Cara Install Custom ROM di Xiaomi Redmi Note 7 Lavender dengan Havoc-OS 3.4

Jika pada artikel sebelumnya Saya memberikan materi tutorial cara menginstall Custom ROM di Xiaomi Redmi 5 Plus, maka pada artikel kali ini yang akan Saya bahas adalah bagaimana cara menginstall Cautom ROM di Xiaomi Redmi Note 7 Lavender.

Untuk Custom ROM nya sendiri sama seperti yang sudah Saya share di artikel sebelumnya yaitu Havoc-OS dengan versi 3.4. Custom ROM ini merupakan salah satu yang terbaik, selain kustomisasi di fitur seperti kamera, performa dan lainnya, juga sudah memiliki base Android 10.

 

 

Fitur Custom ROM Havoc-OS 3.4

Sedikit mengulas, Havoc-OS3.4 di redmi Note 7 ini merupakan versi terbaru ketika artikel ini di publikasikan. Dari segi kernelnya, Havoc-OS menggunakan Ancient Mega Kernel.

 

Sedangkan pada launchernya, Custom ROM ini masih memakai Pixel Launcher versi 10, kemudian di bagian kameranya sudah menggunakan ANX Camera dimana aplikasi kamera ini sejatinya merupakan aplikasi kamera bawaan MIUI yang telah di modifikasi sehingga dari segi performa tentu menjadi lebih baik.

 

Namun pada Custom ROM ini bukan berarti tanpa bug, karena pada faktanya Saya menemukan sebuah bug yaitu penangkapan sinyal yang tidak terlalu baik dibanding versi terdahulu nya.

 

Sedangkan untuk fitur lainnya, Havoc-OS sudah mendukung face unlock, rekam layar (screen recording) yang sudah mendukung audio internal.

 

Ada sedikit penambahan fitur baru, yaitu fitur FPS Overlay dimana pada fitur ini Kamu akan mendapatkan informasi frames per second (fps) di bagian layarnya.

 

Sedangkan untuk menu utamanya, Kamu bisa menemukan dibagian Configuration Center. Di halaman inilah Kamu bisa mengkonfigurasi semua fungsi utama dari Custom ROM Havoc-OS ini.

 

Beberapa diantaranya adalah pada dibagian status bar,  Kamu bisa melakukan setup Custom Logo, Double Tap to Wake hingga Network Traffic.

 

Sedangkan fitur Battery optimation hingga Custom header image dapat Kamu seting di halaman Quick Settings.

 

Itulah sekilas fitur yang bisa Saya sampaikan, untuk lebih detailnya Kamu bisa explore sendiri setelah berhasil memasang Custom ROM Havoc-OS di ponsel mu sendiri ya.

 

Berikutnya, kita akan langsung praktek bagaimana cara menginstall Custom ROM ini, silahkan siapkan bahan dan persyaratan yang harus Kamu penuhi berikut ini:

 

Syarat Install Custom ROM di Xiaomi Redmi Note 7 Lavender

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada beberapa poin syarat beserta bahan yang harus Kamu siapkan terlebih dahulu.

 

Untuk syarat utama, tentu saja posisi ponsel Xiaomi Redmi Note 7 Kamu sudah dalam keadaan bootloader (UBL). Sedangkan persyaratan lainnya adalah sudah terinstal nya Custom Recovery (TWRP) pada hp Redmi Note 7 tersebut.

 

Pada praktek kali ini Saya menggunakan TWRP OrangeFox. Namun untuk TWRP selain OrangeFox pun masih bisa mengikuti tutorial ini. Karena pada dasarnya semua Custom Recovery memiliki fungsi dan fitur yang sama.

 

Bahan Install Custom ROM

  1. Havoc-OS 3.4 +GApps
  2. Havoc-OS 3.4 tanpa GApps
  3. GApps for arm64
  4. Magisk 20.2
  5. ROM MIUI 11 Redmi Note 7 Lavender (Khusus yang belum upgrade ke versi MIUI 11)

 

Silahkan unduh file firmware dan pendukung nya, disitu Saya berikan dua opsi. Yang pertama ROM yang sudah disertai GApps.

 

Dengan memilih itu, artinya ketika Custom ROM berhasil di pasang, maka aplikasi Google seperti Google Play, Youtube, Google Akun dan lain nya sudah otomatis tersedia, namun tentu saja dengan ukuran file yang lebih besar.

 

Jika memilih opsi yang kedua, maka ketika ROM sudah terinstall di hp, itu artinya Kamu harus menginstall GApps secara terpisah dan ini cukup merepotkan namun akan menambah pengetahuan Kamu yang baru pertama kali menginstal Custom ROM.

 

Jika Kamu memilih opsi yang kedua, maka silahkan unduh juga file GApps for arm64 nya.

 

 

Jika sudah, maka pindahkan semua file diatas ke memori eksternal (MicroSD) ponsel Kamu. Kemudian siapkan pemasangan ROM nya. Silahkan ikuti langkah nya dibawah ini.

 

Langkah Install Custom ROM Xiaomi Redmi Note 7 Lavender (Havoc-OS 3.4)

Sebelum masuk ke pembahasan inti, Saya sangat menyarankan Kamu membackup semua data yang ada di memori internal ke memori eksternal (MicroSD). Hal ini dilakukan untuk antisipasi jika terjadi kesalahan sehingga akan mempermudah ketika me-restore data lama.

 

Selain itu, pasang Custom ROM juga mengharuskan Kamu wife data sehingga semua yang ada di internal memori akan terhapus. Lakukan backup data melalui TWRP nya, dan salin ke MicroSD atau ke Laptop sekaligus. Setelah itu baru kita mulai menginstall Custom ROM nya.

 

Langkah 1

Jika file yang Kamu download tadi sudah di pindahkan ke memori eksternal (MicroSD), selanjutnya silahkan matikan hp. Kemudian masuk ke TWRP nya dengan cara menekan tombol Volume atas dan Power secara bersamaan.

 

Ketika hp booting dan terlihat logo Mi, lepaskan tekanan pada tombol power nya dan biarkan hp masuk ke TWRP OrangeFox nya.

 

 

Langkah 2

Setelah hp masuk TWRP nya, silahkan lakukan format dan wife data. Kenapa harus dilakukan?

 

Karena kita akan menginstall ROM baru, maka ROM lama wajib kita hilangkan dulu supaya tidak terjadi crash pada sistem nanti nya.

 

Untuk memulai, masuk ke menu utama, kemudian klik Manage Partitions. Jika sudah terbuka halaman baru, kita lakukan format data dengan cara memberikan centang di bagian data nya.

 

 

Setelah itu klik tombol tanda centang dibawah untuk memulai, kemudian klik tombol “Format data” pada menu berikutnya. Lalu akan terbuka halaman dimana Kamu akan diminta konfirmasi format data.

 

Silahkan ketik “yes” dan tap tombol centang untuk melanjutkan.

 

 

Jika sudah berhasil di format, silahkan kembali ke menu awal TWRP nya dengan tap tombol Back. Setelah itu, lakukan juga wife data nya dengan masuk ke menu Wife, kemudian centang pada bagian Dalvik/ART Cache, Cache, System, Vendor dan Data.

 

 

Lalu Swife ke kanan untuk mulai melakukan wife data, tunggu hingga prosesnya selesai.

 

Langkah 3

Dilangkah ketiga ini ada beberapa tahap yang harus Kamu lakukan. Yang pertama, khusus hp Kamu yang masih menggunakan versi MIUI 10, maka wajib menginstall atau mengupgrade dulu ke MIUI 11.

 

Langkah ini sangat diperlukan mengingat sering terjadi error 7 di Xiaomi Redmi Note 7 ketika menginstall Custom ROM dalam kondisi hp masih versi MIUI 10 kebawah. Namun jika hp Kamu sudah menggunakan MIUI 12, maka silahkan lewati langkah ini.

 

Untuk memulai updrade, silahkan cari ROM MIUI 11 Redmi Note 7 dengan jenis file zip atau Recovery installer nya. Ingat, recovery installer bukan Fastboot installer. Diatas sudah Saya sediakan juga link nya.

 

Untuk menginstall ROM, masuk ke File kemudian pilih MicroSD di samping kanan atas dan silahkan cari file MIUI 12 yang sebelumnya Kamu simpan. Jika sudah, silahkan pilih file nya dan lakukan pemasangan dengan pilih Swife to install, tunggu sampai proses pemasangan berhasil.

 

 

Langkah 4

Langkah terakhir adalah menginstall Custom ROM Havoc-OS nya, untuk caranya sama seperti diatas ketika Kamu mengupgrade versi MIUI.

 

Masuk ke menu File, pilih MicroSD dan cari file Custom ROM nya, jika sudah ketemu, lakukan pemasangan seperti biasa dengan cara Swife ke kanan di bagian “Swife to install”.

 

 

Tunggu proses install nya hingga selesai. Sama seperti ketika menginstall MIUI, pada proses ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Jika sudah selesai, silahkan install juga file magisk nya. Cara yang digunakan juga sama seperti diatas, pastikan pemasangan nya tidak mengalami eror.

 

 

Berikutnya, lakukan format data seperti yang pertama tadi dilakukan.

 

Klik Manage Partitions, pilih / centang bagian Data, tap tombol Centang, pilih tombol Format Data, dan ketikan Yes, lalu tap tombol Centang dan tunggu sampai selesai.

 

 

Jika sudah selesai, lanjutkan dengan klik Reboot Systems. Tunggu hingga ponsel kembali menyala.

 

Sampai disini, proses Pasang Custom ROM di Xiaomi Redmi Note 7 Lavender dengan Havoc-OS 3.4 sudah berhasil dilakukan, silahkan lakukan pengaturan awal. Dan kemudian silahkan explore juga semua fitur yang ingin Kamu ketahui di Havoc versi 3.4 ini.

 

Pertanyaan yang sering di ajukan

Apakah ada Bug di versi 3.4 ini? Ya, seperti yang Saya singgung diatas, sinyal tidak stabil.

 

Apakah ada kernel yang bagus untuk Havoc ini? Silahkan mencoba Predator kernel.

 

Untuk tipe Xioami Lain bisa? Bisa, silahkan pilih Custom ROM sesuai tipe ponselnya.

 

Setelah berhasil di install, kok mentok di logo? Lakukan format ulang melaluo TWRP nya.

 

Hp kena deskrip, mengatasinya bagaimana? Lakukan format data.

 

Saya tidak ada MicroSD, apa bisa menginstall ROM? Bisa,pake flashdisk dan koneksikan melalui USB OTG.

 

Bisakah install Custom ROM tanpa TWRP? Tidak bisa.

 

Mau Install TWRP error terus? Unlock Bootloader (UBL).

 

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan, jika Kamu memiliki pertanyaan lain, silahkan berikan komentar.

Tinggalkan komentar