Cara Flashing OPPO A71 CPH1717 Mati Total via Flashtool (Kasus Gagal Update)

Hari ini saya kembali memberikan solusi untuk kamu yang memiliki ponsel OPPO A71 versi CPH1717 yang mati total dengan cara melakukan unbrick melalui flashtool.

Tutorial ini khusus untuk kamu yang ponsel nya matot disebabkan oleh gagal flash atau gagal update via ota, juga berlaku pada ponsel yang lupa pola maupun ponsel dalam keadaan bootloop dikarenakan kesalahan pada sistem software.

 

Jadi sudah dipastikan jika ponsel kamu mati Karena kerusakan hardware, maka tutorial ini tidak dapat berjalan.

 

 

Spesifikasi OPPO A71 CPH1717

Sedikit flashback mengenai kelebihan spesifikasi ponsel ini. Seperti yang kita tahu, bahwa OPPO A71 CPH1717 ini merupakan ponsel keluaran tahun 2017, memiliki layar ukuran 5.2 inci dengan balutan Gorilla Glass 3 sebagai pelindung nya.

 

Selain itu, ponsel ini juga memiliki kamera berkekuatan 13MP dengan aperture nya adalah f/2.2. Kamera nya sangat jernih dikala itu yang disandingkan dengan kamera depan sebesar 5MP dimana untuk hasil selfienya juga cukup bagus.

 

Untuk sisi dapur pacunya, ponsel ini menggunakan CPU Octa-core, chipset Mediatek MT6750 yang didukung oleh Mali-T860MP2 sebagai menyempurna hasil grafisnya.

 

Sedangkan untuk system operasi, smartphone ini sudah menggunakan Android 7.1 yang berjalan pada interface ColorOS 3.1 yang bisa terus di update hingga sekarang. Perlu dicatat, bahwa ponsel ini juga masih memiliki banyak penggemar hingga sekarang meskipun telah dirilis beberapa tahun lalu.

 

Sekarang, mari kita lanjutkan pada materi. Seperti yang saya singgung diatas, jika Oppo a71 CPH1717 ini chipsetnya mediatek, berbeda dengan versi (CPH1801) yang menggunakan Snapdragon.

 

Jadi alat yang harus dipersiapkan juga khusus untuk chipset jenis ini. Dalam contoh ini saya menggunakan SP Flash tool, jadi silahkan kamu download tool nya yang akan saya berikan di artikel ini.

 

Perhatian: Saya hanya memberikan tutorial berdasarkan hasil test, berarti sudah dibuktikan keberhasilannya. Namun bisa saja kesalahan terjadi pada kamu meskipun dengan menggunakan metode yang sama. Jadi, Teknoflasher tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal diluar dugaan seperti ponsel menjadi mati permanen, atau kesalahan pada sistem software ketika kamu menginstallnya. Jadi, sebaiknya pastikan kamu telah mengerti konsekuensinya.

 

File yang dibutuhkan untuk mengatasi OPPO A71 CPH1717 Matot, Lupa Pola atau Bootloop

Sebelum melanjutkan ke langkah inti cara mengatasi OPPO A71 kamu yang bermasalah, silahkan unduh terlebih dahulu alat-alat dibawah ini untuk mempermudah ke tahap selanjutnya.

 

  1. Firmware Unbrick OPPO A71 (CPH1717)
  2. Mt65xx Preloader Driver
  3. SP_Flash_Tool

 

Persiapan Install Tool dan Firmware (ROM)

Jika semua alat diatas telah diunduh. Pastikan semua file di simpan dalam satu folder untuk mempermudah.

 

Langkah 1

Pertama silahkan extract file mt65xx usb vcom driver, lalu install driver dengan cara klik kanan, dan run as administrator pada file bernama InstallDriver.exe.

 

Ikuti stepnya seperti ketika kamu menginstall software lainnya. Pastikan kamu telah berhasil menginstall drivernya tanpa kesalahan.

 

 

Langkah 2

Ekstrak juga untuk Firmwarenya (Oppo-A71 DEAD FIX), dengan cara klik kanan, lalu extract here. Dan pada folder hasil extract terdapat satu file arsip silahkan di extract juga sampai terdapat file Firmware nya.

 

Dalam file tersebut sudah disertakan juga sama Flashtool nya.

 

 

Cara flash OPPO A71 Mati total, bootloop dan lupa pola dengan Flashtool

Setelah bahan-bahan diatas telah dipersiapkan dan di install dengan baik, maka kita akan mulai ke tahap selanjutnya yaitu tahap ini dari tutorial ini.

 

Sebelum masuk ke tahap inti, sebaiknya untuk kamu yang ponselnya dalam keadaan mati total, ada kemungkinan setelah melalui proses ini imei pada ponsel menjadi null.

 

Meskipun begitu, ponsel masih dalam keadaan normal baik itu dari sinyal, performa dll. Intinya semua berjalan secara normal kecuali imei tersebut. Jika sudah siap, mari mulai proses nya.

 

Langkah 1 Seting Flashtool

Buka Flashtool. Silahkan buka Flashtool nya yang ada pada folder SP_Flash_Tool_v5.1744_Win, dan klik kanan dan run as administrator pada program flash_tool.exe. Lalu akan terbuka toolnya seperti ini:

 

 

Masukan Firmware ke Flashtool. Setelah terbuka seperti diatas, lalu pada bagian Download-Agent, biasanya akan terisi secara otomatis.

 

Namun jika tidak, silahkan kamu klik tombol choose dan arahkan ke folder flashtoolnya lalu pilih file MTK_AllInOne_DA.bin.

 

Pada bagian Scatter-loading file, silahkan arahkan ke file MT6750_Android_scatter.txt yang terdapat pada folder Firmware/ROM OPPO A71 nya yang telah kamu extract tadi.

 

Pada contoh, saya menyimpannya di D:\FLASH FILE\OPPO A71\Oppo-A71\Oppo-A71.

 

 

Langkah 2. Format file melalui Flashtool

Pada langkah ini silahkan lakukan format pada partisi ponsel melalui flashtool nya. Klik Tab Format dan pastikan pengaturannya Auto Format Flash dan dibagian Auto format flag nya diseting Format whole flash.

 

 

Setelah sesuai, lalu klik tombol Start warna biru. Lalu, konekan ponsel dengan PC/Laptop nya sehingga Flashtool akan otomatis mendeteksi ponsel dan mulai melakukan format.

 

Jika format berhasil, maka akan terdapat notifikasi seperti pada gambar ini:

 

 

Setelah berhasil, tutup flashtool dan cabut ponsel dari kabel datanya. Lalu lanjut ke langkah selanjutnya.

 

Langkah 3. Flashing Oppo A71

Setelah proses format selesai. Silahkan buka kembali flashtool nya. Lalu, hilangkan centang pada bagian preloader dan klik tombol download yang ada disebelah kiri atas.

 

 

Sekarang, konekan kembali ponsel dengan PC/Laptop nya menggunakan kabel data. Sehingga secara otomatis flashtool akan memulai flashing pada ponsel nya.

 

 

Tunggu prosesnya sampai selesai, jangan sampai ponsel putus koneksi dengan laptop nya jika tidak ingin proses flashing nya gagal sehingga akan menimbulkan masalah baru nantinya.

 

Jika sudah berhasil akan terdapat notifikasi seperti ini:

 

 

Setelah dipastikan flashing berjalan dengan baik dengan tanda seperti diatas, silahkan tutup lagi flashtool nya dan cabut kembali ponsel seperti pada langkah sebelumnya, karena masih ada satu langkah yang akan kita selesaikan.

 

Langkah 4. Flash Preloader

Ini merupakan langkah terakhir yang akan kita lakukan, dimana pada sebelumnya kamu lakukan flashing tanpa menyertakan bagian preloader nya. Pertanyaan nya, kenapa gak sekalian pada langkah sebelumnya saja?

 

Awalnya saya juga berpikir begitu, namun begitu dicoba ternyata ponsel dapat menyala namun dalam keadaan bootloop, saya sendiri kurang begitu mengerti prosesnya seperti apa, yang jelas pada kedua langkah tersebut wajib di pisahkan, dan alhasil ponsel menyala secara normal.

 

Proses ini sudah saya coba pada dua ponsel berbeda dan tidak ada kendala sama sekali.

 

Lanjut ke prosesnya, setelah pada langkah sebelumnya kamu menutup flashtool, silahkan buka kembali. Lalu hilangkan semua centang dan hanya tersisa di bagian preloader saja seperti ini:

 

 

Silahkan klik tombol Download nya, dan seperti biasanya koneksikan ponsel ke PC/Laptop nya. Proses ini tidak membutuhkan waktu lama. Setelah selesai, kamu boleh menutup flashtool dan mencabut ponselnya.

 

Lalu nyalakan ponsel secara manual, jika sudah bisa masuk ke logo OPPO disertai loading 4 titik dibawahnya, itu berarti kamu telah berhasil menyalakan kembali OPPO A71 yang sebelumnya mati total.

 

Sampai disini, tutorial cara mengatasi OPPO A71 CPH1717 mati total sudah selesai.

 

Untuk tutrial dalam bentuk video, bisa kamu simak di bawah ini:

 

 

Lalu, bagaimana jika ponsel Oppo A71 dalam keadaan bootloop atau hanya lupa pola saja?

Untuk langkahnya tentu lebih sederhana, yaitu kamu cukup menggunakan Langkah 3. Flashing Oppo A71 saja tanpa melalui langkah format file maupun flash preloader nya, mengingat ponsel masih dalam keadaan menyala.

 

Khusus untuk yang ponselnya lupa pola atau sandi, sebelum melakukan cara ini, kamu bisa mencoba untuk hardreset ponsel terlebih dahulu.

 

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan, berikut saya rangkum pertanyaan nya:

 

Apakah OPPO A71 Bisa di root?

Sampai saat ini saya belum menemukan cara yang tepat untuk rooting oppo a71 baik itu untuk versi CPH1717 maupun CPH1801, ini disebabkan karena security pada interface ColorOS cukup sulit untuk dibobol. Ada yang bilang bisa dilakukan dengan cara downgrade versi ColorOS nya, namun sampai sekarang masih belum ada bukti yang real.

 

Apakah OPPO A71 bisa dipasang TWRP?

Jawabannya sama, mengingat untuk menginstall kostum recovery membutuhkan akses root terlebih dahulu.

 

Apakah OPPO A71 bisa ganti font dan Theme?

Bisa, namun dengan bantuan beberapa aplikasi tambahan. Yangsering digunakan oleh user adalah HiFont dan Theme Store versi China, silahkan cari tutorialnya.

 

OPPO A71 saya tidak terdeteksi di PC/Laptop?

Coba periksa kondisi kabel datanya, pastikan dalam keadaan baik. Jika masih belum terdeteksi, cek apakah driver terinstall dengan benar. Kalau masih sama juga, coba pindahkan port usb nya ke port lain.

 

Namun jika semua cara tersebut sudah dilakukan tapi ponsel masih belum terdeteksi juga, ada dua kemungkinan masalah disekitar hardware, entah itu port charger bermasalah atau ic power yang bermasalah.

 

Itulah pertanyaan yang sering saya dapatkan mengenai OPPO A71 ini.

 

Dengan demikian, artikel tutorial mengatasi OPPO A71 mati total pun cukup sampai disini. Silahkan share artikel ini ke teman maupun keluarganya yang memiliki permasalah pada ponsel OPPO A71 nya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar