Cara Melewati / Bypass Akun Google di Samsung J5 2016 [SM J510FN] Tanpa PC

Diposting pada

Jika Kamu mengakses halaman ini itu berarti Kamu sedang mencari bagaimana cara melewati Akun Google pada Samsung J5 2016 / SM-J510F secara mudah, benar?

Kalau benar, silahkan ikuti artikel panduan ini secara keseluruhan mengingat banyak sekali tahap demi tahap yang tidak boleh Kamu lewatkan.

 

Jika pada artikel sebelum nya Saya memberikan tutorial bypass akun Google di Samsung A10/120 tanpa PC. Maka di sesi ini seperti yang Saya bilang diatas, Saya akan susun panduan cara FRP di Samsung J510FN namun tentunya dengan cara yang berbeda.

 

 

Seperti yang kita tahu, hp dengan keluaran di era sekarang ini sudah memiliki sistem keamanan yang cukup ketat. Yang sering terjadi pada hp Samsung adalah ketika hp tersebut di hard reset atau dikembalikan ke setelan pabrik, maka pada setelan awal akan terdapat permintaan verifikasi akun Google yang sudah di kaitkan sebelumnya.

 

Tentu saja tidak akan menjadi masalah jika Kamu masih mengingat semua detail akun nya. Namun bagaimana jika Kamu membeli hp dalam keadaan second sehingga tidak mengetahui password maupun email nya?

 

Nah, untuk alasan kedua itulah artikel ini dibuat, sehingga diharapkan bisa menjadi solusi untuk hp Samsung J5 Kamu yang stuck di Google Account.

 

Cara Melewati Akun Google Samsung J5 2016 Tanpa PC

Pada cara pertama yang akan kita coba adalah melakukan bypass tanpa bantuan PC atau Laptop sama sekali, yatu dengan memanfaatkan fitur TalkBack sebagai jembatan nya.

 

Di metode ini, syarat utama yang harus Kamu persiapkan adalah hp terkoneksi ke internet karena kita membutuhkan untuk mendownload beberapa aplikasi bantuan.

 

Oke, langsung saja kita mulai.

 

Pertama, ketika hp sudah dinyalakan biasanya membutuhkan beberapa seting awal hingga masuk ke menu koneksi internet, silahkan hubungkan melalui wifi.

 

Setelah terhubung, langkah selanjutnya kembali ke halaman awal dan aktifkan TalkBack dengan cara menekan tombol home sebanyak tiga kali sampai hp masuk ke menu tutorial TalkBack nya.

 

 

Setelah masuk ke menu tutorial TalkBack nya, berikutnya Kamu harus masuk ke “Menu Konteks Global”.

 

Cara nya adalah dengan menyentuh layar hp membentuk hurul “L” dan jika berhasil, pada layar akan terbuka menu nya.

 

Setelah masuk ke Menu Konteks Global, lalu tandai pada tulisan “Setelan TalkBack” dengan klik satu kali untuk menandai, Kemudian klik dua kali pada tulisan untuk membukanya sampai muncul halaman setelan TalkBack nya. Untuk jelasnya, silahkan lihat pada gambar berikut:

 

 

Setelah masuk ke halaman setingan di TalkBack nya terbuka, silahkan geser halaman ke bagian paling bawah dan temukan tulisan “Bantuan & Masukan”.

 

Karena fitur TalkBack masih aktif, jadi untuk menggeser layar harus menggunakan dua jari dan layar nya akan mengikuti sesuai dengan yang kita inginkan. Silahkan ikuti sesuai gambar dibawah dan keterangan nya:

 

 

Pada tanda nomor Satu, silahkan geser layar kebawah menggunakan dua jari sampai Kamu menemukan tulisan “Bantuan & masukan”.

 

Lanjut di tanda nomor Dua, untuk membuka menu tersebut, klik satu kali sebagai tanda, kemudian dilanjutkan dengan klik dua kali untuk membuka halaman nya.

 

Pada tanda nomor Tiga, sampai disini Kamu bisa menonaktifkan fitur TalkBack nya dengan cara klik tombol Home sebanyak tiga kali.

 

Dan terakhir di tanda nomor Empat, silahkan akses ke menu “Tentang Tombol Akses untuk Android”, atau Kamu juga bisa memilih tulisan “Get started with Voice Access”.

 

Kemudian pada salah satu halaman tersebut akan terdapat video Youtube, silahkan Play sampai Kamu melihat judul dari video tersebut.

 

Setelah keluar judulnya, silahkan klik judul pada video tersebut dan secara otomatis Kamu akan diarahkan ke aplikasi Youtube nya.

 

Jika pada aplikasi tersebut di minta untuh update, klick saja “Lain Kali” kemudian geser video ke bawah lalu klik Menu Akun dengan icon gambar manusia yang ada di pojok kanan atas.

 

Setelah itu akan terbuka menu Akun nya, silahkan klik pada tulisan “Ketentuan & Kebijakan Privasi”.  Untuk jelasnya, Kamu bisa lihat gambar dibawah ini:

 

 

Ketika Kamu klik tulisan diatas, maka secara otomatis akan terbuka halaman yang secara defautl menggunakan browser pada hp nya.

 

Perlu diketahui, dibagian ini ada yang langsung menggunakan browser bawaan Samsung, ada juga yang menggunakan browser yang terintegrasi dengan Youtube.

 

Jadi jangan bingung ketika browser yang terbuka di hp Kamu berbeda dengan yang ada di contoh artikel ini.

 

Jadi, intinya browser bisa terbuka, karena itu yang akan kita manfaatkan untuk mengunduh sebuah file FRP Samsung J5 ini.

 

Lanjut, ketika browser nya sudah terbuka, pada tab URL silahkan ketikan sebuah alamat website seperti ini:

 

https://addrom.com/bypass

 

Dan setelah masuk ke halaman website tersebut, silahkan cari dan unduh file bernama “FRP_addROM.apk” dan “Apex_Launcher.apk”.

 

 

Setelah selesai mengunduh kedua file tersebut, silahkan install terlebih dahulu untuk file FRP_addROM nya, Jika terdapat notifikasi sumber install tidak dikenali, silahkan langsung seting perizinan nya supaya aplikasi bisa terinstall.

 

Kemudian selanjutnya Install Apex_Launcher nya. Jika pemasangan sudah selesai, silahkan klik pada tulisan “BUKA”, maka secara otomatis hp akan masuk ke menu seperti biasa.

 

Namun bukan berarti sudah selesai, karena Kamu masih butuh beberapa setingan termasuk menambahkan akun Google baru di hp nya.

 

Oke kita lanjut, setelah masuk ke menu utama, silahkan masuk ke menu Pengaturan, cari dan klik pada tulisan “Layar kunci dan keamanan”.

 

Setelah terbuka, kemudian scroll ke bawah dan klik pada tulisan “Pengaturan keamanan lainnya”.

 

Setelah terbuka halaman nya, silahkan pilih pada tulisan “Administrator perangkat”.

 

 

Lalu pada halamana berikutnya, silahkan berikan tanda (pilih) pada bagian “Pengelola Perangkat Android” dan pada halaman yang terbuka, klik tulisan “AKTIF”.

 

Berikutnya pada bagian “Temukan Perangkat Saya”, silahkan nonaktifkan dengan menghilangkan tanda nya, dan dihalaman yang terbuka, klik tulisan “NONAKTIF”.

 

Untuk lebih jelas, silahkan lihat pada gambar berikut ini:

 

 

Setelah pengaturan diatas sudah Kamu selesaikan, sekarang kembali ke menu Pengaturan tadi, kemudian klik pada tulisan Aplikasi.

 

Berikutnya silahkan cari dan klik aplikasi “Google Play services”, lalu nonaktifkan aplikasi tersebut dengan meng-klik tombol “NONAKTIFKAN”.

 

Sampai disini Kamu bisa menambahkan akun Google baru yang kemudian nantinya akan menggantikan akun Google yang lama sehingga proses verifikasi akan terlewati.

 

Untuk menambahkan akun baru, silahkan kembali ke menu Pengaturan nya.

 

Lalu pilih “Cloud dan Akun” kemudian di halaman berikut nya silahkan klik “Akun” dan pilih “Tambahkan Akun”, selanjutnya pilih “Google” di halaman berikut nya.

 

Setelah itu tunggu sampai loading nya selesai, dan ketika form login sudah terbuka, silahkan tambahkan Akun Google yang baru untuk menggantikan akun sebelumnya.

 

 

Setelah berhasil menambahkan akun baru, selanjutnya tugas Kamu adalah mengembalikan setingan yang sebelum nya, yaitu mengaktifkan kembali aplikasi “Google Play Services”.

 

Kemudian aktifkan kembali fitur “Pengelola Perangkan Android” nya, dan nonaktifkan juga fitur “Temukan Perangkat Saya” yang sebelumnya telah Kamu nonaktifkan.

 

Untuk mengakses menu-menu tersebut, silahkan masuk ke Pengaturan > Layar kunci & kemanan > Pengaturan keamanan lainnya > Administrator perangkat.

 

Setelah semuanya sudah selesai, silahkan hapus kedua apikasi yang sudah di install sebelum nya, yaitu aplikasi “Bypass FRP addROM.com” dan “Apex Launcher” nya.

 

Untuk menghapus mungkin Kamu sudah mengerti yah, caranya masuk ke Pengaturan>Aplikasi kemudian cari kedua aplikasi tersebut dan klik pada nama aplikasinya, kemudian klik pada tombol tulisan “HPS INSTALLAN”.

 

Setelah selesai, lakukan restart pada hp nya dan tunggu sampai menyala. Kemudian lakukan setting awal seperti biasa dan ketika masuk ke bagian Akun Google, maka kali ini akan terdapat notifikasi “Akun ditambahkan” seperti ini:

 

 

Jika sudah seperti diatas, maka selanjutnya tinggal menyelesaikan setingan nya sampai hp Samsung J5 Kamu benar-benar bisa masuk ke menu utama.

 

Sampai disini, FRP Akun Google pada Samsung J5 2016 tanpa PC sudah selesai.

 

Namun bagaimana jika cara diatas sudah tidak bisa lagi?

 

Tenang, Saya masih menyisakan cara lainnya, yang pasti pada cara kedua ini tidak banyak langkah yang harus dilakukan.

 

Cukup satu klik dan hp Samsung J5 2016 Kamu sudah bebas dari verifikasi, namun untuk cara ini Kamu wajib menyediakan PC/Laptop.

 

Untuk lebih jelas nya, silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

 

 

Persiapan Bypass Akun Google di HP Samsung J5 2016 Dengan PC

Sebelum melangkah ke tahap melewati akun Google nya, sebaiknya Kamu mempersiapkan semua peralatan maupun bypass file yang akan Saya share dibawah ini.

 

Untuk peralatan yang harus Kamu persiapkan adalah sebuah PC/Laptop, kemudian kabel data hp untuk menyambungkan kedua perangkat dan terakhir mengundul file-file untuk menunjang proses bypass nya.

 

  1. Tool Bypass File Samsung J5
  2. Samsung USB Driver

 

Untuk driver nya, silahkan Install di PC/Laptop Kamu. Lalu untuk Bypass Tool nya lakukan Ekstrak kemudian install juga, password installer sudah ada di folder hasil ekstrakan nya.

 

Sampai disini persiapan sudah selesai, berikut nya kita akan mulai melakukan Bypass nya.

 

Melewati Akun Google Samsung J5 2106 Dengan PC

Setelah semua persiapan sudah di selesaikan, langkah pertama silahkan matikan hp kemudian masukan ke mode Download dengan cara tekan Tombol Power dan Tombol Volume Bawah secara bersamaan.

 

Ketika sudah menyala dan muncul warning, silahkan tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan sampai hp masuk ke download mode nya.

 

 

Setelah hp masuk ke mode download seperti diatas, silahkan sambungkan hp dengan Laptop nya. Kemudian buka tool FRP Hijacker yang sudah Kamu Install sebelum nya.

 

Setelah terbuka, silahkan ikuti pengaturan nya seperti ini:

 

 

Pada tanda nomor Satu, itu menandakan ketika hp disambungkan dengan Laptop maka akan terdeteksi driver seperti itu. Jadi sebaiknya install terlebih dahulu file driver yang sudah Saya berikan diatas.

 

Di tanda nomor Dua, Silahkan pilih model hp nya. Sebagai contoh, karena Saya menggunakan Samsung j5 2016, maka yang Saya pilih sesuai dengan kode model nya yaitu SM-J510FN. Disitu juga banyak tipe Samsung lainnya yang bisa Kamu pilih.

 

Kemudian di tanda nomor Tiga, silahkan centang pada pilihan seperti di gambar, yaitu “Remove FRP”.

 

Pada tanda nomor Empat, setelah pengaturan selesai Kamu bisa klik tombol “HIJACK IT” yang kemudian proses remove FRP akan dimulai dengan waktu yang tidak lebih dari satu menit.

 

Yang terakhir di tanda nomor Lima, itu menandakan jika proses menghapus Akun Google nya sudah sukses dan seketika hp akan restart dengan sendirinya.

 

Sampai disini, Kamu bisa melakukan pengaturan awal dan dipastikan jika Akun Google sudah tidak meminta verifikasi lagi. Namun sebagian hp ada yang restart dan menyala langsung masuk ke menu awal.

Jadi jangan heran jika hp kamu langsung masuk ke menu tanpa melalui proses setingan awal terlebih dahulu.

 

Sampai disini proses Bypass akun Google menggunakan PC sudah selesai, dan kamu sudah bisa menggunakan lagi hp nya secara normal karena dengan kedua cara ini tidak menginggalkan bug sedikitpun.

 

Untuk kedua cara diatas sebetulnya tidak hanya suppoer untuk Samsung J5 saja, namun bisa kamu terapkan di hp Smsung tipe lainnya seperti Samsung J7 Prime, Samsung J2 Prime/Pro, Samsung J6, J5 2015 dan samsung tipe lainnya yang tertera pada tool diatas.

 

Sekian dulu artikel Tutorial Melewati Akun Google Samsung J5 2016 ini, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang memiliki permasalahan diatas.

Avatar
Nissa merupakan salah satu kontributor di Website Tekno Flasher, Nissa memiliki hobi menulis terutama di seputar gadget yang memang telah di gandrungi selama lebih dari tiga tahun. Selain menulis di Website ini, Nissa juga merupakan seorang Teknisi Handphone yang mulai membuka konter sejak satu tahun yang lalu di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *