3 Cara Mudah Root Samsung J2 Prime (G532F, G532M, G532G ) tanpa PC

Jika pada artikel sebelumnya saya memberikan sedikit tutorial mengatasi Samsung j2 prime yang lemot, lupa password/pin, artikelnya dapat kamu Baca Disini. Maka pada artikel ini pembahasan lebih advanced lagi yaitu kita akan melakukan root pada samsung j2 prime.

 

Biasanya, Vendor smartphone seperti Samsung menetapkan batasan tertentu untuk meminimalisir pengguna supaya tidak terlalu bermanuver dengan smartphone nya.

 

Itu mugkin sedikit meyebalkan, namun begitulah faktanya. Untuk melewati batasan tersebut, biasanya banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya yang dikenal sebagai Root.

 

Jika Kamu ingin lebih leluasa berakselerasi dengan Samsung Galaxy J2 Prime, maka metode terbaik adalah dengan melakukan root pada smartphone tersebut. Dengan kata lain, kamu disini seperti sebagai admin untuk Samsung Galaxy J2 Prime mu.

 

Tetapi tentu saja ada risiko yang harus diambil entah itu ketika proses rooting maupun ketika Smartphone kamu sudah dalam keadaan di root, Vendor memberikan batasan perangkat lunak tentu saja memiliki alasan yang kuat terutama dari segi keamanan untuk para usernya.

 

Jika smartphone kamu telah di-rooting, setidaknya ada security pada smartphone kamu menjadi tidak maksimal alias melemah. Semisal mudahnya terkena serangan malware hingga kemungkinan terjadinya hardbrick pada perangkat yang kamu coba root tersebut.

 

Beberapa kelebihan Samsung Galaxy J2 Prime yang telah di-rooting, maanfaat yang kamu dapatkan adalah:

 

  1. Meningkatkan kinerja pada CPU Samsung Galaxy J2 Prime Kamu, sehingga handphone menjadi lebih ringan.
  2. Mampu meningkatkan masa pakai baterai Samsung Galaxy J2 Prime Kamu menjadi lebih awet.
  3. Instal / copot aplikasi wajib tertentu (Bloatware) yang cenderung membebani memori.
  4. Mampu berakselerasi dengan Samsung Galaxy J2 Prime melalui berbagai ROM custom.

 

PERINGATAN!  Jika Kamu memutuskan untuk me-root Samsung Galaxy J2 Prime, maka risiko dibawah ini bisa menjadi pertimbangan.

 

  1. Ketika memutuskan untuk rooting pada smartphone Samsung Galaxy J2 Prime Kamu, tentu saja akan membatalkan garansi, dan Kamu tidak akan dapat mengklaimnya sampai kamu membatalkan root pada perangkat kamu. Jadi, alangkah baiknya untuk berpikir tentang ini sebelum memulai dengan prosedur rooting.
  2. Risiko lain yang mungkin saja terjadi adalah pada kegagalan rooting, sehingga bisa saja Samsung J2 Prime kamu mengalami Hardbrick, Bootlop atau bahkan mengalami Mati total.
  3. Perlu diketahui juga, jika Kamu telah melakukan root pada perangkat, maka ini merupakan pelanggaran keamanan pada Samsung Galaxy J2 Prime dan pada akhirnya mungkin saja kamu tidak memiliki kapasitas untuk menggunakan beberapa aplikasi pada Samsung Galaxy J2 Prime Kamu.

 

 

Apa yang harus dipersiapkan sebelum me-rooting Samsung Galaxy J2 Prime tanpa PC?

  1. Karena, me-rooting Samsung Galaxy J2 Prime (G532F, G532M, G532G) tentu bukan hal yang mudah. Saya sendiri menyarankan kamu wajib membuat backup (salinan) semua data yang ada pada Samsung Galaxy J2 Prime kamu. Kamu dapat menyimpan data-data tersebut di komputer pribadi (PC / Mac) maupun kartu memori khusus, hal ini dilakukan jika terjadi sebuah kesalahan yang menyebabkan data-data pada smartphone kamu ter-format. Kamu juga bisa membuat cadangan ke penyimpanan cloud online seperti Google Drive, Dropbox Dll.
  2. Sebelum memulai root Samsung Galaxy J2 Prime, Pastikan bahwa baterai pada perangkat kamu sudah terisi maksimal, setidaknya ia memiliki daya sebesar 80 persen. Atau kamu bisa melakukannya sambil Samsung j2 prime kamu terhubung ke charger, mungkin itu lebih aman.

 

Selanjutnya, aktifkan “Sumber Tidak Dikenal” dengan mengikuti cara ini: Masuk ke Pengaturan -> Keamanan -> Sumber Tidak Dikenal.

 

Hanya dengan mengaktifkan opsi ini, perangkat Kamu akan diijinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

 

 

Tutorial Root Samsung Galaxy J2 Prime (G532F, G532M, G532G) tanpa PC Menggunakan KingRoot

 

Langkah 1: Untuk memulai, silahkan kamu unduh aplikasi Kingroot ke perangkat Samsung Galaxy J2 Prime Anda. Setelah selesai, klik kingroot.apk untuk memulai install aplikasi tersebut di perangkat kamu.

 

 

Langkah 2: Setelah berhasil menginstal aplikasi kingroot, silahkan kamu buka aplikasi tersebut. Namun karena perangkat kamu tidak dalam keadaan rooting, Maka kamu akan mendapatkan pesan berikut: Akses Root Tidak Tersedia / Root Access Is Unavailable.

 

 

Langkah 3: Sekarang, silahkan klik tombol biru bertuliskan “Start Root/Mulai Root” untuk memulai proses rooting pada perangkat kamu.

 

Selama dalam proses rooting, Pada aplikasi tersebut akan menampilkan pesan berikut: Rooting. Kamu tidak perlu khawatir jika perangkat akan merestart dengan sebdirinya karena itu bagian dari proses root.

 

 

Langkah 4: Setelah proses rooting telah berhasil dilakukan, Aplikasi tersebut akan menampilkan pesan: Root Successfully.

 

 

Sampai disini, Kamu telah berhasil menyelesaikan rooting Samsung Galaxy J2 Prime tanpa menggunakan PC. Untuk meyakinkan keberhasilan, kamu bisa membuka menu, silahkan cari aplikasi bernama KingUser.

 

Jika Kamu dapat menemukannya, itu pertanda jika Samsung J2 Prime Kamu telah berhasil di-root. Selain itu, Kamu juga bisa cek hak akses root pada perangkat kamu dengan cara menggunakan aplikasi Root Checker yang bisa kamu unduh di Play Store.

 

Jika pada cara diatas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba rooting Smartphone kamu menggunakan aplikasi lain, contohnya KingoRoot. Berikut adalah step-stepnya.

 

Cara root Samsung Galaxy J2 Prime tanpa PC menggunakan KingoRoot

Sebenarnya langkah root Samsung Galaxy J2 Prime menggunakan KingoRoot tidaklah jauh berbeda dengan cara sebelumnya.

 

Berikut saya infokan langkah-langkah nya:

 

Langkah 1. Silahkan download aplikasi KingoRoot.apk ke ponsel kamu, aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Jika ada notifikasi tentang KingoRoot, silahkan klik “OK” untuk melanjutkan. Selanjutnya Install pada Handphone kamu seperti biasa.

 

Langkah 2. Setelah proses install selesai, silahkan Kamu buka KingoRoot. Secara otomatis Aplikasi tersebut akan mengenali model perangkat dan versi Android di Samsung J2 Prime Kamu.

 

Selanjutnya, kamu Klik “One Click Root”, dan aplikasi akan mulai proses me-rooting Samsung j2 prime kamu.

 

 

Langkah 3. Proses root akan terlihat pada layar smartphone kamu. Jika perangkat telah berhasil di-rooting, Kamu akan mendapat notifikasi seperti ini “Root Succeed“.

 

Sampai tahap ini, proses root Samsung J2 Prime tanpa menggunakan PC telah berhasil dilakukan.

 

 

Jika pada cara diatas masih tidak berhasil, mungkin kamu juga harus mencoba dengan root Samsung J2 Prime kamu menggunakan iRoot. Simak langkahnya pada tutotial berikut.

 

Cara Root Samsung J2 Prime (G532F, G532M, G532G) Tanpa PC Menggunakan  iRoot

Selain dengan kedua aplikasi diatas, Aplikasi iRoot juga salah satu tool untuk rooting handphone Samsung J2 Prime yang kehandalan nya tidak bisa di kesampingkan.

 

iRoot merupakan salah satu aplikasi rooting Android terbaik dengan interface yang sederhana dan mudah dinavigasi. Selain itu, iRoot juga dapat diandalkan untuk melakukan root pada perangkat tablet Android hingga versi OS 5.0.1 (lollipop).

 

Untuk memulai, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

 

Langkah 1. Unduh dan Instal aplikasi iRoot pada Samsung J2 Prime Kamu.

 

 

Untuk dapat menginstall aplikasi ini, kamu butuh memberikan akses instalasi pada perangkat yang tidak dikenal. Caranya seperti yang telah disampaikan diatas yaitu dengan cara klik pada pengaturan dan aktifkan “sumber tidak dikenal.”

 

Langkah 2. Buka aplikasi iRoot yang telah di install tadi dan klik tombol “dapatkan akses root”.

Langkah 3. Aplikasi akan mulai rooting pada perangkat kamu. Silahkan tunggu proses root nya selesai.

Langkah 4. Setelah proses rooting selesai, silahkan restart handphone kamu.

Langkah 5. Selesai.

 

Berikut adalah beberapa pertanyaan kesalahan yang sering dihadapi oleh para user ketika mencoba root handphone Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532F nya:

 

1. Sayangnya, kingroot telah Berhenti

Ini tidak ada hubungan nya dengan proses Rooting. Biasanya ini disebabkan oleh cache handphone kamu. Cara menyelesaikan nya adalah kamu cukup menghapus cache tersebut. Maka masalah ini akan diselesaikan.

  1. Reboot / Restart Samsung J2 Prime kamu.
  2. Hapus cache dan data pada aplikasi kinguser.

 

2. Setelah melakukan root, ada beberapa fitur pada perangkat menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Q: Beberapa mungkin ada yang mengalami ketika perangkat sudah di root, seperti WiFi, Data seluler, Bluetooth, sensor, keyboard, speaker, MIC, Hostpot, dan GPS menjadi tidak berfungsi dengan baik.

 

A: Biasanya itu terjadi karena ada yang salah dalam proses root, karena sejadinya rooting tidak menyentuh pada system tersebut. Solusi nya adalah kamu dapat mencoba dengan flashing dan menginstall rom/firmware lagi lalu kemudian mencoba me-root kembali perangkat kamu.

 

 

Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532F tidak bisa masuk ke menu (bootlop), atau Restart

Jika kamu mengalami masalah seperti ini, kemungkinan firmware yang bermasalah. Solusi terbaik adalah dengan menginstall ulang perangkat kamu dengan rom/firmware terbaru.

 

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan ketika sebelum maupun sesudah root. Mungkin ada banyak pertanyaan lain-nya. Mungkin akan kami update secepatnya. Dan tulisan tersebut sekaligus mengakhiri artikel tentang root hp Samsung Galaxy J2 Prime ini.

 

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan berikan komentar, dan jangan lupa share ke teman-teman kamu yang ingin me-root perangkatnya.

Tinggalkan komentar