Cara Bypass Xiaomi Redmi 5 Plus [MEG7] Terkunci Akun Mi Cloud

Diposting pada

Jika Kamu saat ini sedang mencari bagaimana mengatasi Xiaomi Redmi 5 Plus terkunci akun mi, maka artikel ini sangat tepat untuk Kamu kunjungi. Disini Saya akan berbagi bagaimana cara bypass micloud di hp ini.

Seperti yang tertera pada judul, cara ini sangat cocok untuk Xiaomi Redmi 5 Plus dengan code name MEG7, dimana code name ini merupakan salah satu dari seri hp Redmi 5+ dengan garansi TAM.

 

 

Untuk code name lain seperti MEE7 atau MET7, biasanya tidak cocok menggunakan metode ini karena bisanya akan kembali relock ketika terkoneksi ke internet. Untuk bisa masuk ke menu tanpa terkunci lagi, maka diperlukan tool tambahan yaitu mi adb bypass, namun dengan risiko akun mi menjadi disable alias tidak bisa di tambahkan kembali.

 

Berbeda dengan MEG7 yang akan Saya buat panduan nya sekarang, dengan menggunakan metode ini maka status akun mi menjadi clean dan Kamu bisa kembali menambahkan akun micloud baru di hp nya.

 

Jadi cerita awalnya kenapa hp ini terkunci adalah ketika ada user datang dan meminta untuk flashing hp nya karena stuck logo, dan dia meminta untuk sekaligus upgrade ke MIUI 11.

 

Sebelumnya Saya sudah memperingatkan, jika selesai flashing maka hp akan terkunci di akun mi sehingga nantinya dibutuhkan bypass dan tentu saja akan menambah biaya, dan akhirnya setelah negoisasi dia setuju dan siap akan risiko nya.

 

Oke, untuk Kamu yang ingin mengikuti panduan nya, silahkan persiapkan bahan-bahan dibawah ini:

 

Bahan-bahan Unlock Micloud Redmi 5 Plus

  1. MRT Tool V2.60 (Password: officialroms) / Aktivator
  2. Qualcomm Driver

Untuk cara install MRT Toolnya, silahkan simak video nya disini.

 

Jika semua bahan diatas sudah Kamu persiapkan di laptop, maka selanjutnya silahkan install mrt tool nya. Sebaiknya matikan anti virus dan firewall terlebih dahulu.

 

Kemudian lakukan juga pemasangan pada driver Qualcomm nya, karena kita akan melakukan bypass micloud menggunakan test point yang artinya Kamu harus membuka penutup belakang hp nya untuk mendapatkan kedua titik yang ada di mesin.

 

Note: Pada proses ini tidak akan menghapus file yang ada di hp, namun sebaiknya lakukan backup data untuk mengantisipasi jika terjadi kesalahan sehingga nantinya akan lebih mudah ketika restore data.

 

Jika sudah, maka saat nya persiapkan alat untuk test point. Kamu butuh sebuah pinset/kabel tembaga atau apapun yang bisa menghubungkan kedua titik.

 

Selain itu, Kamu butuh kabel data dan juga opening tool untuk membantu mempermudah ketika membuka cover belakang hp. Pengalaman Saya, jika hp belum pernah dibongkar sebelumnya, maka ketika membuka cover akan sedikit sulit sehingga diperlukan alat bantuan diatas.

 

Test Point Redmi 5 Plus

Oke, dibagian ini Kamu akan dipandu bagaimana melakukan test point pada Xiaomi Redmi 5 Plus ini. Jika hp sudah di buka cover belakang nya, maka akan terlihat seperti ini:

 

 

Pada gambar diatas, terdapat dua titik yang sudah Saya tandai. Kedua titik itulah yang akan kita sambungkan supaya hp bisa masuk ke Emergency Mode (EDL).

 

Langkah pertama, silahkan sambungkan kabel data ke hp nya terlebih dahulu. Kemudian gunakan kedua ujung pinset untuk menyambungkan kedua titik tersebut.

 

Jika sudah dirasa pas, tahan dan jangan sampai goyah atau lepas, kemudian sambungkan ujung kabel data sebelahnya ke PC/Laptop nya.

 

Untuk melakukan test point ini memang gampang-gampang susah, karena posisi harus benar-benar pas sehingga nantinya akan mudah ketika melakukan kombinasi antara menyambungkan kedua titik dan mengkoneksikan ke laptop nya.

 

Jika sudah berhasil, maka secara otomatis laptop akan membaca dan menginstall sebuah driver Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 Driver seperti gambar ini:

 

 

Jika sebelumnya Kamu sudah menginstall driver pada laptop, maka proses install driver akan sukses seperti yang terlihat pada gambar diatas.

 

Namun jika belum terinstall, biasanya pada device manager laptop akan terbaca dengan tanda seru warna kuning, yang artinya driver terinstall tidak sempurna.

 

 

Langkah Bypass Micloud Xiaomi Redmi 5 Plus dengan MRT Tool

Jika test point sudah berhasil dan MRT sudah di install secara sempurna. Maka tahap berikutnya kita akan langsung lakukan bypass akun mi di Redmi 5 Plus ini.

 

Ingat ya, seperti yang sudah Saya singgung diawal artikel, jika metode ini hanya work pada Xiaomi Redmi 5 Plus bergaransi TAM dengan code name MEG7.

 

Selain code name diatas, maka setelah melakukan cara ini Kamu wajib melanjutkan langkah disable micloud dengan bantuan tool mi adb bypass tool. Khusus untuk cara ini, akan Saya bahas di artikel selanjutnya.

 

Oke lanjut, silahkan buka MRT Tool nya, dan Kamu akan melihat tampilan seperti ini:

 

 

Jika sudah terbuka seperti itu, silahkan buka pada Tab XiaoMi, sehingga tampilan nya akan seperti ini:

 

 

Selanjutnya silahkan buka “XiaoMi Account Remove Tool” kemudian akan terbuka Tab baru. Untuk memulai bypass, silahkan lihat gambar dibawah ini:

 

 

Keterangan:

  1. Di tanda Nomor Satu, Pada bagian Model, silahkan pilih tipe hp yang sesuai, dalam hal ini RedMi 5Plus.
  2. Tanda Nomor Dua, Dibagian port silahkan klik dan pilih Port yang sesuai dengan yang terdeteksi di Device manager nya, pada contoh diatas terdapat COM9.
  3. Kemudian pada tanda Nomor Tiga, silahkan pilih/centang pada opsi Remove account.
  4. Dan terakhir ditanda Nomor Empat, klik tombol Start dan kemudian proses bypass akan berjalan.

 

Silahkan tunggu proses bypass nya sampai terdapat notifikasi “Corresponding operation completed!!!” seperti ini:

 

 

Notifikasi tersebut menandakan jika proses bypass sudah sukses, dan selanjutnya silahkan nyalakan hp seperti biasa.

 

Untuk mulai menyalakan hp, pertama cabut dulu socket baterai dan pasang kembali, setelah itu baru tekan tombol power sampai hp menyala.

 

Proses booting biasanya memakan waktu yang cukup lama. Jika sudah menyala, silahkan lakukan setingan awal seperti biasa. Namun ketika masuk ke pengaturan koneksi, sebaiknya jangan disambungkan ke internet dulu, tapi lakukan pengaturan sampai hp masuk ke menu utama nya.

 

Setelah masuk ke menu utama, Kamu boleh mencoba mengkoneksikan ke internet, baik itu melalui wifi maupun jaringan seluler.

 

Biasanya, jika redmi 5 plus Kamu bergaransi TAM dengan code name MEG7, sampai tahap ini tidak akan menemui kendala, entah itu kembali terkunci setelah tersambung ke internet, maupun terdapatnya bug seperti sensor yang tidak berfungsi.

