Cara Flash Xioami Redmi Note 7 [Lavender] Atasi Bootloop dan Stuck Recovery

Beberapa waktu yang lalu, Saya kedatangan seorang teman yang membawa sebuah HP Xiaomi Redmi Note 7 yang dalam keadaan Bootloop. Dia mengatakan kronologi bootloop tiba-tiba saja saat sedang main game sambil dilakukan cas.

Sebetulnya Saya sedikit khawatir dengan keadaan saat itu mengingat untuk flashing hp xioami tipe terbaru, kita harus memiliki akun auth yang memang cukup sulit untuk didapatkan. Sedangkan akun auth yang Saya miliki entah kenapa tiba-tiba tidak bisa dipakai lagi.

 

Sedangkan untuk menyewa akun auth ini tidak lah murah. Namun kekhawatiran itu akhirnya selesai setelah teman Saya bilang jika posisi HP saat ini sudah dalam keadaan unlock bootloader.

 

 

Nah untuk Kamu yang saat ini memiliki permasalahan yang sama, yaitu keadaan hp Xiaomi Redmi Note 7 nya bootloop, maka syarat utama untuk melakukan flashing ini adalah memiliki akun auth, atau setidaknya posisi device sudah dalam keadaan unlock bootloader (UBL).

 

Sedangkan untuk Kamu yang mengalami ponsel stuck atau restart di mode recovery, maka ada dua cara yang bisa Kamu coba. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

 

Pendahuluan dan Disclaimer

Seperti biasa, sebelum melanjutkan tutorial yang akan Saya bahas. Maka pertama Saya akan memberikan warning (disclaimer) terlebih dahulu. Bahwasan nya dengan mengikuti tutorial ini, Kamu sudah paham betul akan risiko yang ditimbulkan.

 

Misal terjadi galat yang menyebabkan hp menjadi bootloop permanen atau bahkan risiko yang lebih tinggi yaitu keadaan hp menjadi mati total. Meskipun pada prakteknya risiko tersebut jarang terjadi jika Kamu mengikuti langkah per langkah nya secara teliti.

 

Syarat dan Bahan-bahan Flash Xiaomi Redmi Note 7

Untuk memudahkan dalam mengikuti tutorial ini, silahkan persiapkan bahan-bahan yang ada dibawah ini:

 

  1. PC/Laptop (Sebaiknya dengan OS win 64 bit)
  2. Kabel data Original
  3. ADB Driver (Unduh dan Install)
  4. Lavender Fastboot ROM (Unduh dan Ekstrak)
  5. MiFlash 2018 (Unduh dan Ekstrak)

 

Sedangkan syarat untuk bisa mengikuti tutorial ini adalah seperti yang disebutkan diatas, yaitu memiliki akun auth atau setidaknya keadaan hp sudah dalam keadaan UBL.

 

Persiapan Flashing

Jika semua bahan diatas sudah dipersiapkan, pertama yang harus dilakukan adalah menginstall driver adb. Untuk cara pemasangan nya tidak akan Saya bahas disini, karena sudah Saya bahas di artikel lainnya.

 

Untuk mengetahuinya, silahkan baca di bagian artikel ini.

 

Selanjutnya, ekstrak file Fastboot ROM yang telah Kamu download tadi dengan cara klik kanan dan Extract here.

 

 

Tunggu sampai proses ekstrak nya selesai sehingga hasilnya menjadi seperti ini:

 

 

Untuk mempermudah, sebaiknya pindahkan folder ROM ke Desktop. Setelah selesai, kemudian ekstrak juga pada file MI-FLASH 2018-5-28.rar nya sama seperti diatas.

 

Pada hasil ekstrak, buka folder nya kemudian terdapat satu folder lagi, dan file MiFlash nya terdapat pada folder kedua tersebut.

 

Saya memilih ini supaya MiFlash tidak terinstall di Laptop. Tapi jika Kamu memilih untuk menginstall nya, Kamu bisa langsung klik dua kali pada file XiaomiFlash.exe yang terdapat di folder pertama.

 

Jika ikut seperti yang Saya lakukan, maka hasilnya seperti ini:

 

 

Untuk membuka, cukup klik dua kali di file yang Saya lingkari tanpa harus menginstall nya. Sampai disini persiapan sudah selesai, kita lanjut ke tahap berikutnya.

 

Cara Flashing Xiaomi Redmi Note 7 Lavender Mode Fastboot

Setelah semua persiapan diatas sudah Kamu selesaikan tanpa ada yang kurang satupun, maka tahap berikutnya adalah bagian utama dari tutorial ini, yaitu flashing redmi note 7 dimana pada cara ini Saya menggunakan mode Fastboot dengan alasan yang sudah Saya jelaskan diawal artikel ini.

 

Pertama, silahkan buka MiFlash nya dengan cara klik dua kali pada file XiaoMiFlash.exe yang Saya lingkari pada gambar diatas.

 

Jika sudah terbuka, selanjutnya klik pada tombol select dan arahkan ke file ROM yang sudah di ekstrak sebelumnya.

 

 

Hasilnya menjadi seperti ini, perhatikan untuk tanda panah. Pada tanda panah dibagian select, itu menunjukan target folder file ROM yang akan di flash nantinya.

 

Sedangkan untuk tanda panah bagian bawah, silahkan pilih clean all. Ini artinya semua file yang sebelumnya tersimpan didalam ponsel akan di format ulang dan tentu saja semua data akan hilang.

 

Kedua, selanjutnya kita fokus ke HP nya. Masukan hp kedalam Fastboot Mode, jika hp dalam sedang menyala, Kamu bisa langsung tekan volume bawah dan tombol power secara bersamaan, tahan sampai hp restart dan masuk ke Fastboot Mode.

 

Setelah itu silahkan koneksikan hp dengan laptop nya melalui kabel data. Untuk pertama kali, biasanya laptop akan otomatis membaca dan menginstall driver nya.

 

Ketiga, kita kembali ke MiFlash nya.

 

 

Penjelasan, untuk tanda panah nomor satu, klik refresh dan otomatis MiFlash akan mendeteksi ponsel nya seperti yang ditunjukan pada tanda panah nomor dua.

 

Langkah berikutnya, silahkan klik tombol flash seperti yang di tunjukan pada tanda panah nomor tiga. Jika terdapat error, silahkan coba menggunakan MiFlash versi lain, karena untuk MiFlash ini sebenarnya cocok-cocokan.

 

Silahkan tunggu proses flashing nya sampai selesai, prosesnya akan memakan waktu cukup lama mengingat file yang di masukan kedalam hp ukuran nya cukup besar yaitu lebih dari 2gb.

 

 

Jika proses flashing sudah selesai dan tanpa kendala, maka secara otomatis ponsel akan restart dan masuk ke setingan awal.

 

Pastikan Kamu masih mengingat data akun Mi Cloud nya, karena biasanya dengan flashing hp seperti ini dimana sebelumnya terdapat akun xiaomi, maka yang terjadi adalah hp akan terkunci ketika dikoneksikan ke data seluler. Seperti yang Saya alami ini.

 

 

Untungnya teman Saya masih mengingat detail akun mi cloud nya sehingga ketika terjadi seperti ini bukan menjadi sebuah masalah. Namun akan semakin repot jadinya jika Kamu tidak mengetahui detail akun, karena nanti akan disibukan dengan cara bypass mi cloud.

 

Akhirnya, hp yang tadinya bootloop sekarang sudah bisa digunakan lagi seperti biasanya. Saya senang dan teman Saya pun riang gembira.

 

 

Cara mengatasi Xiaomi Redmi Note 7 Stuck Recovery

Selanjutnya, Saya akan berikan dua cara bagaimana mengatasi hp ini yang stuck di recovery mode sehingga tidak bisa digunakan sama sekali.

 

Masalah ini sebenarnya masih dibilang ringan karena permasalah hanya ada crash di firmwarenya, sehingga penanganan nya pun bisa dibilang cukup simple.

 

Cara 1. Hard reset

Cara pertama yang bisa Kamu coba adalah dengan melakukan hardreset hp. Ketika hp masuk ke recovery mode, Kamu cukup pilih wife data dan biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi stuck di recovery mode. Baik itu untuk tipe redmi note 7 maupun tipe xiaomi lainnya.

 

 

Cara2. Full Flash

Jika pada cara pertama ternyata penyakit stuck recovery masih belum dapat disembuhkan. Maka cara alternative paling jitu adalah dengan melakukan full flashing pada bagian firmware nya.

 

Cara nya sendiri sama seperti pada cara flash biasanya seperti yang Saya lakukan diatas.

 

Konsekuensinya, karena menggunakan metode full flash (clean all), maka semua data yang ada didalam hp akan terhapus.

 

Sebetulnya masih ada cara lain sebelum Kamu melakukan cara terakhir ini. Yaitu disaat posisi hp restart, langsung Kamu tekan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan.

 

Ingat, hanya kedua tombol volume ya, tanpa menekan tombol power. Jika cara ini tidak berhasil, maka cara full flash lah yang menjadi cara terakhir yang bisa Kamu lakukan.

 

Sampai disini tutorial mengatasi Xiaomi dan stuck recovery mode sudah selesai, Semoga berhasil.

Tinggalkan komentar