi hp ini belum dilakukan unlock bootloader, itulah kenapa sipemilik melakukan flashing melalui test point.

 

Kemudian Saya cek ulang, dan ternyata code name dari xiaomi redmi plus ini adalah MEE7 yang merupakan hp keluaran cina alias hp tersebut biasanya garansi distributor, yang memang tidak bisa kita upgrade sesuka hati ke berbagai ROM apalagi ke ROM versi global.

 

Sampai disini, Saya paham jika sipemilik ingin mengupgrade versi ROM ke global karena pada bawaan hp redmi 5 plus dengan code name MEE7 memang tidak terdapat bahasa Indonesia nya. Untuk itu, silahkan simak cara mengatasinya berikut ini.

 

Cara Fix Xioami Redmi 5 Plus (MEE7) stuck di Recovery Mode

Dengan asumsi diatas, maka Saya memutuskan untuk melakukan flashing ulang hp ini ke ROM default nya yaitu ROM atau Firmware Xiaomi Redmi 5 Plus ke versi cina.

 

Untuk caranya, seperti cara yang biasa kita lakukan ketika flashing hp Xioami lainnya. Sedangkan untuk bahan-bahan nya, silahkan ambil dibawah ini:

 

Bahan Xiaomi Redmi 5 Plus Mentok Recovery Mode

  1. ROM/Firmware Redmi 5 Plus MEE7
  2. Password
  3. XiaoMiFlash2017
  4. Qualcomm Driver

 

Langkah Flashing Xioami Redmi 5 Plus

Setelah Kamu menyiapkan semua bahan-bahan diatas, kemudian kita akan mulai ke tahap bagaimana cara flashing xioami redmi 5 plus ini. Silahkan ikuti step-stepnya tanpa ada yang terlewat sedikitpun.

 

Step 1. Test Point Xioami Redmi 5 Plus

Sebelum kita melakukan flashing, tentu saja yang harus kita lakukan adalah melakukan test point mengingat kondisi hp saat ini masih terkunci bootloader nya. Maka langkah ini sangat penting untuk Kamu lakukan.

 

Pertama, silahkan bongkar casing belakang hp menggunakan congkelan khusus atau alat yang bisa dimanfaatkan untuk membongkar penutup belakang hp ini.

 

Saya asumsikan Kamu sudah bisa membukanya, dan kemudian akan terihat seperti ini:

 

 

Pada gambar diatas sudah Saya kasih tanda panah dimana pada kedua titik yang ditandai tersebut merupakan titik point yang bisa Kamu manfaatkan untuk melakukan test point pada hp ini.

 

Caranya adalah dengan menyatukan kedua titik tersebut dengan menggunakan pinset atau Kamu bisa membuatnya sendiri dengan kabel tembaga.

 

Tahan pinset tersebut agar kedua ujung nya terhubung pada kedua titik yang ditandai diatas sehingga sambungan nya tidak mudah goyah, lalu koneksikan hp dengan Laptop.

 

Pastikan pada PC/Laptop nya sudah menginstall Driver Qualcomm sehingga ketika dilakukan test point maka akan terdeteksi Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 seperti pada gambar ini:

 

 

Jika sudah seperti itu, berarti langkah test point sudah berhasil dilakukan. Usahakan untuk tetap terkoneksi jangan sampai putus.

 

Step 2. Flashing Redmi 5 Plus

Setelah sebelumnya Kamu sudah meng-ekstrak file ROM dan menginstall XiaMiFlash nya, silahkan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

 

Pertama, buka XiaMiFlash nya seperti ini:

 

 

Sedikit Saya jelaskan untuk memudahkan.

 

Pada tanda nomor satu, silahkan klik select kemudian arahkan ke folder Firmware dimana tadi Kamu meng-ekstrak nya. Setelah itu lanjut ke nomor dua dengan mengklik tombol refresh sehingga nanti akan terbaca driver Qualcomm seperti pada gambar, contoh diatas terdeteksi COM20.

 

Lanjut di nomor tiga, Kamu pilih di bagian select all, ini tandanya kondisi firmware akan benar-benar di timpa sehingga semua data lama akan terhapus.

 

Lanjut ke nomor empat, klik tombol flash dan di tahap ini proses flashing akan dimulai.

 

Jika terjadi error, misalkan “cannot receive hello packet”, coba ganti versi XiaMiFlash nya, ini sering Saya alami dan akan selesai dengan mengganti ke versi lama, misal XiaoMiFlash versi 2016.

 

Jika flashing berjalan tanpa kendala, maka pada XiaoMiFlash nya akan diberi tanda seperti ini:

 

 

Silahkan cabut kabel data dari hp kemudian nyalakan, namun sebelum menyalakan hp, sebaiknya cabut dulu socket baterai pada mesin kemudian pasang ulang, setelah itu coba nyalakan hp dan tunggu sampai masuk ke pengaturan awal.

 

Biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat semua data yang di proses adalah data baru.

 

Pastikan kamu masih mengingat akun mi cloud, karena biasanya ketika di flashing dan hp dalam keadaan terkoneksi ke akun mi, maka posisi akan terkunci di Mi Cloud nya dan Kamu tidak perlu repot-repot lagi Unlock MiCloud karena tinggal memasukan data login saja.

 

Namin, jika ternyata pas begitu dinyalakan masih stuck di recovery mode, Kamu tidak usah khawatir, silahkan pindahkan ke bagian Wife Data dengan tombol volume bawah, setelah itu klik oke menggunakan tombol power, dan hp akan restart kemudian akan menyala ke pengaturan awal seperti pada gambar dibawah.

 

 

Sampai disini proses flashing Xiaomi Redmi 5 Plus stuck recovery telah berhasil dilakukan.

 

Lalu, bagaimana supaya Xiaomi Redmi 5 Plus versi cina ini terdapat bahasa Indonesia nya?

 

Caranya adalah dengan melakukan flashing ulang ke ROM Global, namun sebelum melakukan itu semua, hp Kamu terlebuh dahulu harus dilakukan Unlock Botloader sehingga ketika di flashing ke ROM Global akan berhasil. Jika tidak dilakukan UBL, maka stuck recovery akan kembali terjadi.

 

Sedangkan untuk cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5 Plus sendiri saat ini hanya bisa dilakukan secara resmi, artinya Kamu harus menunggu konfirmasi sms dan bahkan setelah proses UBL sendiri harus menunggu lagi antara 72 hingga 360 jam lamanya. Memang cukup ribet, tapi itulah proses nya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar