Cara Cepat dan Mudah UBL Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite Andorid 9

Kali ini saya dapat request dari user yang minta Unlock Bootloader sekaligus Pasang TWRP dan Root ponsel Xiaomi Mi A2 Lite. Untuk itu sekalian akan saya share bagaimana cara nya supaya Kamu yang memiliki ponsel seperti ini dan ingin meng-Unlock Bootloader nya bisa sekalian belajar sama-sama.

 

Seperti yang kita tahu, bahwa Xiaomi Mi A2 Lite ini tidak seperti ponsel Xiaomi lainnya, dimana pada interfacenya menggunakan Android One bukan lagi MIUI seperti yang biasa kita temui pada ponsel-ponsel keluaran Xiaomi.

 

Sedangkan pada peluncurannya, ponsel ini bisa dibilang merupakan variant versi ekonomis nya dari Xiaomi MI A2 nya. Ponsel ini sudah dilengkapi dual camera dengan kamera utama sebesar 12MP dan kamera kedua 5MP.

 

Kemudian untuk kamera depan nya, ponsel ini hanya dibekali sensor sebesar 5MP saja. Dari sisi hardware nya, ponsel ini merupakan kembaran nya Redmi 6 Pro yang versi Android One nya.

 

Untuk OS, ponsel ini sudah menggunakan Android 8.1 (Oreo) yang kabarnya sampai saat ini sudah bisa di upgrade hingga Android 10. Sedangkan pada prosessor, Xiaomi A2 Lite telah menggunakan Snapdragon 625 dengan dukungan GPU Adreno 506 sebagai pelengkap di sisi grafisnya.

 

Mungkin itu saja sedikit ulasan Spesifikasi dari Xiaomi Mi A2 lite ini, karena fokus utama kita adalah bagaimana cara UBL ponsel Xiaomi Android One ini.

 

Sebelum kita masuk ke tutorial inti, saya peringatkan untuk membackup file-file penting yang ada pada ponsel Kamu. Itu karena pada prosesnya nanti, ponsel akan mereset semua data-data sehingga kondisi HP kembali ke setelan pabrikan dan semua data akan kosong.

 

Bahan-bahan UBL Xiaomi Mi A2 Lite

Sebelum kita melakukan langkah utama, sebaiknya Kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan dibawah ini:

 

  1. Minimal ADB Fastboot
  2. PC/Laptop
  3. Kabel Data

 

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 Lite Andorid 9

Seperti yang kita tahu diatas, jika OS bawaan ponsel ini adalah Android Oreo. Namun untuk praktek kali ini, saya menggunakan Xiaomi Mi A2 Lite dengan Android 9 yang sudah di upgrade sebelumnya.

 

Jadi untuk Kamu yang masih menggunakan Android 8.1, caranya tetap sama sehingga dapat mengikuti tutorial ini. Atau untuk Kamu yang menggunakan ponsel Seri Mi A2 nya saja, Kamu juga bisa ikuti tutorial ini karena pada dasarnya sama saja. So, yuk kita mulai.

 

Langkah 1. Aktifkan Developer Option, USB Debugging dan OEM Unlocking

Ini merupakan langkah awal yang wajib Kamu lakukan untuk mengoprek sebuah ponsel. Entah apapun merk dan tipe nya, jika Kamu ingin melakukan sesuatu pada sistem ponsel, maka langkah ini adalah syarat mutlaknya.

 

So, jika Kamu sudah terbiasa, maka pasti tahu step-stepnya.

 

Pertama, silahkan buka pengaturan ponselnya, kemudian masuk ke About Phone dan pada bagian Build Number, lakukan TAP beberapa kali sampai muncul tulisan “You are now a developer!”.

 

Selanjutnya, silahkan kembali ke menu pengaturan dan pilih menu System lalu pilih Advanced, disitu Kamu akan menemukan menu {} Developer Options, silahkan masuk ke menu tersebut.

 

 

Selanjutnya pada menu tersebut, silahkan aktifkan pada bagian USB Debugging, kemudian lakukan juga pada bagian OEM Unlocking nya dengan cara klik pada tulisan nya, bukan pada tombol nya.

 

Jika terdapat warning ketika akan mengaktifkan pilihan tersebut, klik saja OK.

 

 

Jika sudah, maka tahap selanjutnya adalah proses UBL nya.

 

Langkah 2. Cara Mudah UBL Xiaomi Mi A2 Lite

Sekarang kita akan melakukan unlock bootloader pada ponsel ini, tentu saja proses ini tidak dapat Kamu lakukan tanpa bantuan PC/Laptop.

 

Jadi, silahkan persiapkan salah satu dari perangkat tersebut, dan siapkan juga kabel data nya.

 

Tahap pertama, lakukan install Minimal ADB Fastboot yang telah kalian unduh tadi. Untuk caranya, dapat kalian ikuti pada artikel ini. Setelah terinstall dengan baik, kemudian masukan ponsel ke mode fastboot.

 

Caranya adalah ketika ponsel dalam keadaan off/mati, silahkan nyalakan ponsel dengan menekan kedua tombol kombinasi yaitu antara volume bawah dan tombol power secara bersamaan.

 

Lepas kedua tombol tersebut ketika ponsel telah menyala dan sukses masuk ke mode fastboot.

 

 

Selanjutnya sambungkan ponsel dengan PC/Laptop nya melalui kabel data. Setelah ponsel terkoneksi ke PC, lalu buka folder ADB hasil install tadi, biasanya terdapat di lokasi C:\adb.

 

Seperti biasa, masuk ke Command prompt nya dengan cara menekan dan tahan tombol Shift pada keyboard yang dilanjutkan dengan klik kanan pada mouse dan pilih Open command window here, sehingga akan terbuka CMD nya.

 

Kemudian silahkan copy perintah berikut dan paste pada Command prompt nya:

 

fastboot devices

 

Klik ENTER, sehingga jika koneksi antara ponsel dan laptopnya berjalan dengan baik akan tampak kode seri ponsel seperti ini:

 

 

Selanjutnya kita cari tahu status device nya dengan cara memasukan perintah berikut ini:

 

fastboot oem device-info

 

Tekan ENTER, dan pada layar akan terlihat detail dan status device nya. Perhatikan yang ditandai panah merah pada gambar dibawah ini, itu menandakan jika perangkat ini statusnya belum unlock bootloader.

 

 

Jika sudah jelas, selanjutnya lakukan unlock bootloader nya dengan memasukan perintah berikut ini:

 

fastboot oem unlock

 

Tekan ENTER. Jika sukses, pada layar akan menampilkan seperti ini:

 

 

Seketika itu ponsel akan menyala yang disertai notifikasi seperti ini:

 

 

Silahkan tunggu hingga ponsel masuk ke setelan awal, dibutuhkan waktu cukup lama mengingat dengan melakukan Unlock Bootloader ini, itu sama artinya dengan ketika kita mereset ponsel ke setelan pabrik.

 

Tentu saja ini akan menghapus semua data yang terdapat pada ponsel Mu sebelumnya. Itu kenapa diawal tutorial artikel ini saya memperingatkan supaya Kamu membackup terlebih dahulu semua file ke Laptop atau Memori eksternal.

 

Dan jika ponsel berhasil booting ke menu awal, silahkan lakukan seting seperti biasa sampai selesai.

 

Selanjutnya, untuk memastikan apakah ponsel telah berhasil di UBL atau belum, Kamu bisa cek kembali melalui ADB Fastboot nya dengan cara memasukan perintah device info seperti yang telah Kamu lakukan tadi.

 

fastboot oem device-info

 

Dan sekarang pada layar akan tampak berbeda dari sebelumnya, yaitu seperti ini:

 

 

Disitu terlihat, yang tanda pertama dimana status Device unlocked nya adalah false, dan setelah kita lakukan unlock bootloader maka terlihat pada tanda kedua yaitu Device unlocked: true itu artinya status hp Xioami Mi A2 Lite ini telah berhasil di UBL.

 

Sampai disini Unlock Bootloader Xiaomi Mi A2 Lite telah berhasil kita lakukan. Sedangkan untuk Kamu yang menggunakan ponsel Xiaomi Mi A2 nya juga bisa menggunakan cara yang sama seperti diatas.

 

Sementara, untuk memasang TWRP dan Root pada ponsel ini, akan saya lanjutkan pada artikel berikutnya.

 

Silahkan share tutorial ini ke teman maupun keluarga jika Kamu merasa artikel ini bermanfaat. Jika ada yang kurang dimengerti, Kamu boleh bertanya melalui kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar