2 Cara Mudah Hapus Pin Sandi dan Pola di HP Oppo A3S/A5S Tanpa dan Dengan PC

Diposting pada

Saat ini hampir semua pengguna ponsel lebih memilih untuk membatasi privasi perangkatnya dengan menggunakan sandi maupun pola pada layar smartphone nya. Hal ini dilakukan karena mereka ingin memproteksi semua data dari orang lain maupun orang terdekatnya.

Tidak hanya itu, dijaman sekarang teknologi yang dimasukan ke sebuah ponsel semakin canggih dengan hadirnya fitur face unlock sehingga jaminan keamanan terhadap semua data semakin terjamin.

 

Namun, semua tidak selalu seperti apa yang kita harapkan, terkadang kesalahan bisa saja terjadi tanpa kita harapkan. Salah satu yang paling sering dialami adalah terjadinya kasus lupa pola dan sandi pada smartphone tersebut.

 

Akhirnya, alih-alih ingin menjaga privasi, justru dengan berat hati kita harus menyerahkan ponsel ke teknisi agar kunci pada layar bisa dihilangkan.

 

 

Sebagian orang berpikir cukup dengan melakukan hard reset saja bisa menghapus pola tersebut, dan masalah akan selesai. Mungkin cara tersebut bisa saja dipakai jika kasus lupa pola/sandi itu terjadi pada smartphone versi lawas.

 

Namun untuk smartphone dengan tekhnologi terbaru seperti OPPO A3S, A5S, A5, A1K, A9 dan lain-lain dengan new security, maka itu akan sangat tidak mungkin dilakukan hanya dengan hard reset saja.

 

Butuh teknik tertentu hingga melibatkan tool mahal supaya bisa membuka kunci layar pada list smartphone tersebut.

 

Belum lagi peralatan dasar yang tidak semua orang miliki seperti Laptop/PC, Software flashing seperti MRT hingga UFI Android tool dan lain sebagainya.

 

Lalu, apa solusi jika hal diatas terjadi pada Kamu yang memang tidak ingin ribet menyediakan tool-tool tersebut?

 

Nah, dibawah ini Saya akan berikan tutorial bagaimana mengatasi hp OPPO A3S, A5S, A5, A1K, A9 dan tipe lainnya yang lupa kunci layar seperti sandi/pin dan pola, baik itu menggunakan PC maupun yang tanpa menggunakan PC/Laptop.

 

Cara mudah Menghapus Sandi/Pin dan Pola di hp OPPO tanpa PC

Pada bagian ini, Saya akan menjelaskan se-detail mungkin dari setiap tahapan yang harus Kamu lalui hingga alat yang perlu Kamu persiapkan.

 

Hah, alat? Katanya gak pakai PC? Sabar.. hehe, alat yang Saya maksud disini buka seperti yang Kamu pikirkan kok, silahkan simak caranya berikut ini:

 

NOTE: Cara ini merupakan cara sederhana, namun dengan risiko semua data yang ada dalam memori akan terhapus. Seperti kita melakukan reset hp kembali ke setelan pabrik. Jadi silahkan dipikirkan, meskipun sebenarnya dengan cara apapun, semua data akan tetap terhapus dan tidak mungkin bisa diselamatkan.

 

Langkah 1. Syarat dan Persiapkan alat

Pada langkah pertama yang harus Kamu persiapkan adalah memiliki setidaknya satu ponsel Android yang masih bisa digunakan.

 

Jika tidak ada, Kamu bisa pinjam punya teman atau keluarga. Kita sebut yang ini adalah hp pancingan.

 

Berikutnya, dengan menggunakan metode ini, Kamu wajib mengingat alamat email dan password yang sudah di tautkan pada hp OPPO yang terkunci/lupa pola tersebut. Ini sangat wajib.

 

Kemudian, kedua hp tersebut harus ada kuota internet nya. Hp OPPO lupa pola dan hp pancingan wajib menggunakan internet data sendiri-sendiri, jangan wifi.

 

Langkah 2. Setting akun Google

Langkah kedua, silahkan persiapkan hp punya teman atau keluarga tersebut (HP Pancingan).

 

Keluarkan akun Google yang ada pada hp pancingan tersebut.

 

Setelah benar-benar logout, selanjutnya lakukan login pada hp pancingan menggunakan akun Google yang ada di Hp OPPO yang lupa pola sebelumnya.

 

 

Langkah 3. Unduh aplikasi di Playstore

Setelah di hp pancingan sudah berhasil login di akun Google hp Oppo nya, silahkan masuk ke Playstore kemudian cari dan install aplikasi Google find my phone pada hp pancingan nya.

 

 

Setelah terpasang aplikasinya, kita lanjut ke langkah berikutnya.

 

Langkah 4. Hapus Pola dengan Aplikasi

Langkah yang selanjutnya, silahkan buka aplikasi yang sudah terpasang pada hp pancingan tersebut.

 

Pertama kali dibuka akan meminta login kembali ke akun Google nya, silahkan masukan kembali akun Google yang ada di hp Oppo nya, kemudian aplikasi akan meminta akses lokasi seperti ini:

 

 

Silahkan klik ALLOW, berikutnya akan terbuka halaman Find My Device yang menunjukan lokasi tempat ponsel nya berada.

 

Untuk itulah jaringan data pada hp oppo nya harus tetap diaktifkan agar pada aplikasi Find my phone nya bisa terdeteksi.

 

Setelah selesai mendeteksi di aplikasinya, kemudian klik menu Erase yang ada di bagian bawah kiri seperti yang Saya tandai pada gambar berikut ini:

 

 

Lalu terbuka halaman baru, silahkan klik tombol ERASE DEVICE.

 

 

Kemudian akan terdapat notifikasi “Permanently erase OPPO CPH1XXX? Silahkan klik tulisan “ERASE” dan pada layar akan terbuka lagi notifikasi popup “Erase requested” seperti ini:

 

 

Setelah itu hp OPPO yang lupa pola tersebut akan secara otomatis masuk keRecovery mode dan kemudian akan secara otomatis pula melakukan wife data dengan sendirinya.

 

 

Pada proses wife data seperti ini, usahakan pada hp pancingan tetap aktif dan data selular jangan dimatikan. Proses pada wife data juga terbilang cukup lama karena hp akan melakukan penghapusan pada seluruh file yang ada dalam memori ponsel nya.

 

Jadi pada metode ini, dipastikan semua data yang ada di hp oppo Kamu akan terhapus dan hp kembali kosong seperti saat pertama kali baru beli.

 

Cara hapus pola pada oppo ini sudah Saya test di hp OPPO A3S, A5S, A5, A1K, A83 dan Oppo A71 model Qualcomm.

 

Sampai saat artikel ini ditulis, cara ini masih berkerja tanpa ada hambatan. Namun mungkin saja suatu saat nanti metode ini saturated sehingga tidak akan bisa dipakai lagi.

 

Lalu bagaimana jika cara ini tidak bisa berfungsi, maka yang jalan satu-satunya adalah melakukan flashing/reset data melalui sebuah bantuan tool bernama MRT dan cara ini membutuhkan alat bantu PC/Laptop.

 

Saya tidak ingin tanggung ketika menulis sebuah artikel apalagi bentuknya tutorial seperti ini. Untuk itu, bagaimana cara menghapus pola hp oppo menggunakan MRT, akan Saya bahas dibagian kedua.

 

Cara Hapus Pin/Sandi dan Pola HP OPPO Menggunakan PC

Pada bagian ini, khusus untuk Kamu yang mengalami kendala ketika menghapus pola hp Oppo menggunakan cara diatas.

 

Berbeda dari sebelumnya, cara ini Kamu wajib menggunakan PC/Laptop sebagai alat utama supaya bisa berhasil menghapus kunci layar hp nya.

 

Jika tidak ada PC/Laptop, Kamu bisa menggunakan PC yang ada di warnet dan sebaiknya persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan di rumah dan salin ke Flashdisk, sehingga di warnet Kamu tinggal fokus ke langkah-langkahnya saja.

 

Bahan-bahan

MRT 3.19 Full Version by Misiflasher

Aktivasi Tool

 

Silahkan simpan bahan-bahan diatas, untuk cara menginstall nya, Kamu bisa ikuti tutorial melalui link ini.

 

Langkah Hapus Pola dengan MRT

Setelah MRT berhasil di pasang di PC/Laptop nya, silahkan buka tool tersebut, pastikan tidak ada kesalahan pada saat pemasangan dan sesuai instruksi yang ada pada link diatas.

 

Kemudian, matikan ponsel dan siapkan kabel data bawaan atau yang sesuai dengan perangkatnya, tidak harus original namun masih berfungsi dengan baik.

 

Lalu Kamu fokus ke tampilan tool MRT yang ada di PC nya, untuk setingan nya, klik pada menu atau tab OPPO seperti ini:

 

 

Setelah terbuka pada menunya, kemudian lakukan setting pada MRT nya seperti ini:

 

 

Saya uraikan pada tanda diatas:

 

  1. Pada tanda nomot Satu: Di menu Mobile options, ada bagian submenu Mobile, silahkan pilih sesuai dengan model hp Oppo Kamu. Ada banyak pilihan nya,mulai dari Oppo F3, Oppo A5S, Oppo A1 sampai ke Oppo A37.
  2. Lalu di tanda nomor Dua: Di submenu Port sebaiknya biarkan default saja (Auto).
  3. Pada tanda nomor Tiga: Lakukan ceklis di bagian Format(Unlock).
  4. Berikutnya pada tanda nomor Empat: Silahkan klik tombol START.
  5. Dan terakhir pada tanda nomor Lima: Itu menunjukan proses ketika Kamu sudah meng-klik tombol START tadi. Status nya akan Searching Mobile Com Port karena Kamu belum menghubungkan hp ke laptopnya.

 

Setelah pengaturan diatas selesai dan kondisi hp sudah benar-benar mati, berikutnya hubungkan ponsel dengan PC/Laptopnya menggunakan kabel data tadi.

 

Namun yang harus diperhatikan, ketika Kamu menghubungkan ponsel dan PC, silahkan tekan kedua tombol volume atas dan volume bawah (tanpa tombol power) pada hp oppo nya.

 

Jika berhasil, maka pada PC/Laptop akan terdeteksi sebagai EDL Mode dan otomatis pada MRT akan melakukan factory reset.

 

Dan hp akan menyala dengan layar warna hijau, Kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut karena prosesnya memang seperti itu, dan itu normal-normal saja.

 

 

Jika pada MRT telah terdapat notifikasi “all is done”, maka ponsel akan secara otomatis restart. Namun ketika hp masuk ke mode charging, maka Kamu juga tidak perlu panik.

 

Silahkan nyalakan hp secara manual dan lakukan seting awal seperti biasanya. Jika hp meminta terkoneksi ke data selular, maka silahkan koneksikan melalui wifi atau paket data.

 

Sampai disini, hp oppo Kamu sudah tidak ada pola lagi, namun tetap dengan kondisi hp kosong atau kembali seperti semula ketika di reset pabrik.

 

Sebenarnya untuk hp dengan security lama masih bisa dilakukan menghapus pola dengan hanya Hard Reset saja. Namun untuk ponsel dengan new security, maka kedua cara diatas lah yang bisa kamu lakukan dan mudah-mudahan bisa berhasil.

 

Sampai disini, berakhir juga tutorial menghapus pin/sandi dan pola pada hp oppo A3S/A5S ini dan semoga bisa memberikan solusi buat Kamu.

Avatar
Nissa merupakan salah satu kontributor di Website Tekno Flasher, Nissa memiliki hobi menulis terutama di seputar gadget yang memang telah di gandrungi selama lebih dari tiga tahun. Selain menulis di Website ini, Nissa juga merupakan seorang Teknisi Handphone yang mulai membuka konter sejak satu tahun yang lalu di Bandung.

6 komentar

  1. gan. saya udah lakukan dengan mrt v3.19. ditengah proses terjadi fail gan, dan warna layar hp skarang berganti terus hijau, merah,biru. Mohon bantuannya gan. ini hp orang yang saya bantu. Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *