Cara Install TWRP, Magisk dan Root Xiaomi Redmi 6A Anti Bootloop / Mati Total

Diposting pada

Mungkin disini ada beberapa di antara Kamu yang belum mengetahui bagaimana cara memasang TWRP sekaligus melakukan root di Xiaomi Redmi 6A, maka di kesempatan ini Saya akan berbagi panduan lengkap nya.

Seperti yang sering Saya singgung pada sebelumnya, jika TWRP ini sangat penting untuk di install karena memiliki banyak fungsi yang bisa Kamu manfaatkan.

 

Hal yang paling utama, terutama di Redmi 6A ini, kehadiran TWRP pada hp Kamu sangat bermanfaat ketika hp tersebut mengalami kesalahan sistem seperti bootloop maupun softbrick.

 

Dengan TWRP, Kamu tidak perlu repot menyiapkan segala peralatan seperti PC ataupun Laptop, Kamu cukup mengandalkan tool ini untuk mengatasi masalah tersebut meskipun tanpa PC sekalipun.

 

 

Namun yang harus digaris bawahi adalah, sebelum melakukan tutorial ini tentunya kondisi hp Redmi 6A Kamu sudah dilakukan Unlock Bootloader, karena tanpa UBL, maka sangat mustahil bisa memasang TWRP maupun Root di hp ini.

 

Apalagi, Xiaomi Redmi 6A terkenal dengan kebandelan nya, sehingga ketika melakukan modifikasi di sistem nya harus ekstra hati-hati, salah sedikit maka hp ini akan softbrick, mentok di recovery bahkan sampai terjadi mati total.

 

Kebanyakan yang Saya tangani adalah ketika hp ini akan dipasang TWRP dan dilakukan dengan cara yang salah, maka hp menjadi mati dan hanya getar-getar saja.

 

Begitupun ketika hp ini terkunci di akun Mi, maka cara yang dilakukan tidak bisa hanya melalui Mode EDL saja, namun wajib keadaan perangkat sudah Unlock Bootloader.

 

Jika tidak, maka cara satu-satunya adalah dengan melakukan unlock mi cloud melalui flashing dengan akun auth atau melalui byserver sekaligus.

 

Sampai disini paham ya, jadi harus unlock bootloader terlebih dahulu, titik!

 

Dan melakukan Unlock Bootloader tidak bisa dilakukan tanpa PC, jadi wajib harus ada PC.

 

Sedangkan untuk cara nya, sementara ini Kamu bisa mengikuti tutorialnya di tempat lain karena Saya belum ada bahan untuk membuat panduan nya.

 

Tanpa berlama-lama, langsung saja kita mulai panduan nya.

 

Bahan-bahan Install TWRP Redmi 6A Cactus

 

  1. ADB Driver & Fastboot
  2. TWRP Redmi 6A
  3. Lazyflasher.zip Redmi 6A
  4. Boot Patch Redmi 6A
  5. Magisk20.3 / Magisk20.4

 

Setelah bahan-bahan diatas sudah disimpan di laptop, kemudian copy file Lazyflasher, Boot patch dan Magisk ke MicroSD di hp Kamu.

 

Sedangkan untuk pertama kali, Kamu diwajibkan untuk menginstall ADB Driver tersebut di Laptop nya, untuk cara install nya dapat Kamu baca di bagian artikel ini.

 

Juga jangan lupa untuk Ekstrak file TWRP Redmi 6A nya di folder yang mudah ditemukan.

 

Sampai disini semua persiapan sudah selesai, selanjut nya kita mulai melakukan install TWRP nya.

 

Cara pasang TWRP di Xiaomi Redmi 6A Cactus

Pada panduan kali ini ada beberapa tahapan yang harus Kamu lakukan.

 

Saya harap Kamu mengikuti semua langkah-langkah nya, karena sedikit saja ada yang terlewat maka risiko mati total bisa saja terjadi. Dan itu diluar tanggung jawab Saya sebagai penyedia panduan ini.

 

Langkah 1. Aktifkan Developer Mode

Seperti biasanya, untuk melakukan modifikasi sistem terhadap sebuah hp, maka mengaktifkan mode developer ini wajib Kamu lakukan, karena nantinya kita akan mengaktifkan juga USB Debugging nya.

 

Langkahnya, untuk Kamu yang baru pertama kali melakukan ini, silahkan masuk ke menu Settings atau Setelan.

 

Kemudian klik pada menu About Phone, setelah itu akan terlihat beberapa informasi tentang device nya. Berikutnya silahkan ketuk atau TAP sebanyak tujuh kali di bagian MIUI Version nya sampai muncul notifikasi “You are now a developer / Sekarang Anda adalah seorang pengembang”.

 

 

Silahkan ikuti sesuai urutan gambar diatas, jangan sampai ada yang terlewat.

 

Setelah menyelesaikan pengaturan diatas, berikutnya silahkan kembali ke menu Setelan awal tadi, lalu Scroll ke bawah, cari dan klik pada menu Setelan Tambahan, nanti akan terbuka halaman baru.

 

Setelah itu cari tulisan Opsi developer dan setelah terbuka halaman nya, silahkan aktifkan Debugging USB dengan cara TAP pada tulisan nya.

 

Kemudian akan terdapat notifikasi atau warning pengaktifan, Klik OK sampai tombol disamping tulisan USB Debugging tersebut menjadi tercentang.

 

Lihat Gambar dibawah ini dan ikuti sesuai urutan nya.

 

 

Setelah selesai, langkah berikutnya adalah mengatur hp supaya masuk ke Mode Fastboot. Cara melakukan nya, pertama Kamu harus mematikan dulu hp nya.

 

Setelah hp sudah benar-benar mati, selanjutnya silahkan tekan tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan sampai muncul gambar icon Xiaomi dengan tulisan Fasboot dibawah nya seperti ini:

 

 

Jika sudah seperti gambar diatas, silahkan sambungkan hp ke PC/Laptop nya menggunakan kabel data, kemudian kita lanjut ke langkah berikut nya.

 

Langkah 2. Install TWRP

Setelah hp sudah terkoneksi ke PC nya, selanjutnya silahkan buka folder file TWRP yang sudah Kamu ekstrak tadi,.

 

Didalam folder tersebut terdapat beberapa file dan Kamu cukup klik dua kali pada file bernama flash-twrp.bat dan nanti akan terbuka window CMD nya.

 

Pada CMD akan langsung terdeteksi device nya dengan tanda beberapa kode unik Device nya seperti ini “7239b932c53 Fastboot”.

 

Kemudian tekan ENTER dan secara otomatis pada CMD akan melakukan flashing untuk pemasangan TWRP nya.

 

Setelah selesai dengan notifikasi “Finished”, klik ENTER lagi.

 

 

Setelah Kamu menekan ENTER tadi, maka hp Redmi 6A Kamu akan secara otomatis reboot dan langsung masuk ke TWRP nya.

 

Sampai disini pemasangan TWRP pada hp sudah selesai, namun masih harus disempurnakan dengan menginstall dua file tambahan.

 

Tanpa kedua file tersebut, maka yang akan terjadi adalah ketika hp Redmi 6A di restart, maka akan terjadi bootloop hingga yang terburuk adalah mati total.

 

Tentu Kamu tidak ingin kejadian seperti itu kan. Nah, silahkan ikuti cara nya berikut ini.

 

Langkah 3. Install file Fix bootloop dan Boot patch

Setelah hp masuk ke TWRP namun yang tampil adalah bahasa Cina, maka Kamu bisa mengganti bahasa nya dengan memilih Tombol “Languange” Kemudian pilih “English”.

 

 

Kemudian lakukan Sign Boot terlebih dahulu. Pilih menu Advanced, selanjut nya pilih pada tulisan atau Menu Sign Boot, sehingga akan terbuka halaman konfirmasi nya, lalu silahkan Swife tombol ke kanan untuk mulai mengeksekusi, tunggu hingga selesai dengan tanda terdapatnya notifikasi “done”.

 

Silahkan lihat gambar dibawah ini:

 

 

Setelah selesai seperti pada gambar tersebut, selanjutnya kembali ke menu utama di TWRP nya.

 

Setelah itu, silahkan pilih Menu Install, pada halaman yang muncul lalu klik pada menu Install Image dan klik Select Storage, dihalaman selanjutnya pilih MicroSD sesuai dengan tempat file yang kita copy diawal tadi.

 

Lalu cari file bernama “boot_patch china stable pie.img” tadi, pada halaman berikutnya Kamu pilih dan centang di bagian Boot, kemudian lakukan Instalasi seperti tadi dengan cara klik dan Swife tombol dibawah ke kanan dan tunggu sampai proses Install nya selesai.

 

 

 

 

Klik Gambar untuk Memperbesar

 

Kemudian berikut nya silahkan install juga file Lazyflasher khusus untuk Redmi 6A yang telah Kamu copy ke MicroSD tadi.

 

Untuk cara install nya sangat mudah, Kamu cukup sesuaikan saja dengan cara install boot patch diatas.

 

Setelah Kamu pilih menu Install dan pilih Storage yang kemudian diikuti dengan memilih MicroSD pada pilihan Storage nya, setelah itu silahkan ikuti sesuai gambar dibawah ini:

 

 

Sampai disini sebetulnya cara pasang TWRP pada hp Redmi 6A sudah selesai.

 

Kamu boleh restart hp atau untuk yang ingin melanjutkan Root bisa ikuti caranya dibawah ini.

 

Cara Root Xiaomi Redmi 6A Cactus

Diatas kita sudah menuntaskan bagaimana menginstall TWRP pada Xiaomi Redmi 6A ini secara aman, Saya berharap Kamu bisa memahami setiap langkah yang sudah Saya tulis.

 

Nah, pada bagian ini merupakan bagian khusus untuk Kamu yang memang ingin sekaligus melakukan root di Redmi 6A ini.

 

Perlu diketahui, jika dengan melakukan root, tentu banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan.

 

Misal, Kamu bisa dengan bebas menginstall aplikasi yang sebelum nya tidak support untuk hp ini namun bisa Kamu install secara mudah, contoh nya adalah memasang GCAM (Google Camera).

 

Oke, mari kita mulai bagaimana cara root dengan magisk di hp ini dengan memanfaatkan TWRP yang sudah Kamu pasang sebelum nya.

 

Masih ingatkan dengan bahan file diatas, disitu terdapat file bernama Magisk20.3.zip dan sebelumnya sudah Saya ingatkan untuk di copy di MicroSD pada ponsel Kamu.

 

Jika sudah, silahkan buka TWRP nya dengan cara menekan Tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan ketika posisi hp sedang off/mati.

 

Jika sudah masuk ke TWRP nya, lanjutkan dengan memilih menu Install, kemudian klik Select Storage, pilih MicroSD dan silahkan cari file Magisk nya.

 

Selanjut nya klik pada file Magisk tersebut, lalu pada halaman konfirmasi instalasi nya, silahkan TAP dan Swife tombol dibagian bawah ke sebelah kanan, sehingga pada TWRP akan otomatis melakukan flashing pada file Magisk nya.

 

Silahkan tunggu hingga proses flashing tersebut selesai, jika sudah terdapat notifikasi Succesfull dan done, silahkan restart hp dengan klik tombol Reboot System yang ada di pojok kanan bawah.

 

Silahkan tunggu beberapa saat sampai Aplikasi Magisk Manager nya muncul di menu hp nya, kemudian untuk memastikan apakah hp sudah berhasil di root, Kamu bisa pasang aplikasi Root Checker yang bisa Kamu dapatkan di Google Play Store.

 

Sampai di bagian ini, maka berakhir pula panduan Cara Install TWRP sekaligus Root di Xiaomi Redmi 6A ini. Semoga bisa menjadi solusi untuk Kamu yang memang ingin melakukan modifikasi pada sistem Android hp ini.

 

Berikut nya Kamu bisa dengan leluasa memasang berbagai aplikasi Modif seperti GCAM maupun memasang Custom ROM untuk keperluan kustomisasi pada hp mu supaya lebih bertenaga tentunya. Semoga bermanfaat.

Avatar
Nissa merupakan salah satu kontributor di Website Tekno Flasher, Nissa memiliki hobi menulis terutama di seputar gadget yang memang telah di gandrungi selama lebih dari tiga tahun. Selain menulis di Website ini, Nissa juga merupakan seorang Teknisi Handphone yang mulai membuka konter sejak satu tahun yang lalu di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *