2 Cara Mudah Memblokir Iklan di MIUI [Ponsel Xiaomi]

Sejak pertama kali Xiaomi hadir di Indonesia, berbagai sambutan positif datang dari para kalangan penggemar smartphone tanah air.

Betapa tidak, hadir dengan harga yang murah namun dengan spesifikasi pada setiap ponsel nya bisa dibilang setara dengan vendor ponsel kawakan seperti Samsung yang memang telah memiliki reputasi mentereng dari berbagai belahan dunia.

 

 

Namun seiringnya berjalan waktu, berbagai keluhan pun mulai bermunculan terutama terkait masalah interface MIUI yang dikenal berseliweran nya iklan seakan ponsel menjadi ajang promosi bagi vendor maupun partner yang tentu saja telah menjalin kerjasama antar kedua belah pihak.

 

Faktor utamanya adalah MIUI selalu hadir dengan gandengan setumpuk bloatware yang cukup mengganggu entah itu dari segi iklan maupun efektivitas bloatware nya, dan itu cukup banyak dikeluhkan para penggemarnya termasuk saya sendiri.

 

Nah, pada artikel kali ini. Saya akan mencoba memberikan solusi dengan 3 cara mudah memblokir/menghilangkan iklan di hp Xiaomi kamu yang keberadaan nya cukup mengganggu ini.

 

Saya sendiri tidak tahu, apakah ini cara yang sah ato sebaliknya. Namun pada pemikiran saya saat ini adalah, ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah ponsel, maka kita menjadi pemilik ponsel tersebut secara penuh, dan kita punya hak untuk melakukan apapun termasuk menyingkirkan iklan yang cukup membuat kita risih keberadaannya.

 

Jika kamu setuju dengan statement tersebut, Yuk, simak tutrialnya berikut ini:

 

Cara 1 Memblokir akses data Iklan MIUI Melalui MIUI System Ads (MSA)

Cara pertama ini cukup efektif untuk memblokir iklan pada HP Xiaomi, itu karena kita akan memutus data seluler pada sumbernya langsung yaitu MSA.

 

MSA sendiri merupakan aplikasi system yang hanya dapat kita temui pada ponsel Xiaomi dimana fungsi aplikasi tersebut merupakan sumber iklan yang sering kita jumpai pada interface MIUI.

 

Langkah 1. Silahkan buka menu Keamanan, aplikasi ini mudah kamu temukan karena terdapat icon tampil di layar seperti meni-menu lainnya.

 

Jadi silahkan cari, dan jika sudah ketemu, kemudian klik untuk membukanya. Kemudian, klik pada menu Penggunaan Data seperti pada yang saya tandai ini:

 

 

Langkah 2. Pada menu selanjutnya, lalu pilih pada menu Batasi Penggunaan Data (Lihat Gambar):

 

 

Langkah 3. Akan terbuka halaman baru dimana pada halaman ini kamu akan menemukan sususan aplikasi yang telah terinstall pada HP kamu.

 

Lalu klik Tab Sistem untuk melanjutkan proses selanjutnya.

 

 

Langkah 5. Setelah kamu membuka Tab Sistem tersebut, maka akan tampil deretan aplikasi sistem yang memang telah terinstall secara default pada ponsel.

 

Biasanya aplikasi-aplikasi ini memiliki fungsi yang cukup vital untuk kinerja ponsel.

 

Lanjut, pada tab tersebut, silahkan cari aplikasi bernama MSA, atau kamu dapat melakukan pencarian pada kolom yang telah tersedia diatasnya. Ketikan MSA dan akan muncul aplikasi tersebut seperti ini:

 

 

Langkah 6. Kemudian setelah aplikasinya ketemu seperti diatas, silahkan kamu hapus tanda centang di pinggir nya.

 

Ini berfungsi untuk menghentikan data selular yang berjalan pada aplikasi sistem tersebut. Sehingga pada akhirnya aplikasi ini tidak dapat lagi menampilkan iklan yang ada pada ponsel Xiaomi kamu. Hasilnya menjadi seperti ini:

 

 

Langkah 7. Selanjutnya, silahkan restart ponsel kamu. Sampai disini seharusnya kamu tidak akan menemukan lagi iklan berseliweran pada HP Xiaomi kesayangan mu ini.

 

Cara 2 Menghapus Iklan pada HP Xiaomi

Untuk cara kedua ini bisa dibilang hampir sama dengan cara yang pertama, masih seputar di aplikasi MSA tersebut. Bedanya, jika cara pertama adalah memblokir akses data pada aplikasi.

 

Sedangkan untuk cara kedua ini adalah menghentikan aplikasi tersebut mengambil data dari server iklan yang sering bermunculan. Oke, langsung kita eksekusi:

 

Langkah 1. Step pertaman silahkan masuk ke Settings, lalu cari dan pilih menu Additional settings.

 

 

Langkah 2. Didalam menu Additional settings, silahkan masuk lagi ke menu Authorization & revocation.

 

 

Langkah 3. Kemudian setelah menu tersebut berhasil kamu buka, maka didalamnya terdapat susunan aplikasi seperti pada langkah pertama tadi.

 

Lalu setelah aplikasi bernama MSA telah ditemukan, silahkan geser tombol biru putih di pinggirnya, jika muncul notifikasi peringatan, Klik Revoke pada pilihan notifikasi tersebut sehingga aplikasi sistem MSA sudah tidak memiliki izin untuk mengambil data ke server iklannya.

 

 

Langkah 5. Jika sudah menonaktifkan aplikasi tersebut. Silahkan reboot ponsel dan ketika ponsel kembali nyala, iklan-iklan tersebut tidak akan muncul kembali meskipun ponsel dalam keadaan terkoneksi ke data selular nya.

 

Sampai disini, tutorial cara memblokir iklan di HP XIAOMI telah selesai, sebetulnya masih ada cara lain yang lebih efektif, yaitu dengan cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) yang ada pada ponsel.

 

Namun, untuk ponsel xiaomi akan saya share di lain waktu, sedangkan untuk Samsung telah saya share di artikel sebelumnya. Jadi silahkan baca artikel tersebut.

 

Semoga artikel ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang merasa terganggu dengan iklan yang ada pada ponsel-ponsel android khususnya hp Xiaomi ini. Silahkan berikan komentar jika ada langkah yang kurang dipahami, dan jangan lupa untuk merekomendasikan artikel ini ke teman maupun sodara kamu yah.

Tinggalkan komentar