 

Sampai disini Kamu juga bisa menambahkan akun mi baru pada hp tersebut, sehingga bisa dikatakan hasilnya adalah clean.

 

 

Lalu bagaiman jika ternyata tidak bisa menambahkan akun Mi seperti error “tidak dapat tambah, kode kesalahan 20033”?

 

Jika terjadi masalah seperti itu, solusinya Kamu harus flashing hp ke MIUI dibawahnya, jika saat ini menggunakan MIUI 10, maka silahkan flashing ke MIUI 9 dan setelah bisa menambahkan akun Mi baru, Kamu bisa upgrade lagi firmware nya ke versi terbaru.

 

FRP/Bypass Akun Google Xiaomi Redmi 5 Plus

Banyak yang bertanya, setelah melakukan bypass micloud, ternyata hp tidak bisa masuk ke menu dan tertahan di verfikasi akun Google.

 

 

Untuk mengatasi masalah diatas, sebetulnya ada dua cara. Yaitu menggunakan MRT Tool seperti diatas, dan menggunakan file khusus yang mana nantinya diflashing menggunakan XiaoMiFlash tool.

 

Namun untuk kali ini Saya akan bahas di cara pertama yaitu bypass akun google menggunakan MRT Tool dengan alasan supaya tidak ribet harus download file lagi.

 

Oke, langkah pertama, silahkan lakukan test point seperti yang pertama Kamu lakukan ketika bypass micloud nya.

 

Kemudian buka MRT Tool nya, dan masuk ke menu Tab XiaoMi, lanjutkan dengan masuk ke menu “XiaoMi Account Remove Tool” seperti tadi.

 

Setelah itu lakukan setingan seperti gambar dibawah ini:

 

 

Keterangan:

  1. Untuk tanda Nomor Satu, sama seperti sebelumnya yaitu mode yang dipilih adalah RedMi 5Plus.
  2. Kemudian Tanda Nomor Dua, juga sama yaitu port di sesuaikan dengan yang ada pada device manager.
  3. Di tanda Nomor Tiga, pada kali ini silahkan pilih/centang pada pilihan Erase Frp.
  4. Dan terakhir di tanda Nomor Empat, lakukan bypass dengan klik tombol Start

 

Kemudian tunggu sampai proses FRP nya berhasil dengan tanda notifikasi “Corresponding operation completed!!!”.

 

 

Sampai disini proses bypass akun google Xiaomi Redmi 5 Plus sudah berhasil. Silahkan nyalakan kembali hp nya, cabut dan pasang ulang socket baterai kemudian baru nyalakan hp nya.

 

Biasanya ketika hp dinyalakan, maka akan langsung masuk ke menu utama tanpa melalui verifikasi akun Google seperti sebelumnya.

 

Sampai disini juga maka artikel tutorial hapus akun Mi di Xiaomi Redmi 5 Plus sekaligus FRP/Hapus Akun Google sudah selesai. Untuk tutorial dalam bentuk video, Kamu bisa saksikan dibawah ini.

 

 

Jangan lupa untuk Subscribe channel nya supaya Saya bisa terus semangat untuk memberikan panduan-panduan lainnya seputar masalah hp. Semoga bermanfaat.

Avatar
Nissa merupakan salah satu kontributor di Website Tekno Flasher, Nissa memiliki hobi menulis terutama di seputar gadget yang memang telah di gandrungi selama lebih dari tiga tahun. Selain menulis di Website ini, Nissa juga merupakan seorang Teknisi Handphone yang mulai membuka konter sejak satu tahun yang lalu di Bandung.

2 komentar

    1. Itu kelemahan dari bypass mas, namun biasanya kalo hp nya resmi TAM ketika bypass menggunakan MRT Tool akan otomatis clean, kalo distributor maka akan otomatis bypass secara paksa dengan mendisable akun mi. Untuk update, bisa aja, namun biasanya bakal kembali terkunci ketika konek ke internet dan harus bypass dari awal lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *